Cara Membersihkan Sofa Kain Agar Lebih Bersih dan Awet

Cara membersihkan sofa kain sangat penting sekali untuk diketahui oleh Anda yang memilikinya. Biasanya, sofa kain kerap kali dipilih untuk mengisi ruang tamu karena mempunyai karakteristik yang lembut dan nyaman untuk digunakan. Kebersihan sofa kain perlu untuk dijaga agar tidak menimbulkan alergi kepada orang rumah atau tamu dan agar sofa kain menjadi lebih awet.

Karakteristik yang Dimiliki Sofa Kain

Sofa kain banyak digunakan karena mempunyai karakteristik yang cenderung disukai oleh banyak orang. Karakteristik yang dimilikinya pun membuatnya memerlukan perawatan khusus, misalnya seperti pada bagian pembersihan.

baca juga: cuci sofa di tangerang selatan

Berikut ini adalah karakteristik yang dimiliki oleh sofa kain :

  1. Kenyamanan

Sofa kain kerap kali dipilih karena nyaman untuk digunakan. Bahan kain yang digunakan membuatnya menjadi lembut dan tidak panas. Jika dibandingkan dengan jenis sofa lain, misalnya sofa kulit maka sofa kain lebih juara dalam hal kenyamanan.

  1. Banyaknya Motif yang Dimiliki

Motif yang dimiliki oleh sofa kain juga lebih banyak dari jenis sofa lainnya. Hal ini dikarenakan saat ini motif dari berbagai jenis kain sedang berkembang.

  1. Saat Terkena Tumpahan Cairan

Sofa kain cenderung menyerap cairan yang tumpah. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati ketika sedang minum dan dududk diatas sofa kain. Perlu dilakukan cara membersihkan sofa kain khusus untuk membersihkannya.

  1. Pembersih yang Digunakan

Untuk membersihkan misalnya noda pada sofa kain, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan tisu basah. Namun kerap kali dianggap kurang maksimal, sehingga diperlukan bantuan air dan detergen atau cuka.

  1. Kerusakan yang Mungkin Terjadi

Walaupun mempunyai karakteristik yang disukai, pada sofa kain juga bisa terjadi kerusakan. Pada yang ringan, sofa kain akan menyerap bau dan debu sehingga memiliki aroma yang tak sedap dan membuat alergi. Sehingga, perlu dibersihkan dengan baik. Sofa kain juga bisa rusak akibat sobek, jebol, dan lain sebagainya.

baca juga: cuci sofa tangerang

Cara Membersihkan Sofa Kain yang Baik dan Benar Agar Lebih Awet

  1. Lakukan Penyedotan Debu Dengan Vacuum Cleaner

Minimal satu minggu sekali lakukan penyedotan debu dengan menggunakan vacuum cleaner. Vacuum dianggap lebih ampuh dalam membersihkan debu dan tungau karena mempunyai daya sedot yang maksimal. Dengan begitu, sofa menjadi lebih aman dari risiko memberikan alergi.

  1. Rutin Cuci Sarung Luar Sofa

Setidaknya setiap 1 hingga 2 minggu sekali, cucilah sarung bagian luar sofa dan bantalnya. Hal ini dilakukan agar sofa tetap bersih dan segar. Tak hanya itu saja, kuman-kuman juga akan hilang jika Anda rutin membersihkannya. Untuk mencucinya, Anda bisa menggunakan air dan detergen.

  1. Membersihkan Cairan dan Makanan yang Tumpah

Terlebih dahulu lakukanlah vacuum agar sisa cairan dan kotoran yang ada di permukaan tersedot dengan baik. Setelah itu, Anda bisa mengelapnya dengan menggunakan kain yang sudah direndam dalam larutan 1 sendok makan air, detergen, dan cuka. Tempelkan kain basah tersebut selama 15 detik dan lap dengan kain kering. Lakukan vacuum kembali pada tahap akhir agar semakin bersih. Cara membersihkan sofa kain ini sangat efektif untuk dilakukan.

Baca Juga
Medium Roast Brew V60 Menciptakan Keseimbangan Aroma