Cocopeat Sabut Kelapa yang Mudah Dibuat Untuk Para Pemula

Halo teman-teman kali ini saya akan menjelaskan tentang cocopeat sabut kelapa.. Serabut kelapa merupakan hasil samping atau ampas kelapa yang biasanya dibuang karena sudah tidak digunakan lagi. Namun, serabut kelapa bukanlah limbah kelapa, yang ada di tangan kerajinan kreatif karena beberapa kelapa dapat dibuat secara estetis dan fungsional.

Beberapa Manfaat dari Pohon Kelapa

  • Buah pohon kelapa : Dapat dikosumsi, dan juga dapat juga dibuat untuk bahan makanan.
  • Batang pohon kelapa : Dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan jembatan, rumah, kadang-kadang, dan sebagainya
  • Daun pohon kelapa : Dapat dimanfaatkan untuk pembuatan belah ketupat anak tangga, kotak di pondok, kerajinan tangan dan lainnya
  • Bunga pohon kelapa : Dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional, dan untuk kerajinan tangan membuat topi atau tas
  • Sabut Kelapa : Dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan arang.

Baca juga : Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Sabut Kelapa

cocopeat sabut kelapa

Pada saat di era industrilisasi ternyata sabut kelapa banyak dicari karena memiliki banyak manfaat, sehingga harus diolah terlebih dahulu.

Serat dari sabut kelapa atau coco fiber merupakan hasil pemisahan serat dari sabut kelepa. Coco fiber ini merupakan hasil samping dari pengolahan kopra, perdagangan kelapa dan minyyak kelapa untuk konsumsi rumah tangga.

Pasar-pasar domestik dan pasae ekspor ternyata menyerap produk dalam jumlah besar. Sebelum memasuki bisnis sabut kelapa harus diolah terlebih dahulu untuk mengolah sabut kelapa. Kelapa bila dimanfaatkan secara optimal akan memberikan manfaat, banyak pengusaha yang membuktikan bahwa manfaat mengolah sabut kelapa menjadi komoditas yang bermanfaat.

Cara Membuat Cocopeat untuk Media Tanam

cocopeat sabut kelapa

Barang yang perlu disiapkan

  • Kelapa
  • air
  • lantai
  • pencampur
  • Saring
  • Air MOL mencuci beras dan urin kelinci

Cara Membuat Cocopeat untuk Media Tanam

1. Santan Basah

Setelah mendapatkan sabut kelapa, yang harus Anda lakukan adalah menyirami sabut kelapa. Gunakan kulit kelapa sesuai kebutuhan. Lembutkan kulit kelapa agar tidak keras saat dipotong. Setelah direndam, sabut kelapa siap dipotong kecil-kecil.

Baca Juga
Kegunaan Cocopeat untuk Tanaman

2. Keringkan Kulit Kelapa

Setelah dipotong kecil-kecil, keringkan serpihan kelapa agar lebih mudah dicampur selama beberapa jam. Setelah kering dan kering, kulit kelapa bisa ditumbuk.

3. Murni

Untuk melancarkan paduan suara kelapa, Anda bisa melakukannya secara manual dengan cara mengetuk atau menggunakan blender hingga halus.

4. Saring Arang Kelapa

Ayak atau saring kulit kelapa yang sudah dicampur tersebut agar lebih halus. Jika sudah, masukkan ke dalam wadah atau toples bekas. Saring atau biji lain yang masih keras bisa ditumbuk lagi dengan blender atau dibuat menjadi sabut kelapa MOL. Batubara kelapa banyak mengandung unsur K yaitu kalium yang dapat membantu proses pembuahan. Cocopeat dapat digunakan untuk memperbanyak berbagai jenis tanaman sayuran dan buah-buahan.

5. Campurkan Sabut Kelapa yang Baik dengan MOL

Santan atau cocopeat dilunakkan, direndam dalam air yang dicampur dengan MOL 1 hari. Mol yang anda gunakan yaitu campuran 1 liter air yang sudah ditambahkan 50 cc urin kelinci dan 100 cc air cucian beras.

Aduk seluruh campuran secara merata, lalu tutup dan simpan di tempat teduh selama 1 hari. Yang bertujuan untuk nurtisi yang terkandung pada media tanam lebih lengkap, dan tentunya hasil dari semai akan lebih baik.

6. Saring Lagi

Kalau sudah 24 jam, langkah selanjutnya adalah saring serabut untuk mengurangi air rendaman. Anda bisa menggunakan kelapa kering atau cocopeat untuk media tanam dan benih.

Baca juga : Cara Membuat Bakwan Jagung yang Enak dan Praktis

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat yang menjelaskan tentang cocopeat sabut kelapa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)

Baca Juga
Usaha Santan Kelapa Segar Mudah Dijalankan!