Cara Membuat VCO di Rumah Sendiri yang Simpel

Cara Membuat VCO sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan minyak kelapa segar dan murni, tanpa tambahan bahan kimia atau pengawet.

Proses pembuatan VCO di rumah melibatkan banyak langkah sederhana, mulai dari mengolah daging kelapa hingga memisahkan minyak kelapa murni.

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah berikut ini, Anda dapat menikmati manfaat VCO bagi kesehatan dan kecantikan secara alami dan ramah lingkungan.

Alat dan Bahan Cara Membuat VCO Sendiri di Rumah

Berikut ini macam-macam alat yang diperlukan untuk membuat minyak VCO sendiri

  • Blender atau penghancur kelapa

Digunakan untuk melunakkan daging kelapa. Jika tidak mempunyai blender, bisa menggunakan kelapa parut.

  • kain katun atau kain saring

Untuk menyaring santan dari ampas kelapa.

  • sendok

Digunakan untuk mengekstrak santan dari ampas kelapa.

  • Wadah tertutup

Digunakan untuk menyimpan santan yang sudah disaring.

  • Wadah kaca tertutup atau botol plastik

Digunakan untuk menyimpan minyak kelapa yang dipisahkan.

Cara Membuat Minyak VCO Sendiri di Rumah

Berikut ini akan dijelaskan alat dan bahan yang akan dibutuhkan untuk cara membuat VCO sendriri di rumah.

1. Siapkan daging kelapa segar

Untuk membuat VCO berkualitas, gunakan daging kelapa segar yang sudah dibuang tempurungnya. Pastikan untuk membersihkan kopra dari kotoran atau kotoran lainnya. Potong daging kelapa menjadi potongan kecil agar mudah diolah.

2. Menggiling atau menggiling ampas kelapa

Masukkan daging kelapa ke dalam blender atau blender. Giling ampas kelapa hingga menjadi potongan kecil atau pasta kasar. Jika tidak punya blender, Anda bisa menggunakan  kelapa parut untuk mendapatkan tekstur  serupa.

3. Peras santan

Setelah ampas kelapa dihaluskan, ambil kelapa yang sudah digiling atau diparut dan letakkan di dalam kain katun bersih. Peras santan dari ampas kelapa. Proses pengepresan ini akan menghasilkan santan segar yang menjadi bahan dasar pembuatan VCO.

Baca Juga
Pemesanan Tas Ke Luar Pulau Jawa | Di Konveksi Tas Purwokerto

4. Saring untuk mendapatkan santan

Saring perasan santan menggunakan kain katun bersih atau kain saring. Saring beberapa kali untuk memastikan santan yang didapat sangat bersih dan bebas endapan.

5. Santan

Masukkan santan yang sudah disaring ke dalam wadah kedap udara dan biarkan pada suhu ruangan selama 24 hingga 48 jam. Selama ini, minyak kelapa akan mengapung di permukaan santan dan terpisah dari air.

6. Pemisahan Minyak Kelapa

Setelah dituang, Anda akan melihat lapisan minyak kelapa menutupi santan. Gunakan sendok bersih atau wadah minyak lainnya untuk menghilangkan minyak kelapa dari permukaan santan dengan hati-hati. Pastikan bagian bawahnya tidak terkena air.

7. Pemfilteran tambahan (opsional)

Jika ingin VCO lebih murni dan jernih, Anda dapat melakukan proses filtrasi tambahan dengan menggunakan kain bersih atau kertas penyerap minyak. Proses ini membantu menghilangkan partikel halus yang mungkin tertinggal di dalam minyak.

8. Mengawetkan minyak kelapa

Simpan minyak kelapa yang diperoleh dalam wadah kaca atau botol plastik yang bersih dan kedap udara. Tempatkan di tempat yang sejuk, gelap, dan kering. Minyak kelapa memiliki umur simpan yang baik, namun penyimpanan yang tepat akan menjaga kualitasnya lebih lama.

9. Menggunakan VCO

Minyak kelapa murni ini dapat digunakan dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakannya untuk memasak sebagai pengganti minyak nabati lainnya.

VCO juga merupakan bahan alami yang baik untuk perawatan kulit dan rambut. Anda bisa menggunakannya sebagai pelembab kulit, masker rambut atau campuran lulur alami.

Kesimpulan Cara Membuat Minyak VCO Sendiri di Rumah

Cara membuat VCO sendiri di rumah tidak hanya memberi Anda akses terhadap minyak kelapa organik murni, namun juga memberikan pengalaman yang memuaskan secara pribadi. Proses ini memungkinkan Anda mengontrol kualitas minyak yang Anda konsumsi dan oleskan ke tubuh Anda.

Baca Juga
Usaha Emping Jagung

Selain itu, VCO buatan sendiri seringkali lebih hemat dibandingkan membeli produk serupa di pasaran. Pastikan  selalu menggunakan daging kelapa segar dan peralatan  bersih untuk  hasil terbaik.

Jika Anda memiliki pohon kelapa di sekitar rumah, ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memanfaatkan hasil alam semaksimal mungkin.

Membuat VCO di rumah juga merupakan pendekatan yang ramah lingkungan. Dengan mengurangi ketergantungan Anda pada produk komersial, Anda mengurangi jejak karbon  dan membantu melindungi lingkungan.

Selain itu, cara membuat VCO sendiri di rumah biasanya bebas bahan pengawet dan bahan kimia yang ditemukan pada produk komersial, menjadikannya pilihan yang lebih sehat untuk Anda dan keluarga.

Untuk menjalani gaya hidup sehat dan berkelanjutan, membuat VCO sendiri adalah langkah kecil yang dapat Anda ambil.

Rasakan manisnya dan keajaiban minyak kelapa segar yang dihasilkan sendiri dan nikmati manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan Anda.