Hal-hal Terbaik yang Dapat Dinikmati di Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota paling terkenal di Jawa dan juga salah satu yang paling menarik. Dikenal di seluruh Indonesia sebagai ibukota budaya negara dan juga kota universitas yang memiliki reputasi untuk menarik seniman dan intelektual yang berduyun-duyun ke sini untuk menikmati pemandangan seni dan budaya kafe. Kota ini juga terkenal di Indonesia karena secara teknis kesultanan dan keluarga kerajaan telah menjadi perlengkapan kota sejak 1700-an. Akibatnya, banyak objek wisata Yogyakarta yang berhubungan dengan bangsawan, tetapi, sesuai dengan akarnya yang dipelajari, Anda juga akan menemukan banyak museum di sini serta bengkel dan toko kerajinan.

Yogyakarta juga terkenal dengan lingkungannya yang terkenal, karena terletak di dasar Gunung Merapi dan dekat dengan tempat wisata ikonik di Jawa seperti candi Borobudur dan Prambanan. Banyak orang menggabungkan perjalanan ke Yogyakarta dengan mengunjungi situs-situs ini, tetapi jika Anda hanya memiliki waktu untuk mengambil bagian utama kota maka Anda masih dapat menikmati berbagai restoran, kafe, monumen kuno, dan tempat-tempat perbelanjaan.

Mari kita jelajahi hal-hal terbaik yang dapat dilakukan di Yogyakarta:

1. Bersantai di Pantai Indrayanti

Banyak pengunjung ke Yogyakarta tidak akan menyadari bahwa itu sebenarnya terletak dekat dengan Samudra Hindia dan sebenarnya sisi selatan kota membentang di sepanjang garis pantai dan terdiri dari Pantai Indrayanti.

Potongan pasir keemasan di sini bersih dan menarik dan Anda juga akan menemukan berbagai kafe dan kios kecil Indonesia yang didirikan di sepanjang garis pantai di mana Anda bisa mendapatkan beberapa hidangan mie sederhana serta minuman dingin dan kelapa.

2. Perjalanan ke Museum Sono-Budoyo

Yogyakarta adalah kota yang dipenuhi museum, dan salah satu yang terbaik adalah Museum Sono-Budoyo yang memiliki koleksi seni Jawa yang dipamerkan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang seni dari wilayah ini, Anda dapat mengunjungi museum dan mengunjungi galeri yang didedikasikan untuk boneka, topeng, persenjataan, dan tekstil Indonesia.

Museum ini menghadap ke sebuah halaman yang tercakup dalam arsitektur Hindu dan Anda akan menemukan banyak hiasan ukiran dan patung.

Salah satu yang menarik dari museum adalah pertunjukan boneka yang juga berlangsung di sini.

3. Jelajahi Kraton

Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat mungkin merupakan daya tarik paling terkenal di Yogyakarta dan merupakan nama lain dari Istana Kerajaan.

Sultan dan keluarganya masih tinggal di sini, meskipun Anda dapat mengunjungi Museum Kraton di mana Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang keluarga kerajaan serta mendapatkan wawasan tentang seni dan budaya tradisional Jawa.

Jika mungkin cobalah mengatur waktu kunjungan Anda sehingga Anda berada di daerah sekitar jam 9 pagi, karena ada pertunjukan budaya yang diadakan di sini setiap hari.

4. Pergi arung jeram di Sungai Progo

Jika Anda ingin keluar dan berkeliling di Yogyakarta maka lakukan perjalanan ke Sungai Progo yang cantik dan sewa kayak dan arung jeram di jeram.

Ini adalah tempat yang agak tidak biasa di Yogyakarta karena memungkinkan Anda untuk keluar dari kota tanpa membawa Anda terlalu jauh dari aksi utama.

Sorotan besar dari arus deras adalah kesempatan untuk menikmati flora dan fauna yang subur dari sudut pandang air sambil memompa adrenalin Anda.

Jika Anda berhasil sampai ke Sungai Progo Anda juga dapat menggabungkan kunjungan dengan Sungai Elo yang berdekatan pada saat yang sama.

5. Gudeg

 

Yogyakarta terkenal dengan makanannya yang terkenal dan yang paling terkenal adalah Gudeg. Ini pada dasarnya terdiri dari nangka yang direbus dengan santan untuk membentuk semacam kari. Disajikan dengan nasi dan jangan sampai terlewatkan jika Anda berada di kota, dan beberapa tempat terkenal untuk menemukannya termasuk Bale Raos, Ibu Ageng, dan Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan.

Jika Anda ingin mencoba berbagai suguhan khas dari Yogyakarta maka Anda juga dapat mengikuti wisata makanan dan ini menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa perusahaan untuk dipilih.

6. Kunjungi hewan-hewan di Kebun Binatang Gembira Loka

Jika Anda ingin melihat beberapa flora dan fauna di Yogyakarta maka kunjungan ke Kebun Binatang Gembira Loka adalah pilihan yang baik.

Kebun binatang ini terletak di sebelah tenggara kota dan Anda akan menemukan sejumlah besar reptil dan burung di sana-sini jelas ada penekanan pada spesies asli Indonesia.

Kebun binatang ini memiliki suasana yang tenang dan tenteram dan Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati pemandangan tropis serta mengunjungi berbagai kandang binatang.

7. Bergabunglah dengan sebuah Workshop

Yogyakarta dikenal sebagai ibukota seni dan kerajinan Indonesia dan jika Anda ingin mendapatkan tangan maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendaftar untuk lokakarya kerajinan tangan.

Hanya beberapa pilihan termasuk bengkel kulit di mana Anda akan diajarkan bagaimana membuat barang-barang fashion seperti dompet dari kulit, atau Anda dapat mempelajari teknik tekstil paling terkenal di Indonesia yang disebut ‘batik’. Ini melibatkan membuat pola pada kain dengan lilin sebelum sekarat kain berbagai warna, dan Anda juga dapat membeli potongan batik warna-warni di seluruh kota.

Tempat terbaik untuk mendaftar kursus batik adalah di lingkungan yang mengelilingi Kraton atau Istana Kerajaan.

Jika anda tertarik untuk mengelilingi destinasi wisata Jogja, anda dapat merental mobil untuk travelling berkelompok supaya dapat menghemat anggaran.