Cara Mengolah Kacang Mete Yang Sehat Dan Baik Dikonsumsi

Cara mengolah kacang mete yang sehat dan kandungan gizi di dalam kacang mete,juga terdapat manfaat yaitu jaga kesehatan jantung hingga tulang pada saat dikonsumsi tak berlebihan.Kacang mete goreng dengan memiliki varian rasa asin dan gurih jadi salah satu hidangan favorit saat lebaran.

Cara Mengolah Kacang Mete Yang Sehat

Cara Mengolah Kacang Mete Yang Sehat

Beberapa ini cara mengolah kacang mete yang sehat diantara lain:

1.Kacang Mete Butuh Diolah

 

Kacang mete ialah salah satu bahan pangan yang tak aman apabila langsung pada saat konsumsi di kondisi mentah.Kacang ini terkandung zat urushiol yang dapat timbulkan reaksi alergi di kulit apabila dikonsumsi dengan cara langsung.Untuk hilangkan urushiol, kacang mete butuh untuk dimasak.

Cara mengolah kacang mete yang sehat dengan dikukus.Namun, sebagian orang lebih gemar kacang mete goreng sebab  rasanya lebih gurih.Goreng juga jadi cara olah yang praktis.

2.Kalori Kacang Mete Goreng

Kalori Kacang Mete Goreng

Pada bobot yang imbang, kalori kacang mete meningkat bergantung pada proses pemasakan.Kalori pada kacang mete yang disangrai jadi 640 kkal, dibandingkan yang digoreng yaitu 680 kkal.

Inspirasi Lain:Cara Masak Kacang Panjang Yang Enak Dan Praktis

3.Kacang Mete Asin Rentan Sebabkan Hipertensi

 

Kacang mete mempunyai berbagai asam amino esensial cont leusin, valin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, dan juga serin.Asam glutamat dan asam aspartat adalah bahan alami pada mete yang berkontribusi ciptakan rasa yang gurih.Itulah dikarekan, kacang mete dapat terasa gurih walaupun tak dikasih bumbu apa pun.

Selain hal itu,  kacang mete mengandung yang menonjol ialah natrium.Kadar natrium pada dalam 100 gram kacang mete mentah ialah sekitar 12 miligram.Natrium yang terkandung ini dapat tingkat tergantung cara mengolahnya.Kadar natrium pada kacang mete panggang sebanyak 20 miligram, di bandingkan kadar natrium kacang mete goreng yang telah di beri bumbu garam sebanyak 340 miligram.

Baca Juga
Modal Usaha Kelapa Parut dan Tahapan Memulai Usahanya

Dari perbandingan itu, melihat dari proses pemasakan dan tambahan garam di kacang mete goreng asin dapat buat kadang natrium berlipat-lipat.Dikonsumsi asupan tinggi natrium sangat tak dianjurkan, sebab bisa terjadi penyakit  hipertensi.Dari itu, Anda disarankan lebih bijak dalam konsumsi mete goreng asin supaya terbebas dari hipertensi, atau biang penyakit jantung dan ginjal.

Resep Olahan Kacang Mete

1.Kacang Mete Goreng

Kacang Mete Goreng

Bahan-Bahan:

  • 1 kg kacang mete mentah
  •   Air 1,5 liter
  •  2 sdm garam
  • Secukupnya minyak goreng

Bumbu Halus:

  •  5 siung bawang putih  besar ukurannya
  •   Garam 2 sdt
  •  1 sdm gula pasir
  •   Air 2 sdm

Cara Membuat Kacang Mete Goreng:

  1. Wajan ukuran besar,  air 1,5 liter di panaskan, tak perlu hingga didih, cukup hingga panas saja.Sesudah panas api kompor di matikkan, tambahkan kacang mete yang mentah, berikan bumbu 2 sdm garam, aduk sekejab, kemudian diamkan sekitar kurang lebih 10-30 menit, sampai air keruh dan juga kulit ari yang masih nempel terkelupas atau bisa mempercepat menggunakan alat pengupas mete.
  2.  Kemudian kacang di cuci, sambil dibersihkan jika masih ada kulit-kulit ari yang bandel nempel.
  3.  Kacang di tiriskan, kemudian campurkan dengan bumbu halus, aduk hingga merata, dan biarkan masukan pada dalam kulkas sekitar kurang minimal 1 jam atau lebih lama lebih bagus kemudian keluarkan, biarkan lagi selama kurang lebih 10 menit, dan goreng gunakan api berukuran sedang cenderung kecil hingga matang.
  4.  Jika sudah tiriskan kacang, sesudah dingin, langsung disimpan pada toples  atau pun bisa menggunakan di plastik dan direkatkan dengan hand sealer.

Itulah beberapa cara mengolah kacang mete yang sehat semoga bermanfaat.