Cara Membuat Kue Onde Onde Ketawa Renyah

Roti Berbentuk bulat dengan taburan biji wijen di atasnya, sudah tidak asing lagi apalagi kalo bukan roti ketawa.pada artikel kali ini saya akan merbagi resep cara membuat kue onde onde ketawa. Roti Ketawa merupakan kuliner tradisional asli Indonesia, kuliner khas dari Pematangsiantar yang cukup terkenal.

Roti ini diperkirakan sudah terkenal dan mulai eksis sejak tahun 1978. Sama seperti dengan roti ganda, pembelinya harus mendatangi secara langsung ke tokonya tersebut. Hampir mirip dengan onde-onde roti ini memiliki bentuk yang bulat dan sama-sama ditaburi oleh biji wijen.

Bentuk rotinya yang bulat dan terdapat belahan di permukaannya, membuat roti ini terlihat seperti sebuah senyuman atau orang sedang tertawa. Itulah yang menjadi asal mula roti ini disebut dengan nama roti ketawa.

 

Apa itu roti ketawa?

Roti ketawa merupakan camilan khas Medan yang melegenda dan dapat ditemukan di semua penjuru Indonesia hingga saat ini. Dinamai roti ketawa lantaran rekahan lebar di bagian tengah roti ini tampak seperti orang yang sedang tertawa. Rasanya yang manis dan renyah membuat roti ini disukai banyak orang.

Bentuk rotinya yang bulat dan terdapat belahan di permukaannya, membuat roti ini terlihat seperti sebuah senyuman atau orang sedang tertawa. Itulah yang menjadi asal mula roti ini disebut dengan nama roti ketawa.

 

Kenapa Di Sebut Onde-Onde Ketawa?

Karena kue ini menyerupai mulut yang sedang tertawa bila dilihat dari samping atau mungkin seperti pacman. Bedanya kue goreng ini pecah merekah serta bertekstur kering dan renyah tetapi empuk. onde-onde ini sudah terkenal gurih dan banyak orang yang suka.

 

Cara Membuat Kue Onde Onde Ketawa

cara membuat kue onde onde ketawa

 

Baca Juga
Resep Kue rasa pisang

 

Pembuatan roti ketawa ini mudah dengan bahan sederhana. Jika membuatnya dengan takaran yang pas tentu akan menghasilkan roti ketawa yang renyah dan enak. Langsung saja ini dia resepnya :

Bahan-bahan :

  • 350 gr tepung terigu cakra kembar
  • 130 gr gula tepung
  • 1 sdt garam halus
  • 1 butir telur
  • 50 gr margarin
  • 3 sdm air
  • wijen secukupnya
  • 1 sdt baking powder
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Onde Onde Ketawa :

  1. Yang pertama campurkan bahan kering yaitu tepung terigu, gula, garam dan baking powder.Lalu aduk agar semua bahan tercampur rata.
  2. Selanjutnya, ayak ke semua bahan agar tidak ada yang berbutir-butir.
  3. Kemudian campurkan telur, mentega dan air. Aduk rata kembali. Uleni adonan hingga kalis.
  4. Sementara itu, setelah adonan kalis, bentuk adonan bulat-bulat kecil. Lalu sampai lakukan semua adonan habis.
  5. Selanjutnya cuci wijen dengan air dan tiriskan.
  6. Sementara itu, panaskan minyak. Gulingkan bola-bola adonan di atas wijen dan goreng ke dalam minyak panas.
  7. Lalu, gunakan api kecil dan angkat setelah kue ketawa kuning kecokelatan.

 

Harganya Terjangkau

 

Karena bahannya yang sederhana dan digoreng dalam suhu yang tinggi, membuat roti ketawa tahan lama. Cukup simpan di dalam wadah plastik agar tetap enak bila ingin dikonsumsi lagi. Oh iya, harganya hanya berada di rentang Rp15.000 – 30.000 per pack. Tergantung jumlah dan ukurannya saja.

 

Cara Menyimpan Kue Onde Onde Ketawa

cara membuat kue onde onde ketawa

  1. Cara menyimpan roti yang pertama adalah selalu menyimpannya di tempat yang sejuk. Roti yang dibiarkan di suhu ruang bisa lebih mudah berjamur. Saat disimpan di tempat yang lembab, jamur akan mudah menempel pada roti
  2. Menyimpannya di lemari pendingin (setelah dibungkus plastik) pun bisa jadi solusi untuk menjaga kualitas roti agar tidak mudah berjamur.
  3. roti juga dapat dimasukkan dalam kantong kedap udara lalu dibekukan dalam freezer. Pendinginan akan menyebabkan retrogradasi, sebuah proses yang menunjukkan roti akan mengalami rekristalisasi dan menjadi keras. Hal ini dapat menjadi alternatif cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran. Sebelum menyimpannya, iris roti dan simpan dalam zip lock, lalu tempatkan dalam freezer.
  4. Setelah dimasukan ke dalam freezer, tekstur roti akan menjadi lebih keras dan alot. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memanggang roti dalam microwave selama 10 detik.
Baca Juga
Cara Memasak Daun Singkong Tanpa Santan yang Sehat dan Lezat

 

Tips Membuat Kue Onde Onde Ketawa

  1. Pada saat menggoreng roti ketawa ini perlu menggunakan api sedang. Saat menggunakan api besar maka bisa membuat roti ketawa cepat hangus dan tidak merata. Oleh karema itu ketika menggoreng roti ketawa perlu menjaga api pada suhu sedang.
  2. Gunakan wajan anti lengket, agar roti ketawa mudah matang merata serta tidak mudah hangus, disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket tebal, dan tidak menggunakan bahan alumunium.
  3. Wijen terlepas ketika digoreng? Wijen pada roti ketawa ini lepas ketika digoreng maka harus digoreng sebelum dimasukkan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah dingin maka segera digoreng.
  4. Menggoreng dengan jumlah roti ketawa yang sesuai. Jika memasukkan adonannya terlalu banyak pada wajan maka dapat mengakibatkan roti berhenti berhenti antara satu dengan lainnya sehingga hasilnya tidak merata.

 

Baca juga : cara membuat roti ketawa kecil kecil