Cara Menggunakan Transportasi Publik Untuk Jalan-Jalan Di Singapura

Sektor pariwisata di negara Singapura merupakan salah satu sumber pendapatan utama selain sektor perdagangan di negara tersebut. Pariwisata di Singapura terdiri dari berbagai macam mulai dari wisata kuliner, wisata jalan-jalan, dan yang paling utama adalah wisata belanja. Ada banyak sekali agen wisata yang menjadikan Singapura sebagai destinasi utama dalam paket wisata Asia yang mereka tawarkan.

Pariwisata di Singapura sangat baik karena ditunjang dengan sarana transportasi yang lengkap dan saling terintegrasi. Disana ada beberapa jenis transportasi publik yang bisa diakses dengan mudah oleh siapapun dan saling terhubung antar moda transportasinya. Beberapa jenis transportasi publik disana meliputi MRT, LRT, bus, hingga taxi bisa diakses dengan beberapa metode pembayaran yang mudah.

Hampir semua jenis transportasi publik saling terhubung dengan baik disana sebagai contohnya di dekat stasiun selalu ada halte maupun taxi. Dengan begitu, akan memudahkan setiap orang untuk berpindah dari satu moda transportasi ke moda transportasi lainnya. Kemudian selain hal tersebut, sistem pembayaran di Singapura juga bisa menggunakan tiket atau pass yang bisa menghemat biaya transportasi disana.

Untuk wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Singapura, berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan transportasi umum disana:

Menggunakan MRT

Transportasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Singapura dan para turis disana adalah kereta baik itu MRT maupun LRT. Jenis transportasi ini merupakan sistem transportasi modern yang telah berkembang pesat di Singapura sejak tahun 1987 hingga sekarang. Sekarang, jalur rel di Singapura telah mengcover hampir seluruh Singapura dari bandara Changi hingga area perkotaan.

Untuk menggunakan sistem transportasi kereta baik itu MRT maupun LRT, hal yang pertama dilakukan adalah memiliki tiket atau pass. Tiket atau pass yang digunakan untuk menaiki MRT atau LRT di Singapura disebut dengan nama EZ-Link Pass. EZ-Link Pass ini biasanya bisa didapatkan di berbagai tempat seperti stasiun MRT, teminal, dan beberapa minimarket.

Baca Juga
Usaha Jus Buah Kelebihan dan Kekurangannya

Setelah membeli dan mendapatkan EZ-Link Pass, selanjutnya cari lalu bergegaslah ke stasiun MRT terdekat untuk naik MRT. Saat telah sampai di stasiun, masuk melalui pintu otomatis dengan men-tap EZ-Link Pass untuk membuka pintu tersebut. Setelahnya, masuk ke kereta sesuai dengan jalur yang dituju dan saat tiba jangan lupa men-tap lagi EZ-Link Pass sebelum keluar.

Menggunakan Bus

Pilihan moda transportasi lain di Singapura adalah bus kota yang memiliki jalur yang lebih flexible dibandingkan dengan MRT. Di Singapura, terdapat dua jalur bus utama yang beroperasi yaitu SBS Transit dan SMRT Buses. Keduanya beroperasi dari jam 5.30 hingga tengah malam dan bus datang bergantian setiap 30 menit sekali.

Untuk menggunakan bus, penumpang bisa menggunakan EZ-Link Pass seperti di MRT atau bisa membayar secara langsung. Saat memilih untuk membayar secara langsung, penumpang harus membayar uang pas ketika akan masuk bus. Sementara jika menggunakan EZ-Link Pass, cukup melakukan tap-in pada mesin di pintu masuk bus kemudian tap-out saat akan turun bus.

Menggunakan Taxi

Satu lagi jenis pilihan transportasi publik lainnya di Singapura yang lebih sedikit digunakan adalah taxi. Ada banyak pilihan taxi yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan di Singapura namun dengan biaya lebih tinggi. Selain itu, untuk sistem pembayarannya, taxi biasanya menggunakan uang cash atau kartu kredit untuk membayar biaya transport.

Untuk menggunakan taxi, wisatawan bisa memesan melalui layanan telepon, aplikasi taxi online, atau cukup mencari taxi terdekat. Pilihan jenis taxi online biasanya adalah jenis layanan taxi yang paling banyak dan mudah digunakan oleh wisatawan. Cukup menggunakan aplikasi untuk menemukan taxi terdekat lalu pesan dan bayar setelah sampai di tujuan.

Baca Juga
paket wisata raja ampat murah