Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Download Peta Offline Google Maps

Google Maps telah mengubah cara kita menjelajahi berbagai wilayah di Dunia. Aplikasi Maps Android tidak hanya menjadi petunjuk untuk pergi dari lokasi A ke lokasi B melalui mobil, sepeda motor atau berjalan kaki. Namun aplikasi ini juga dapat memberikan informasi seputar update kondisi jalan seperti (macet), jalan ditutup dll.

Menggunakan Google Maps Secara Offline

Saat ini, aplikasi google Maps paling berguna pada perangkat seluler. Namun yang menjadi masalah adalah pada saat Anda sangat membutuhkan Maps, sedangkan Anda mungkin berada di suatu tempat dengan jangkauan terbatas (tidak ada sinyal internet).

Untuk membantu Anda, Google Maps mendukung akses offline. Jadi Anda dapat menyimpat sebuah rute jalan dan dapat menggunakannya pada saat offline.

Arahkan ke titik lokasi pada area yang ingin Anda akses saat offline. Selanjutnya geser ke kiri dan klik menu di bagian bawah layar. Akan ada pilihan ketuk download untuk mengunduh peta. Perlu diingat bahwa Android memiliki cukup penyimpanan di perangkat Anda.

Setelah peta offline berhasi didownload, maka selanjutnya Anda dapat memperoleh informasi tentang bisnis di wilayah tersebut dan petunjuk arah belokan demi belokan di bagian yang diunduh.

Cara Mengatasi Gagal Download Peta Offline

Bagi Anda yang mengaami masalah saat mendownload peta offline, ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Pertama, karena penyimpanan di hp Android yang sudah hampir penuh. Pastikan memory internal hp Android Anda cukup untuk menyimpan file download google maps offline, jika tidak maka download maps offline akan gagal bahkan error seperti adanya tulisan google maps telah berhenti.

Kedua, Aplikasi google maps masih versi lama. Agar bisa mendownload peta offline, Anda harus memperbarui google maps ke versi terbaru melalui google play store.

Baca Juga
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

Error Sistem / Crash App, Penyebab yang lainnya kenapa tidak bisa mendownload peta offline adalah adanya masalah pada sistem hp Android, atau bisa juga disebabkan oleh aplikasi google maps yang error.

Cara mengatasinya, silahkan masuk ke setelah aplikasi di hp Android. Clear cache dan data aplikasi (cara ini akan menghapus semua data google maps).

Setelah itu, Anda bisa matikan hp Androidnya beberapa menit kemudian nyalakan dan silahkan coba dowload peta offline.