Cara Menanam Bawang Putih Dirumah Dengan Mudah

Cara Menanam Bawang Putih-Bawang putih merupakan salah satu bahan yang sangat penting digunakan dalam masakan karena dapat memberikan rasa yang nikmat. Tak heran jika di dapur kita sering menyiapkan lauk dengan bawang putih.
Sekarang Anda bisa lebih berhemat dengan mengetahui cara menanam bawang putih di rumah daripada membelinya setiap saat

Bagaimana Cara Menanam Bawang Putih?

1. Siapkan Pot

Untuk menanam bawang putih, Anda bisa menggunakan pot yang besar agar pertumbuhan akar lebih besar dan umbi lebih optimal. Pastikan untuk menggunakan pot dengan kedalaman sekitar 20-30 cm.
Gunakan juga pot dengan diameter lebih dari 30 cm, agar memudahkan Anda menanam anyelir lebih banyak. Jika pot tidak memiliki saluran air atau saluran air, Anda bisa membuat lubang di bagian bawah pot.

2. Pilih Media Tanam Berkualitas

Jika Anda memiliki pot yang tepat, pastikan untuk menggunakan bahan tanam berkualitas tinggi yang dapat dikomposkan seperti vermikulit atau sabut kelapa. Tambahkan media untuk mengisi 75 persen isi pot.
Kemudian bilas dengan air bersih hingga media tanaman mengental. Cara ini memudahkan menanam bawang putih.

3. Pisahkan Siung Bawang Putih dan Tanam

Langkah selanjutnya siapkan umbi bawang putih yang ingin anda tanam. Pastikan untuk memisahkan setiap departemen. Kemudian tempatkan anyelir di penanam dengan ujung bawah yang rata ke bawah dan ujung runcing ke bawah. Tancapkan paku ke dalam tanah sedalam sekitar 10-15 cm. Pastikan jarak antar umbi sekitar 10 cm, agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

4. Letakkan di Area yang Memperoleh Sinar Matahari

Setelah bawang putih berakar, letakkan pot di tempat yang banyak sinar matahari. Pastikan bawang putih berada di bawah sinar matahari setidaknya selama 8 jam sehari. Dengan demikian, proses pertumbuhan bawang putih yang Anda tanam akan lebih baik dan berkualitas.

Baca Juga
Penemu Ayam Goreng

5. Pastikan Media Tanam Selalu Lembap

Selain memperhatikan sinar matahari, sirami tanaman bawang putih secara rutin agar selalu lembab. Namun hindari menyiramnya terlalu banyak atau terlalu sedikit.
Yang utama adalah Anda harus menyesuaikannya dengan kondisi ruangan. Jika tanaman diletakkan di ruangan yang hangat, jangan lupa untuk lebih sering menyiramnya, agar media tanam tidak cepat kering.

6. Panen Saat Daun Mulai Menguning atau Mengering

Jika Anda mengikuti langkah-langkah pada uraian sebelumnya dengan benar dan merawat bawang merah dengan sebaik mungkin, bawang putih akan berbunga secara alami. Nah, ketika daun bawang putih semakin panjang dan mulai menguning, ini tandanya Anda bisa menggunakannya.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa memanen bawang putih saat daunnya mulai mengering. Kemudian bersihkan sisa tanah dari kulit umbi bawang putih lalu gantung di tempat yang sejuk.
Terakhir, sebelum menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan, keringkan terlebih dahulu selama kurang lebih seminggu.

Bawang putih adalah umbi yang nama latinnya adalah Allium sativum. Bawang putih ini masih termasuk dalam famili tumbuhan Amaryllidaceae dan berkerabat dengan bawang merah dan daun bawang. Bawang putih adalah makanan khas Asia Tengah, tetapi juga bisa ditanam di Italia dan Prancis selatan. Biasanya ada 1-10 siung dalam satu siung. Setiap frame sendiri memiliki berat sekitar 6-8 gram.

Nah, itulah langkah-langkah menanam bawang putih yang sangat mudah untuk dicoba di rumah. Pastikan untuk mengikuti semua langkah dengan benar untuk hasil yang maksimal. Datang dan coba menanam bawang putih sendiri. jika sudah panen kamu bisa mengupasnya dengan mesin pengupas bawang kamu bisa membeli di rumahmesin.com