Estimasi Biaya Pembuatan Landing Page Profesional

Landing page adalah alat pemasaran penting untuk merek, proyek, atau bisnis Anda. Namun untuk membuat sebuah landing page, Anda harus mengetahui terlebih dahulu estimasi biaya pembuatan landing page yang perlu Anda keluarkan.

Sebenarnya biaya pembuatan landing page tidak ada bedanya dengan biaya pembuatan website, karena pada dasarnya membuat landing page sama dengan membuat website. Satu halaman saja sudah cukup.

Salah satu hal yang paling membedakan landing page dengan halaman web biasa adalah copywriting, yaitu teknik menulis yang dapat meyakinkan orang untuk melakukan apa yang penulis inginkan. Simak pentingnya landing page terlebih dahulu!

 

Pentingnya Landing Page yang Efektif

Sebelum membahas estimasi biaya pembuatan landing page, penting untuk memahami mengapa memiliki landing page yang efektif sangat penting. Landing page bukan sekadar halaman web biasa melainkan  alat pemasaran yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan tertentu. Sasaran-sasaran tersebut dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan, mengumpulkan informasi pelanggan, atau mempromosikan produk atau layanan.

Keberhasilan landing page tidak hanya bergantung pada desain visualnya, namun juga pada sejumlah faktor lain, termasuk pengalaman pengguna, pesan yang disampaikan, dan kejelasan ajakan bertindak. Dengan kata lain, landing page harus efektif dalam memandu pengunjung mengambil tindakan yang diinginkan.

 

Faktor Penentu Harga

Jadi, terdapat dua hal penting yang perlu Andadiperhatikan pada Landing Page:

  1. Copywrting
  2. Desain landing page

Kedua faktor ini paling mempengaruhi harga. Untuk domain dan hosting relatif bisa menekan atau bahkan meminjam pada vendor terkait, karena sifat Landing Page ini yang biasanya tidak bertahan lama.

Namun, akan lebih baik jika Anda juga memiliki website. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi jasa pembuatan landing page untuk membuat landing page sendiri.

Copywriting

Copywriting adalah proses penulisan materi pemasaran atau promosi persuasif yang akan memotivasi pembaca untuk mengambil tindakan sesuai keinginan penulis. Tindakan ini tidak selalu harus membeli suatu produk, ada banyak macamnya:

  1. Lakukan pembelian
  2. Mengklik tautan atau link
  3. Menyumbangkan
  4. Isi biodata
  5. Dll

Jadi, dari segi tujuannya sangat luas. Copywriting juga bisa digunakan untuk kejahatan jika pembaca tidak hati-hati dalam mengolah informasi.

Desain Landing Page

Desain dan penulisan akan sangat mempengaruhi pembaca. Desain yang baik bukanlah desain yang rumit, melainkan desain yang sederhana dan jelas, sehingga pembaca tidak kebingungan dalam mengikuti teks yang dibacanya.

Ada dua faktor penting yang perlu diperhatikan dalam membuat suatu desain, yaitu desain dan kesederhanaan.

 

Estimasi Biaya Pembuatan Landing Page

biaya landing page

 

Berdasarkan faktor-faktor di atas, berikut estimasi biaya pembuatan landing page di Indonesia:

  1. Landing page sederhana (1-2 halaman, desain sederhana, tanpa fitur tambahan)
    Buat sendiri : Rp 500.000 – Rp 1.000.000
    Pelayanan profesional : Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000
  2. Landing page yang kompleks (3-5 halaman, desain rumit, dengan fitur tambahan)
    Buat sendiri : Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000
    Pelayanan profesional : Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000

 

Tips Menghemat Biaya Pembauatan Landing Page

Membuat Landing Page Sendiri

Jika Anda memiliki keterampilan desain dan pengembangan web, pertimbangkan untuk membuat landing page Anda sendiri menggunakan platform pembuat landing page yang tersedia secara gratis atau dengan harga terjangkau.

Menggunakan Template

Jika Anda tidak memiliki keahlian desain, manfaatkan templat landing page yang tersedia gratis atau berbayar. Penggunaan templete tentu akan menghemat waktu dan biaya.

Pilih Layanan Profesional yang Tepat

Jika Anda memilih jasa pembuatan landing page profesional, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Bandingkan harga dan layanan dari beberapa penyedia layanan sebelum mengambil keputusan.

Pertimbangkan Hosting dan Domain

Cek paket hosting yang terjangkau dan sudah termasuk domain gratis atau murah.  Penggunaan hosting dan domain yang terjamin tentu akan membantu mengurangi biaya untuk kedepannya.

Mengoptimalkan Fitur yang Digunakan

Pertimbangkan untuk mengurangi fitur tambahan yang mungkin tidak diperlukan. Landing page sederhana seringkali lebih efektif dan ekonomis.

Gunakan Gambar dan Media yang Terjangkau

Hindari menggunakan media premium yang mahal. Gunakan gambar stok bebas royalti atau terjangkau.

Memantau dan Mengevaluasi

Setelah landing page selesai, terus pantau dan evaluasi kinerjanya. Pengoptimalan berdasarkan data pengguna dapat menghindari biaya tambahan untuk perubahan signifikan.

 

Dengan merencanakan secara matang dan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat membuat landing page yang efektif tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak uang.