Cara Mengkonsumsi Minyak Kelapa Dengan Baik Dan Benar

Kelapa merupakan buah yang bisa di jadikan olahan menjadi minyak kelapa. Apakah Anda sudah pada tau atau baru pertama kali mendengarnya. Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat minyak kelapa dan cara mengkonsumsi minyak kelapa.

Sementara itu, dalam proses pembuatan minyak kelapa membutuhkan mesin vco, sebelum ke cara pembuatannya ada baiknya kita simak penjelasan apa itu kelapa, tidak usah lama-lama lagi, simak penjelasan apakah itu kelapa sebagai berikut.

 

 

Pengertian Kelapa

Buah kelapa adalah buah tropis yang dihasilkan dari tanaman Cocos nucifera, termasuk dalam keluarga Arecaceae atau palem-paleman. Buah kelapa berbentuk bulat pada beberapa sisinya agak menyudut, berukuran kira-kira sebesar kepala manusia.

Warna buah kelapa ada yang hijau dan ada yang kuning tergantung varietasnya. Daging buah kelapa terbungkus kulit bagian luar berupa serabut yang tebal dan bagian dalam berupa kayu keras atau tempurung. Tempurung kelapa membungkus daging buah berwarna putih bersih dan air buah.

Air yang terdapat dalam buah berwarna bening sedikit keruh, rasanya manis menyegarkan. Habitat tanaman kelapa adalah dataran rendah tropis.

Tanaman ini memiliki toleransi tinggi terhadap tanah bersalinitas tinggi, oleh karena itu sering dijumpai tumbuh dipesisir pantai. Meskipun begitu pohon kelapa masih bisa tumbuh di dataran tinggi namun perkembangannya lebih lambat.

 

 

Cara Membuat Minyak Kelapa

cara mengkonsumsi minyak kelapa

Merupakan salah satu karunia Tuhan yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan di setiap tetesnya. Walaupun minyak ini mudah didapatkan, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Ditambah lagi, cara membuat minyak kelapa tidak terlalu sulit, karena bisa dilakukan di rumah.

Cara membuat minyak kelapa satu ini akan menghasilkan warna minyak bening dan kerap disebut sebagai virgin coconut oil. Anda cukup menyiapkan daging kelapa tua dan mengikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Yang pertama parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  2. Selanjutnya masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama satu hingga dua jam, selanjutnya terbentuk dua lapisan yakni santan di atas dan air di bawah.
  3. Kemudian lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat.
  4. Setelah itu, simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam Setelah itu, akan terbentuk tiga lapisan yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah) Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.
  5. Sementara itu, Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas, sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku.
  6. Selanjutnya ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan VCO (Virgin Coconut Oil).
Baca Juga
The Benefits Using Briquette Coconut That You Should to Know

Sementara itu, cara membuat minyak kelapa di atas mudah bukan? cukup sederhana untuk di buat di rumah, untuk pembuatan minyak kelapa membutuhkan mesin vco untuk mempercepat proses pembuatan, jika tidak punya cukup dengan cara sederhana saja.

 

 

Cara Mengkonsumsi Minyak Kelapa

cara mengkonsumsi minyak kelapa

1. Diminum Langsung

Cara mengkonsumsi minyak kelapa paling mudah adalah dengan meminumnya secara langsung. Sahabat sehat, perhatikan takarannya jika ingin meminum minyak kelapa agar tidak berlebihan.

Minyak kelapa bisa diminum sebanyak 1-2 sendok makan per hari. Sahabat sehat, pilih virgin coconut oil atau extra virgin coconut oil untuk diminum, ya.

Manfaat minyak kelapa jika diminum langsung, menambah energi dan menunda rasa lapar. dan minyak kelapa diminum sebelum makan. Cita rasa minyak kelapa perpaduan legit, manis khas kelapa, aromanya juga harum, jadi tidak mengganggu ketika diminum langsung.

2. Dicampur dengan Minuman

Minyak kelapa bisa menambah cita rasa minuman agar makin lezat. Cara mengkonsumsi minyak kelapa yang baik adalah dengan mencampur pada jus buah dan sayur, smoothies , teh, susu dan kopi.

Paduan minyak kelapa dalam minuman dapat mengubah teksturnya menjadi lebih kental. Selain itu, aroma khas minyak kelapa membuat minuman jadi menggoda untuk dinikmati.

Takaran yang disarankan sekitar 1-2 sendok setiap 1 gelas minuman. Campurkan ke dalam minuman yang sudah siap dikonsumsi, aduk rata. Jangan terlalu banyak menambahkan minyak kelapa ke minuman, supaya cita rasa asli minuman tidak hilang.

3. Pelengkap Makanan

Cara mengkonsumsi minyak kelapa lainnya, dengan menggunakan pengganti minyak, mentega atau margarin. Minyak kelapa bisa dijadikan campuran sup dan saus salad.

Jika sahabat sehat ingin menambahkan langsung pada makanan, lebih baik dalam keadaan makanan tidak panas. Agar, minyak kelapa tidak merusak tekstur makanan jadi dan cita rasanya bisa berpadu dengan baik.

Baca Juga
Peran Produk Olahan Sabut Kelapa

4. Untuk Menumis

Masakan yang diolah dengan minyak kelapa menghasilkan aroma yang khas. Sahabat sehat bisa memasak atau menumis aneka masakan dengan minyak kelapa.

Untuk hasil terbaik pilih minyak kelapa yang diolah khusus untuk memasak. Minyak kelapa yang diolah khusus untuk memasak memiliki titik didih tinggi, sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga dalam suhu tinggi.

5. Memasak Nasi dengan Minyak Kelapa

Sahabat sehat, menambah minyak kelapa dalam memasak nasi dapat membuat nasi lebih sehat. Dengan mencampur beras dan minyak kelapa ketika dimasak, akan terjadi bahan kimia pati dalam beras.

Pati pada beras dapat dicerna dengan lebih baik karena berubah menjadi pati resisten. Tanpa minyak kelapa, pati dari nasi putih akan cepat dicerna dan berubah menjadi glukosa dalam tubuh.

Berikut ini, cara memasak beras dengan minyak kelapa, berdasarkan tips dari Sudhair James, salah satu peneliti dari National Meeting and Exposition of American Chemical Society:

  1. Yang Pertama didihkan udara.
  2. Selanjutnya sebelum menambah beras, tambahkan minyak kelapa.
  3. Kemudian takarannya maksimal 3% dari berat beras yang akan dimasak.
  4. Setelah itu, masukan beras, masak hingga matang.
  5. Setelah matang, masukan nasi putih ke dalam kulkas sekitar 12 jam.
  6. Panaskan kembali sebelum dikonsumsi.