Deretan Masjid Termegah dan Termewah di Indonesia

Menjelang Bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba, tidak ada salahnya jika kita merencanakan sebuah wisata religi ke beberapa masjid termegah di Indonesia. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa masjid termegah yang ada di Indonesia. Simak baik-baik, ya!

Indonesia Memiliki Ribuan Masjid

Menyambut momen bulan Ramadhan tahun ini, tentu Anda akan membayangkan banyak agenda. Supaya perjalanan wisata Anda lebih kekinian, tidak ada salahnya untuk pergi ke beragam kota untuk melaksanakan kunjungan masjid.

Karena Indonesia adalah negara dengan masyarakat Muslim terbesar di dunia, maka ada ribuan masjid megah dari Sabang sampai Merauke. Tidak ada salahnya Anda memiliki rencana liburan dengan mendatangi masjid termegah tersebut.

Masjid Termegah dan Terbesar di Indonesia

Jika Anda masih bingung dengan masjid mana yang akan dikunjungi, maka berikut ini daftar masjid termegah, termewah, dan terbesar di Indonesia. Semuanya sangat indah dan tentu saja juga akan semakin meningkatkan sikap syukur kita pada Tuhan.

1. Masjid Baiturrahman Aceh

Dimulai dari Nanggroe Aceh Darussalam, provinsi ini punya banyak masjid karena dijuluki sebagai “Serambi Mekah”. Masjid Baiturrahman merupakan salah satu masjid yang fenomenal karena tidak hancur ketika diterpa Tsunami tahun 2004 lalu.

Saat ini, masjid tersebut telah direnovasi sampai terlihat serupa dengan Masjidil Haram di Mekkah karena mempunyai payung yang serupa.

2. Masjid At-Tin TMII

Masjid yang berlokasi di TMII ini mempunyai nama seperti buah Tin. Namun demikian, ada arti lain dalam nama masjid yang bentuk arsitekturnya unik ini. Berdasarkan sejarah, masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto untuk mengenang Ibu Tien Soeharto.

3. Masjid Raya Makassar

Masjid yang satu ini banyak mengusung rancangan peradaban Islam Eropa. Tidak heran, karena kubah utamanya dibeli langsung secara impor dari Australia. Oleh karena itu, kalau mendatangi tempat ini maka akan ada sensasi peradaban Islam Eropa.

Baca Juga
Wisata Keluarga Di Bekasi Ke Tempat-tempat Menarik Ini

4. Masjid Islamic Center Samarinda

Jika singgah ke Samarinda, jangan lupa untuk datang ke Masjid Islamic Center di kota tersebut. Di sana ada beragam aktivitas Muslim yang sangat menyejukkan. Bukan cuma itu, keanggunan bangunan masjid ini pun terpancar dengan sangat indah.

5. Masjid Agung Demak

Raden Patah sebagai Raja Kerajaan Demak yang pertama membangun masjid bernilai estetika tinggi ini pada abad 15. Keunggulan dari masjid yang telah lama berdiri ini adalah desain Jawa yang erat dengan ukiran dan kesenian daerah. Ditambah lagi pilar-pilar dan lantainya yang juga sangat memukau.

6. Masjid Soko Tunggal Purwokerto

Masjid Soko Tunggal Purwokerto dibangun pada abad 13. Meskipun telah berusia ratusan tahun, masjid yang selesai pembangunannya pada tahun 1288 ini masih kokoh dan juga dikelilingi hutan pinus.

Keunikan dari Soko Tunggal Purwokerto adalah keberadaan habitat kera di daerah hutan pinus tersebut.

7. Masjid Rahmatan Lil-Alamin Indramayu

Dengan jenis arsitekturnya yang fantastis, Masjid Rahmatan Lil-Alamin bisa menampung 100.000 orang jamaah. Bukan cuma menjadi pusat aktivitas orang Islam, tempat ibadah yang dibangun Universitas Al-Zaytun ini juga banyak memberikan sarana untuk pembelajaran Al-Qur’an.

Jika Anda pergi ke Indramayu, jangan kaget dengan desain masjid dengan tinggi enam lantai tersebut.

8. Masjid Istiqlal Jakarta

Sebagai Warga Negara Indonesia, kita patut bangga dengan adanya masjid yang dibangun tahun 1970 ini. Karena Masjid Istiqlal Jakarta populer dengan keindahannya, bahkan tempat ini diklaim sebagai rumah ibadah terbesar untuk umat Islam se-Asia Tenggara.