Cara Membuat Seblak dari Mie Instan

Cara membuat seblak dari mie instan, seblak adalah makanan khas Sunda yang terkenal di daerah Parahyangan dengan rasa asin dan pedas. Dibuat dengan kerupuk yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, seafood, atau daging olahan dan dimasak dengan kencur.

Cara Membuat Seblak dari Mie Instan

Seblak mulai populer sekitar tahun 2000-an dan berasal dari Cianjur yang ada di wilayah Parahyangan sebelum masa kemerdekaan. Namun, yang membedakan Seblak dari makanan sejenis adalah Seblak biasanya menggunakan kerupuk jeruk dengan bumbu cikur atau sunda dan disajikan dengan sambal pedas.

Berbagai kalangan masyarakat khususnya di pulau Jawa bagian barat. Seiring berkembangnya tren jajanan tradisional dan jajanan kaki lima. Seblak tidak hanya disajikan di gerobak dengan bahan biasa.

Menjadi makanan modern seblak berhasil menarik perhatian, makanan bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang tajam dan menyegarkan serta memiliki banyak variasi, baik dalam rasa dan bahan tambahan, maupun dalam kemasan ritel.

Bahan dasarnya adalah kerupuk udang asin yang dimandikan dengan air panas dan dibumbui dengan sayuran. Seblak terbuat dari kerupuk matang yang dibumbui dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabai rawit dan penyedap rasa.

Mie instan dan seblak kini menjadi dua masakan favorit sebagian besar anak muda khususnya di wilayah Jawa Barat, namun selain memakannya secara terpisah, kedua masakan tersebut juga bisa Anda jadikan satu menu melalui resep mie instan seblak ini enak dan menggugah selera.

Perpaduan seblak dan mie instan pasti akan mengenyangkan perut Anda, bersama dengan topping atau isian Seblak seperti telur, siomay dan sosis, Anda pasti akan ketagihan memakannya. Alat pengiris bawang.

 

Tips dan Cara Membuat Seblak yang Mudah untuk Pemula

Jangan Takut Berinovasi

Bahan dasar Seblak adalah kerupuk aci yang direbus dan dipadukan dengan bumbu tertentu. Anda bisa mulai menambahkan berbagai bahan lain seperti dressing.

Baca Juga
Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads, Berikut Ulasannya

Misalnya, kombinasikan dengan kwetiau, tahu kering, batagor, berbagai jenis kerupuk, dll sesuai selera Anda. Aneka sayuran seperti sawi putih atau sawi untuk melengkapi sajian Seblak.

Perhatikan Proses Memasak

Saat memasak Seblak usahakan panasnya tidak terlalu tinggi, gunakan api kecil agar masakan seblak berkembang sempurna. Tambahkan juga sedikit demi sedikit bahan lain yang sudah anda siapkan saat memasak air sudah berkurang tapi biskuitnya dan bahan yang lain belum direbus.

Maka anda bisa menambahkan air secukupnya lalu kembalikan bumbu agar rasanya pas di lidah anda. Salah satu trik yang bisa Anda coba saat membuat Seblak adalah dengan menambahkan kerupuk dan makaroni di bagian akhir agar bahan matang merata.

Atur Tingkat Kepedesan Sesuai Selera

Jika suka pedas, tambahkan saos sambal secukupnya. Anda bisa melakukan sebaliknya jika Anda tidak suka makanan pedas. Level memasaknya bisa disesuaikan dengan selera. Jika ingin seblak benar-benar matang dan teksturnya halus, Anda bisa memasaknya lebih lama.

 

Resep Seblak Mie Instan

Bahan :

  • 1 bungkus mi instan berkuah
  • 350 ml air
  • 1 butir telur
  • Irisan daun bawang
  • Kerupuk seblak mentah
  • Bakso dan sosis, potong sesuai selera
  • ¼ sachet penyedap rasa instan
  • Sedikit garam dan lada bubuk
  • Bumbu halus:
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 cm kencur
  • 1 buah cabai merah besar
  • 6 butir cabai rawit, atau sesuai selera

Langkah-langkah Membuat Seblak :

  1. Haluskan bumbu seperti bawang merah, kencur, dan cabai, lalu tumis hingga harum.
  2. Pecahkan telur ke dalam wajan lalu aduk dengan bumbu, tambahkan air dan tunggu sampai mendidih.
  3. Masukkan bahan untuk isian Seblak yaitu. H. mie instan mentah, kerupuk seblak mentah, bakso dan sosis.
  4. Tunggu hingga isian mulai matang, lalu tambahkan bumbu dari lembaran pasta instan ke dalam wajan.
  5. Tambahkan juga irisan daun bawang, penyedap rasa instan, sedikit garam dan merica bubuk, aduk rata.
  6. Tambahkan juga irisan daun bawang, penyedap rasa instan, sedikit garam dan merica bubuk, aduk rata.
Baca Juga
Cara Menjadi Perencana Keuangan Profesional, Yuk Cobain!