Rahasia Manis Nan Lumer: Cara Membuat Kue Nastar yang Lezat dan Menggugah Selera!

Di dalam artikel ini kami akan memberikan langkah demi langkah cara membuat kue nastar sendiri dirumah. Bentuknya yang manis dan rasa lembut di dalamnya membuat kue nastar menjadi hidangan yang sulit untuk ditolak.

Kue nastar adalah salah satu kue kering tradisional Indonesia yang sangat populer dan menjadi favorit banyak orang, terutama saat momen-momen spesial seperti Lebaran atau perayaan lainnya.

Nama “nastar” sendiri berasal dari bahasa Belanda, “ananas taart” yang berarti “tart nanas.” Hal ini menggambarkan isi kue nastar yang umumnya berupa selai nanas yang manis dan lezat.

Kue nastar memiliki bentuk bulat atau oval dengan tekstur yang lembut dan renyah di bagian luar. Di tengahnya terdapat selai nanas yang manis dengan sedikit rasa asam yang khas. Kue ini juga sering dihiasi dengan hiasan sejumput selai nanas atau dengan cetakan kue khas, seperti bunga atau garis-garis.

Resep kue nastar bisa bervariasi, tetapi bahan utamanya meliputi mentega, tepung terigu, kuning telur, gula halus, dan selai nanas sebagai isian. Penggunaan mentega dalam resep memberikan tekstur yang lembut dan renyah pada kue nastar, sehingga kue ini meleleh di mulut ketika dinikmati.

Jika Anda ingin mencoba membuat kue nastar sendiri di rumah, kami telah menyiapkan resep praktis untuk Anda. Mari simak langkah-langkah cara membuat kue nastar yang lezat dan menggugah selera berikut ini:

Cara Membuat Kue Nastar yang Manis dan Lembut

cara membuat kue nastar

Bahan-bahan:

  • 250 gram mentega tawar, suhu ruang
  • 100 gram gula halus
  • 2 kuning telur
  • 1 sendok teh vanili
  • 450 gram tepung terigu
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram keju cheddar parut (opsional)
  • 200 gram selai nanas atau selai sesuai selera
Baca Juga
Syarat Berkendara Terbaru, Pakai Masker Saat Kondisi Ini!

Alat yang dibutuhkan:

  • Mixer atau pengocok telur
  • Loyang kue atau baking tray
  • Kertas roti atau kertas baking

Baca Juga : Lezat dan Renyah: Cara Mudah Membuat Brownies Kering yang Menggugah Selera

Langkah-langkah:

  1. Kocok Mentega dan Gula Halus: Kocok mentega tawar dan gula halus menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut dan mengembang. Pastikan mentega berada pada suhu ruang agar lebih mudah dikocok.
  2. Tambahkan Kuning Telur dan Vanili: Setelah mentega dan gula halus tercampur rata, masukkan kuning telur dan vanili ke dalam adonan. Lanjutkan mengocok menggunakan mixer hingga kuning telur tercampur merata.
  3. Masukkan Tepung Terigu dan Susu Bubuk: Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk ke dalam adonan secara bertahap. Aduk rata menggunakan spatula atau tangan hingga membentuk adonan kue yang lembut dan kalis. Jika adonan terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung terigu hingga konsistensinya sesuai.
  4. Tambahkan Keju Cheddar (opsional): Jika Anda ingin menambahkan rasa keju pada kue nastar, campurkan keju cheddar parut ke dalam adonan. Uleni hingga keju tercampur merata dalam adonan.
  5. Bentuk dan Isi Adonan Nastar: Ambil sejumput adonan kue nastar dan pipihkan di telapak tangan. Tambahkan selai nanas atau selai sesuai selera di tengah adonan dan rapatkan kembali hingga membentuk bola kecil yang rata. Pastikan selai tertutup rapat oleh adonan agar tidak bocor saat dipanggang.
  6. Panggang Kue Nastar: Letakkan bola adonan nastar ke dalam loyang kue yang telah dialasi dengan kertas roti. Pastikan jarak antara satu nastar dengan yang lain cukup, agar tidak saling menyatu saat dipanggang. Panggang kue nastar dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 20-25 menit atau hingga bagian bawahnya berwarna keemasan.
  7. Dinginkan dan Simpan: Setelah matang, angkat kue nastar dari oven dan biarkan dingin di atas rak kawat. Setelah benar-benar dingin, simpan kue nastar dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelezatan dan krispiness-nya.
Baca Juga
Manfaat Buah Pinang untuk Kecantikan Rahasia Cantik ala Alam

Kesimpulan

Kue nastar siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Hidangkan kue nastar sebagai hidangan kue kering istimewa di momen Lebaran atau acara khusus lainnya.

Apakah Anda pecinta kuliner dan memiliki passion dalam membuat kue kering lezat? Inilah saat yang tepat untuk meraih kesuksesan melalui bisnis kue kering Anda sendiri! Bergabunglah dalam kursus kue kering kami dan rasakan kebebasan berkreasi dalam menciptakan hidangan manis yang menggugah selera.

Semoga resep cara membuat kue nastar ini menjadi panduan yang jelas dan membantu Anda menciptakan kue nastar yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba dan selamat menikmati kelezatan kue nastar!