Cara Membuat Keripik Basreng: Snack Favorit Kita Semua!

Yuk, simak cara membuat keripik basreng renyah dan gurih yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah!

Keripik basreng adalah salah satu makanan ringan yang sangat populer di Indonesia. Basreng sendiri merupakan singkatan dari “bakso goreng” yang merupakan bahan dasar dari keripik basreng. Makanan ini biasanya dijadikan teman saat menikmati acara nonton film atau sebagai camilan di kala santai.

Tidak sulit untuk membuat keripik basreng sendiri di rumah, dan hasilnya bisa jauh lebih sehat dan lezat daripada keripik basreng yang dijual di toko-toko. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan tentang cara membuat keripik basreng yang mudah dan praktis di rumah.

Resep Keripik Basreng

Berikut adalah resep keripik basreng yang mudah dan praktis:

Bahan-Bahan:

  • 250 gram bakso sapi, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Campurkan bakso sapi yang telah dihaluskan dengan bawang putih, tepung tapioka, tepung terigu, garam, dan gula pasir. Aduk rata sampai tercampur sempurna.
  2. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat pipih.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  4. Goreng adonan bakso yang telah dibentuk tadi hingga matang dan kecokelatan.
  5. Angkat dan tiriskan keripik basreng dari minyak goreng.
  6. Keripik basreng siap disajikan.

Untuk variasi rasa, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti keju parut atau bubuk cabai. Selain itu, jika ingin membuat keripik basreng yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan minyak goreng yang lebih sedikit atau memilih minyak goreng yang lebih sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Dengan resep ini, Anda bisa membuat keripik basreng sendiri di rumah dengan mudah dan praktis.

Baca Juga
Resep Seafood Saus Padang: Pedas Dan Gurih Dijamin Nagih

Baca Juga: Cara Bisnis Basreng : Ide Bisnis Sederhana yang Menguntungkan

Baca Juga: Cara Membuat Basreng Kering Renyah Dengan Mudah

Tips Membuat Keripik Basreng Di Rumah

Membuat keripik basreng di rumah bisa menjadi alternatif untuk menghindari makanan yang tidak sehat dan juga memastikan kualitas bahan yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat keripik basreng yang enak dan renyah di rumah:

1. Pilih Bakso yang Berkualitas

Bakso adalah bahan utama dalam membuat keripik basreng. Pastikan bakso yang Anda gunakan berkualitas dan bebas dari bahan pengawet dan bahan kimia lainnya. Bakso yang berkualitas akan menghasilkan keripik basreng yang lebih enak dan sehat.

2. Haluskan Bakso

Untuk membuat keripik basreng yang renyah, Anda perlu menghaluskan bakso hingga benar-benar halus. Anda bisa menggunakan blender atau food processor untuk menghaluskan bakso.

3. Tambahkan Bahan Lainnya

Selain bakso, Anda juga perlu menambahkan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan gula pasir. Tambahkan bahan-bahan tersebut secara bertahap dan aduk rata hingga tercampur sempurna.

4. Jangan Terlalu Banyak Tepung

Pastikan jumlah tepung yang Anda gunakan tidak terlalu banyak. Jika terlalu banyak tepung, keripik basreng yang dihasilkan akan menjadi keras dan tidak renyah.

5. Bentuk dengan Sama Besar

Untuk menghasilkan keripik basreng yang seragam dan matang dengan sempurna, bentuk adonan menjadi bulatan pipih dengan ukuran yang sama.

6. Gunakan Minyak Goreng yang Benar

Pilih minyak goreng yang tepat untuk menggoreng keripik basreng. Minyak goreng yang paling baik digunakan adalah minyak kelapa atau minyak zaitun yang lebih sehat. Pastikan juga minyak goreng tidak terlalu banyak, karena minyak yang berlebihan akan membuat keripik basreng menjadi lembek.

Baca Juga
Bagaimana Struktur Website Yang Bagus Dalam SEO?

7. Jangan Terlalu Lama Digoreng

Pastikan untuk menggoreng keripik basreng tidak terlalu lama, karena jika terlalu lama akan membuat keripik basreng menjadi keras dan kehilangan rasa renyahnya. Sebaiknya, goreng keripik basreng sampai matang dan kecoklatan saja.

8. Tiriskan dan Dinginkan

Setelah diangkat dari wajan, tiriskan keripik basreng dengan tisu atau kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih. Setelah itu, dinginkan keripik basreng sejenak sebelum disajikan.

Membuat keripik basreng di rumah bisa menjadi alternatif yang baik untuk menghindari makanan yang tidak sehat dan memastikan kualitas bahan yang digunakan. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda bisa membuat keripik basreng yang enak, renyah, dan sehat di rumah sendiri.

Selain itu, membuat keripik basreng juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman. Jangan ragu untuk mencoba membuat keripik basreng di rumah dan rasakan kenikmatannya sendiri!