Cara Mengatasi Internet Lemot

Internet yang lemot memang bisa mendatangkan rasa kesal serta emosi. Di saat kita membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil, justru jaringan internet kita sangat lambat. Hal ini tentu akan sangat mengganggu segala aktivitas yang kita lakukan.

Nah kita harus segera mencari solusi untuk mengatai internet yang lemot ini dong. Karena jika tidak segera diperbaiki, maka akan semakin menambah pusing akibat koneksi yang tak stabil.

 

Tips Mempercepat Koneksi Internet

Dilihat dari penyebabnya, umumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi jaringan internet menjadi lambat. Hal ini bisa terjadi baik bagi yang menggunakan koneksi wifi atupun data seluler. Nah berikut ini ada beberapa tips agar kecepatan internet kalian menjadi lancar kembali.

 

1. Restart HP Android atau Laptop

Cara pertama yang bisa kita coba adalah dengan merestart perangkat. Hal ini dilakukan untuk merefresh sistem dan jaringan dari smartphone atau komputer yang kita gunakan. Dan seringkali juga tips ini berhasil untuk mengembalikan kecepatan internet menjadi normal

.

2. Maksimalkan Kualitas Sinyal

Sinyal adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi kelancaran suatu jaringan internet. Maka dari itu, untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, maka kita harus memperhatikan kualitas sinyal yang didapatkan.

Untuk yang menggunakan provider seluler, maka sinyal 4G LTE akan memberikan koneksi yang lebih stabil dan lancar. Sedangkan untuk yang menggunakan wifi atau hotspot, pastikan posisi router tak terlalu jauh agar sinyalnya tetap kuat. Sehingga kecepatan internet kalian juga tak lemot.

 

3. Kurangi Jumlah Aplikasi

Mungkin banyak yang bertanya, apa hubungan antara aplikasi yang kita install dengen internet yang lemot. Banyak aplikasi jaman sekarang yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa digunakan.

Baca Juga
Cara Daftar Eco Racing dan Memilih Paket Paling Sesuai

Nah apabila semakin banyak aplikasi yang memakai jaringan internet dijalankan secara bersamaan, tentu akan membuat kecepatannya ikut terbagi. Bahkan meski software tersebut telah ditutup, beberapa aplikasi tetap saja berjalan di latar belakang dan menkonsumsi data.

Maka dari itu, bijaklah dalam menginstall aplikasi di perangkat komputer dan HP kalian. Pasang software yang sekiranya penting dan kalian butuhkan saja.

 

4. Matikan Update Aplikasi Otomatis

Baik di android maupun laptop, biasanya aplikasi akan melakukan update otomatis jika ada pembaruan versi terbaru. Nah hal tersebut tentu saja akan memerlukan kuota data yang tidak sedikit.

Dan seringkali, proses update dilakukan tanpa sepengetahuan kita. Sehingga bisa menyebabkan koneksi internet kita menjadi drop dan lemot secara tiba-tiba. Karena bersamaan dengan proses pembaruan aplikasi otomatis yang terjadi.

 

5. Perhatikan Limit Bandwitdh

Baik provider seluler maupun wifi, pasti memiliki batas bandwitdh masing-masing. Dan hal tersebut sangatlah mempengaruhi kecepatan internet yang kita dapatkan. Semakin besar bandwitdh yang ada, maka tentu jaringannya akan lebih lancar.

Selain itu, jumlah pengguna juga dalam suatu jaringan juga menjadi faktor penentu. Semakin banyak user yang terkoneksi di waktu bersamaan, maka akan membuat bandwitdh nya terbagi. Hal ini bisa menyebabkan koneksi internet tiba-tiba menjadi lemot.

Bagi yang menggunakan koneksi wifi atau hotspot, maka bisa setting limit user untuk membatasi jumlah pengguna yang terhubung di waktu bersamaan. Sehingga bandwitdh nya tak terlalu banyak terbagi dan oneksi tetap stabil.

 

6. Hubungi Provider Internet

Nah selanjutnya kalian juga harus memastikan bahwa tidak ada masalah pada jaringan dari provider yang kalian gunakan. Untuk memastikannya, silahkan hubungi customer services dari provider masing-masing.

Baca Juga
Saran Jasa Press Release Jakarta Threesixty, Lengkap serta Murah!

Kalian juga bisa minta bantuan mereka untuk mengatasi koneksi internet yang lemot. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mencari solusi dari masalah yang sedang kalian hadapi.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memperbaiki koneksi internet yang lambat. Semoga dengan tips-tips diatas bisa menjadi solusi dari masalah jaringan yang kalian alami. Apabila ada yang punya saran lain, silahkan bagikan di kolom komentar.