Cara Menghitung Rangka Baja Ringan Terbaik Dan Terpercaya

Cara Menghitung Rangka Baja Ringan Terbaik Dan Terpercaya

Rangka Baja Ringan – Membangun rumah yang kuat dan juga kokoh memang harus menggunakan bahan yang ada pada bangunan yang juga berkualitas, dan salah satunya baja ringan. Saat ini material tersebut akan menjadi pilihan favorit dalam membuat beberapa struktur atap pada rumah.

Atap pada baja ringan terbuat dari material baja yang juga lebih ringan dan tipis serta jika dibandingkan dengan baja konvensional. Selain tipis, baja ringan juga sangat mudah untuk dibentuk dan akan lebih murah daripada atap kayu, tetapi tidak akan kalah kokoh.

Sebelum kita memasang rangka atap pada baja ringan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung beberapa volume atap pada rumah dan membuat gambar untuk kerja. Volume atap yang ada pada rumah akan dihitung dengan menggunakan ukuran per meter persegi dengan menggunakan  rumus (panjang bangunan + overstek genteng kedua sisi) x (lebar bangunan + overstek genteng kedua sisi) / derajat untuk kemiringan oleh atap genteng (cos derajat). Misalnya, rumah yang akan dibangun memiliki panjang 6 meter dan juga lebar 12 meter dengan overstek yang berukuran 2 meter pada tiap sisinya dengan menggunakan kemiringan atap 30 derajat, maka volume untuk atap baja ringan adalah (6 + 2 + 2) x (12 + 2 + 2) / (cos 30 = 0,866) sehingga hasilnya 185 m2.

Setelah kita menghitung volume yang ada untuk  atap dan membuat gambar kerja, maka kita memilih jenis baja ringan yang akan menjadi hal yang sangat penting. Pilihlah beberapa  rangka baja yang sesuai fungsinya. Baja ringan bermutu tinggi (high tension steel) minimal telah memenuhi beberapa standar G550.

Standar tersebut juga bisa dikatakan sebagai nilai untuk tegangan tarikan pada sebuah baja ringan. Selain itu, maka pilihlah baja ringan yang di mana memiliki bahan antikorosi.

Baca Juga
Penggunaan Arang Briket

Selanjutnya, pasang beberapa rangka atap. Pada dasarnya memasang rangka untuk atap pada baja ringan akan dapat mempunyai persyaratan teknis dan juga menggunakan langkah kerja yang sistematis.

Langkah awal sebelum kita memasang rangka baja ringan yaitu kita harus pastikan membuat struktur pendukungnya atau (kolom atau ringbalk) agar posisi pada  rangka untuk atap baja ringan yang dapat terpasang sesuai dengan letaknya.

Rangka Baja Ringan – Sebelum kita memasang baja ringan, maka terdapat syarat yang harus dipenuhi, yaitu kuda-kuda yang akan terpasang harus kuat dan juga stabil serta terpasang dengan tegak lurus pada ring balok. Untuk pemasangan nok yang ada di setiap kuda-kuda, ketinggian apex juga harus sama, sisi miring atap juga harus sama dan tidak bisa bergelombang. Coating atau lapisan juga tidak timbul seperti kerusakan dan pastikan juga tidak terjadi deformasi atau perubahan bentuk akibat beberapa kesalahan pelaksanaan pekerjaan.

Setelah syarat dalam pemasangan untuk rangka baja ringan akan terpenuhi dan kuda-kuda yang sudah terpasang akan sesuai nomor, maka selanjutnya kita kencangkan kuda-kuda dalam menggunakan pelat L dengan menggunakan ring balok serta akan menggunakan dynabolt. Tambahkan juga  balok sebagai penopang sementara supaya kuda-kuda tidak akan berubah posisinya.

Lalu, pasang bracing sebagai penguatan yang dapat diikuti reng dan pada jarak yang telah disesuaikan untuk penutup atap. Di setiap pertemuan, reng dengan kuda-kuda dapat diikat memakai sekrup yang berukuran 10–16 x 16 sebanyak dua buah.

Rangka Baja Ringan – Selanjutnya, pasang outrigger (tambahan setelah kuda-kuda yang terakhir yang juga akan menumpu ringbalk). Terakhir, pasang reng pada langit-langit untuk di permukaan bagian atas bottom chord pada kuda-kuda dan sekrup dengan jarak masing-masing 120 cm. Demikian beberapa cara dalam memasang rangka baja ringan untuk teknik dasar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
Rahasia Kesuksesan Layanan Penulisan SEO Terbaik

Untuk info tentang Rangka Baja Ringan klik di sini