3 Langkah Cara Memasak Ayam Beku Mudah dan Enak, Bikin Ketagihan

Apa yang harus Anda lakukan jika ayam yang harus segera dimasak ternyata terlupakan oleh Anda dari freezer sehingga masih beku? Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi karena sebenarnya ayam beku pun bisa Anda masak dengan aman menggunakan mesin pemotong tulang dan daging beku! Secara khusus, ayam bisa langsung dipanggang, utuh atau diiris. Terlepas dari berapa banyak ayam yang akan Anda masak, tetap ikuti panduan cara memasak ayam beku yang tercantum dalam artikel ini untuk memastikan ayam benar-benar aman untuk dimakan dan dimasak dengan matang sehingga risiko keracunan makanan tidak terjadi. kepadamu setelahnya.

Memanggang Ayam Beku Utuh

cara memasak ayam beku

  1. Hati-hati saat memasak ayam beku. Ingat, jika masih ada bagian ayam yang belum matang, risiko keracunan makanan akan menghantui Anda. Oleh karena itu, untuk membunuh semua patogen pada ayam, jangan lupa untuk memasak ayam hingga suhu internalnya mencapai minimal 74°C. Selain itu, pastikan ayam beku hanya dimasak di dalam oven atau di atas kompor selama 50% lebih lama dari waktu standar yang biasa Anda gunakan untuk memasak ayam segar.
  2. Panaskan oven terlebih dahulu. Nyalakan oven dan panaskan hingga 177ºC. Sambil menunggu oven memanas, letakkan dada ayam beku menghadap ke bawah di atas loyang. Jangan mengubah posisi untuk memastikan bahwa bagian terpadat dari daging matang sempurna. Meskipun sangat tergantung pada ukuran ayam, Anda mungkin juga ingin menggunakan oven belanda atau panci besar berdinding tebal sebagai ganti loyang.
  3. Tambahkan isian ke ayam. Jika ayam tidak menutupi sepenuhnya saat dibekukan, cobalah mengeluarkan jeroan dan memasukkan berbagai bahan favorit Anda ke dalam ayam, seperti lemon, bawang, rosemary, dan thyme. Selanjutnya, lumuri permukaan ayam dengan minyak zaitun, lalu taburi dengan garam dan merica secukupnya. Jika Anda kesulitan memungut jeroan, tunggu ayam sampai matang sekitar 45 menit sebelum mencoba lagi. Jangan lupa pakai sarung tangan tahan panas dan penjepit makanan untuk menahan ayam dan mengeluarkan jeroannya, ya!
  4. Ayam panggang. Masukkan ayam yang sudah dibumbui ke dalam oven tanpa menutupi permukaannya, lalu panggang ayam selama 90 menit. Setelah 90 menit, naikkan suhu oven menjadi 232ºC, lalu lanjutkan proses pemanggangan selama 15-30 menit agar permukaannya berwarna cokelat keemasan yang renyah. Setelah itu, keluarkan panci dari oven dan masukkan termometer dapur ke beberapa area daging untuk memastikan suhu internal mencapai 74°C.
  5. Waktu pemanggangan berlaku untuk ayam dengan berat 2 kg. Jangan lupa sesuaikan waktu memanggang yang Anda gunakan dengan berat ayam, ya!
  6. Diamkan ayam selama 10-15 menit agar lebih nyaman di kulit saat dipotong. Jika masih ada bagian daging yang berwarna kemerahan, panggang kembali ayam hingga warna dagingnya putih merata dan warna sarinya bening.
Baca Juga
Polo Shirt Dengan Warna Beragam Pilihan Gaya Yang Menyala

Membaluri Dada Ayam Beku dengan Tepung Roti

cara memasak ayam beku

  1. Bekukan setiap potongan dada ayam secara terpisah. Setelah membeli dada ayam di supermarket, segera tempatkan dalam satu lapisan dalam kantong plastik dan pastikan ada cukup ruang di antara setiap potongan dada ayam. Jika Anda membekukan semuanya sekaligus atau di atas satu sama lain, Anda akan kesulitan mendapatkan jumlah dada ayam yang dibutuhkan dan akhirnya melunakkan semuanya sekaligus.
    Jika mau, Anda bisa membekukan dada ayam di piring atau loyang terlebih dahulu, lalu pindahkan ke kantong plastik saat sudah benar-benar beku.
    Strategi ini sangat efektif bila digunakan untuk membekukan potongan ayam.
  2. Panaskan oven terlebih dahulu hingga 218ºC. Sambil menunggu oven memanas, olesi sedikit loyang dengan lemak, minyak zaitun, minyak sayur, atau minyak goreng lainnya. Setelah itu, masukkan empat dada ayam tanpa kulit ke dalam wajan. Jika Anda ingin memanggang dada ayam tanpa ditaburi remah roti, panaskan oven dengan suhu 177ºC.
  3. Lumuri ayam dengan campuran tepung panir. Sambil menunggu oven panas, campurkan 100 gram tepung roti kering, 1/2 sdt. garam, 1/4 sdt. merica hitam, 1/4 sdt. bubuk bawang putih, dan 1 sdm. minyak sayur. Aduk semua bahan sampai tercampur rata, lalu oleskan 1 sdt. mustard ke permukaan ayam. Kemudian taburkan campuran tepung panir di atas permukaan ayam hingga terlapisi sempurna dengan lapisan sawi.
  4. Dada ayam panggang. Tempatkan loyang di dalam oven dan panggang dada ayam selama 30-40 menit. Saat waktunya habis, masukkan termometer dapur ke bagian daging yang paling tebal untuk memeriksa suhu internal. Jika suhu belum mencapai 74°C atau masih ada bagian daging yang kemerahan, panggang kembali ayam hingga daging berwarna putih dan sarinya bening.
  5. Jika Anda memasak empat dada ayam beku tanpa tepung roti yang beratnya masing-masing sekitar 28 gram, cobalah memanggangnya pada suhu 177ºC selama 30-45 menit. Namun, selalu ingat bahwa waktu pemanggangan yang tepat sangat bergantung pada ukuran dada ayam.
Baca Juga
Cara Membersihkan Tali Sepatu Putih agar Tetap Bersih dan Cerah

Memanggang Paha Ayam Beku

cara memasak ayam beku

 

  1. Bumbui paha ayam sebelum dibekukan. Karena bumbu akan sulit menempel apalagi meresap ke dalam kulit ayam beku, jangan lupa membumbui ayam sebelum dibekukan dengan berbagai jenis bumbu atau bumbu bubuk favorit Anda. Selain memastikan ayam dibumbui dengan baik saat dimasak, lapisan bumbu bubuk juga akan memudahkan Anda mengeluarkan ayam dari freezer saat dimasak.
    Ini adalah cara sempurna untuk membumbui potongan ayam sebelum dibekukan.
  2. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 177ºC. Sambil menunggu oven memanas, keluarkan paha ayam dari freezer dan letakkan di atas loyang. Siapkan juga potongan berbagai jenis sayuran seperti wortel dan bawang bombay atau irisan kentang sebagai lauk untuk ayam nantinya.
  3. Paha ayam panggang. Tempatkan loyang di dalam oven dan panggang paha ayam selama 50-60 menit. Saat waktunya habis, masukkan termometer dapur ke bagian daging yang paling tebal untuk mengukur suhu internalnya. Jika suhu belum mencapai 74°C atau masih ada bagian daging yang kemerahan, panggang kembali ayam hingga daging berwarna putih dan sarinya bening.
  4. Saat mengukur suhu internal, usahakan untuk tidak menyentuhkan ujung termometer ke tulang ayam untuk hasil yang lebih akurat.