Cara Bisnis Kuliner Sukses Dan Mudah Di Lakukan Untuk Pemula

Peluang bisnis di industri kuliner sepertinya tidak  pernah ada habisnya. Salah satu cara bisnis kuliner sukses yang berkembang dan populer adalah pengoperasian kedai kopi.

Saat ini, banyaknya kafe  juga dipengaruhi oleh gaya hidup sebagian besar kaum urban yang ingin bersantai di tempat yang nyaman saat bekerja atau setelah beraktivitas seharian. Jika Anda tertarik untuk menjalankan kedai kopi sendiri tanpa banyak modal, simak tipsnya dalam artikel ini:

 

Berikut 5 Cara Bisnis Kuliner Sukses

cara bisnis kuliner sukses

1. Konsep

Ingin kedai kopi Anda menonjol dari persaingan? Anda harus memiliki konsep yang kuat. Mengapa? Karena konsep yang kuat  menarik calon pelanggan,  bisnis kafe Anda akan tumbuh lebih cepat. Konsep yang Anda pilih untuk mengoperasikan kedai kopi Anda juga berdampak besar.

Misalnya ingin menampilkan konsep rumah, maka  kafe yang akan dibangun juga harus memiliki rumah dan konsep yang sederhana. Namun perlu diingat bahwa  terlepas dari konsep yang Anda pilih, Anda harus mengutamakan kenyamanan pelanggan.

Ini karena kebanyakan orang merasa betah  di kedai kopi. Gunakan konsep outdoor dining untuk menunjang  kafe Anda, misalnya dengan menyewa teras atau paviliun. Pengalaman tamu yang unik adalah salah satu kunci sukses bisnis kedai kopi Anda.

2. Target pasar

Mendefinisikan istilah juga berlaku untuk pelanggan bisnis kedai kopi potensial Anda. Anda perlu mempertimbangkan dan memutuskan mana target yang tepat untuk bisnis kedai kopi Anda.

Setelah Anda menentukan pelanggan target Anda, Anda dapat mulai memfaktorkan mereka ke dalam desain Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan target pasar, misalnya Anda bisa memperhatikan  orang mana yang  datang ke kafe Anda, meriset makanan dan minuman favorit mereka, serta  penting juga untuk mengetahui destinasi.

Baca Juga
Cara Memulai Usaha Depot Air Minum Biru Yang Sesuai Dengan Standar

Setelah riset pasar  matang, Anda bisa menentukan strategi jitu, seperti desain atau konsep kafe yang tepat.

3. Lokasi dan Kepegawaian

Semua bisnis Anda, termasuk kedai kopi, membutuhkan lokasi yang strategis. Karena lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor kunci yang dapat menentukan berkembang atau tidaknya suatu perusahaan.

Bagi pekerja paruh waktu atau paruh waktu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karyawan  paruh waktu mempermudah pengelolaan pengeluaran. Anda dapat melakukan pekerjaan yang dapat Anda lakukan sendiri dengan membuka kedai kopi sendiri dan membiarkan pekerja paruh waktu melakukan sisanya.

Keuntungan dari sistem pekerja paruh waktu ini tidak hanya  pembagian upah  per jam setelah pekerjaan selesai, tetapi juga menghindari  membayar pekerja saat kafe Anda sedang sepi.

Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Kuliner Untuk Anda Yang Mau Menggeluti Bisnis Dibidang Kuliner

4. Bahan Baku

Pencarian supplier bahan baku juga harus disesuaikan dengan budget yang  Anda tetapkan. Anda dapat menghemat biaya menu dengan membeli bahan  makanan dan minuman yang Anda sajikan dari  grosir.

Dengan membeli bahan baku grosir, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan membeli bahan baku eceran. Namun untuk mendapatkan harga murah dari grosir, pembeli biasanya harus membeli dalam jumlah banyak.

Ini adalah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli bahan baku untuk kedai kopi Anda. Bahan bakunya biasanya  biji kopi, coklat, sirup dan bahan pengisi yang digunakan dalam minuman kopi dan tentunya susu segar. Jika Anda ingin membuat minuman kopi susu selain susu segar, Anda bisa menggunakan frothed milk atau susu berbuih untuk mendapatkan hasil buih yang pas.

Kini inovasi terbaru Omela adalah Omela Professional Foaming Milk  yang dikembangkan khusus  sebagai solusi bisnis  kopi yang membutuhkan foam pada sajian kopi seperti cappuccino, latte dan mocha.

Baca Juga
Kekurangan Tali Sabut Kelapa

Omelette Foam Milk for Professional membuat busa kopi Anda kental, lembut dan berkilau. Dengan rasa seimbang, manis sedang, krim sedang tanpa tambahan gula, cocok untuk berbagai macam pelanggan, bukan hanya penikmat kopi.

Secara logistik, Omelette Foamed Milk for Professional juga jauh lebih praktis dibandingkan produk susu segar atau pasteurisasi.

Sebelum membuka/menutup kemasannya, Omelet Foamed Milk for Professional dapat disimpan di suhu ruangan (tidak perlu di lemari es) hingga 9 bulan, hanya di tempat yang sejuk dan kering, sehingga mengurangi resiko pembusukan.

Hemat tempat dan  listrik  dibandingkan dengan susu pasteurisasi/susu skim yang hanya bertahan 1 bulan dan harus selalu dibekukan.

Untuk harga tersebut kamu bisa mendapatkan Omelette Foamed Milk for Professional  dengan harga murah Rp 16.500.

5. Cara Bisnis Kuliner Sukses Dengan Cara Periklanan

Jika bisnis kafe Anda akan berhasil, Anda perlu melakukan periklanan. Ada beberapa cara untuk mempromosikan kedai kopi Anda, dari yang sangat tradisional, seperti  dari mulut ke mulut, hingga memposting kedai kopi Anda di media sosial.

Anda dapat menggunakan  media sosial sebagai alat periklanan jika Anda menjalankan promosi rutin seperti  diskon, tester dan juga mengikuti acara terkini seperti  lebaran, natal dll. Selain promosi, Anda juga harus terus berinovasi agar bisnis kedai kopi Anda tetap hidup dan  berkembang.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mencoba memulai kedai kopi Anda sendiri. Jangan lupa saat membeli bahan masakan, pastikan Omela adalah bahan utama yang akan Anda gunakan nantinya, agar minuman atau makanan yang akan Anda gunakan nantinya semakin nikmat.

Karena Omela memiliki rasa asin dan gurih, maka dapat digunakan untuk menambah kenikmatan berbagai minuman, makanan ringan dan makanan favorit.

Baca Juga
Cocopeat Sabut Kelapa yang Mudah Dibuat Untuk Para Pemula