Cara Membuat Minyak Vco Sendiri

Selamat siang sobat kali ini saya akan  memberikan tips cara membuat minyak vco sendiri dirumah secaramandiri dan sangat mudah ,Yuk simak berikut ini !

Perbedaan VCO dengan minyak kelapa lainnya. Minyak VCO adalah minyak yang diperoleh dari daging kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara alami, tidak memanaskannya pada suhu yang sangat tinggi, apalagi mencampur bahan kimia.

Secara tradisional, VCO dapat dibuat dengan cara memeras kelapa tua dan mengekstraksi santan. Santan ini kemudian diproses melalui fermentasi, pencampuran enzim tertentu, atau menggunakan Mesin Vco untuk memisahkan ampas kelapa, air dan minyak bening .

Dengan cara yang lebih modern, minyak VCO dibuat dengan mengeringkan kelapa tua yang masih segar menggunakan Mesin Vco .Kelapa kering kemudian diperas untuk menghilangkan minyak beningnya.

Jenis minyak kelapa komersial lainnya diberi label sebagai olahan sebagian dan terhidrogenasi. Minyak kelapa olahan adalah minyak kelapa yang telah dipanaskan dan disaring kembali. Untuk menghilangkan bakteri, kotoran dan bau tak sedap dari minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak Vco Sendiri

Cara Membuat Minyak Vco Sendiri

1.Pilihan kelapa

Pemilihan daging kelapa merupakan proses awal pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dan menentukan jumlah minyak yang akan dihasilkan, pilihlah kelapa yang sudah hampir tua, karena pertumbuhan daging yang cukup dan kental, pemilihan kelapa yang berkualitas juga diperlukan.

Kelapa sudah tua, kandungan minyaknya sudah berubah menjadi karbohidrat dan di pangkal kelapa biasanya ada gandos, yaitu gumpalan kecil berwarna kekuningan.

2.Buat Santan

Setelah mendapatkan kelapa yang pas, barulah mulai membuat santan, santan diolah dengan cara diparut atau diblender.

Kemudian parutan diisi dengan air matang hangat secukupnya, lalu kita bisa memeras parutan kelapa dan melarutkannya ke dalam air matang hangat. Setelah diperas ampas dari parutan kelapa dapat dipisahkan untuk menghasilkan santan.

Baca Juga
Pertandingan Badminton Semakin Meriah Dengan Balon Tepuk

3.Proses Pemisahan Santan Pertama

Cara selanjutnya dalam proses pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil), santan bisa dimasukkan ke dalam kantong plastik. Gunakan kantong plastik agar lebih mudah membuang air yang ada di bawah santan. Setelah itu, tutup kantong plastik dan ikat dengan karet gelang.

Kemudian diamkan selama kurang lebih 1-2 jam, usahakan kurangi pergeseran kantong plastik dan letakkan di tempat yang datar .Dengan mengunakan Mesin Vco akan lebih cepat dan Mudah.

Proses selanjutnya adalah membuat VCO setelah didiamkan, akan terbentuk 2 lapisan pada kantong plastik berisi santan. Bagian atasnya adalah santan kental dan bagian bawahnya berisi air. Karena kita tidak menggunakan airnya

Biarkan air tersebut terbuang percuma melalui lubang plastik di bawah santan dan segera tutup lubang tersebut jika air yang ada di dalam santan tersebut sudah habis.

4. Cara Membuat Minyak Vco Sendiri  dengan Proses Pemisahan Santan Kedua

Proses selanjutnya dan lanjutan dari pembuatan Virgin Coconut Oil adalah, santan kental yang sudah dipisahkan dari airnya dimasukkan ke dalam wadah plastik yang bersih dan tertutup.

Setelah itu, selama 24 jam santan akan mengalami proses ekstraksi dimana akan muncul gelembung-gelembung di permukaan dan minyak akan mulai terpisah. Setelah 24 jam, akan terbentuk 3 lapisan pada santan.

Lapisan atas adalah minyak, di tengah adalah santan atau ampas blondo dan lapisan bawah adalah air yang sudah menggendap dan menjadi air kelapa.

Kandungan Gizi Minyak VCO:

  1. Jumlah Per 100 g
  2. Kalori (kkal) 862
  3. Jumlah Lemak 100 g
  4. Lemak jenuh 87 g
  5. Lemak tak jenuh ganda 1,8 g
  6. Kandungan lemak tak jenuh tunggal 6 g
  7. Kolesterol 0 mg
  8. Natrium 0 mg
  9. Jumlah Karbohidrat 0 g
  10. Serat Makanan 0 g
  11. Gula 0 gram
  12. Protein 0 gram
Baca Juga
Tips Memilih Jersey Sepeda Yang Sesuai Kebutuhan

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Cara Membuat Minyak Vco Sendiri

1.Menurunkan Risiko Diabetes

Minyak kelapa murni dipercaya dapat meningkatkan fungsi insulin tubuh, sehingga dapat mengontrol glukosa dalam tubuh agar lebih stabil.

Seimbangkan juga dengan pola makan dan pola hidup sehat agar kenaikan gula darah bisa terkontrol dalam batas normal yang terjadi pada tubuh manusia.

2.Mendukung Sistem Pencernaan

Manfaat minyak kelapa murni yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Asam lemak yang terkandung di dalamnya yaitu asam laurat dan monolaurin memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antivirus.

Kandungan ini efektif membantu tubuh melawan berbagai bakteri, jamur dan parasit yang sering menyebabkan masalah usus.

4. Meningkatkan Rasa Kenyang

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda mungkin ingin mencoba minyak kelapa. Minyak kelapa murni dapat membantu Anda merasa kenyang setelah makan sehingga Anda tidak makan berlebihan.

Demikin  dari saya bila ada salaah kata mohon dimaafkan yha sobat ,Selamat mencoba dirumah tentang cara membuat minyak vco sendiri  ,Semoga berhasil.