Harga Briket Serbuk Kayu

Harga Briket Serbuk Kayu yang Murah

Harga briket serbuk kayu kini murah. Karena membuat briket dari serbuk kayu cukup mudah . kayu yag sudah mulai rapuh karena dui makan usia dan rayap banyak menimbulkan masalah dalam penangananya selama kini di beriarkan membusuk, di tumpuk dan di bakar yang semuanya berdampak negative terhadap lingkungan.

Tetapi bagi andan yang cukup kreatif kayu yang sudah tua dan dimakan rayap dapat di hancurkan dan diambil serbuknya, serbuk kayu dapat di olah menjadi briket.

Lebih lengkapnya baca Briket

Cara pembuatanya juga cukup mudah jika serbuk kayu mudah terbakar . briket tersebut yang terbuat dari limbah gergaji kayu tersebut mempunyai harga yang cukup jauh lebih murah dari pasa briket batu bara.

Cara Membuat Briket Serbuk Kayu

Harga Briket Serbuk Kayu

Jika di bandingkan dengan penggunaan gas alam dan minyak tanah, briket dari serbuk kayu lebih efektif dan dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari hari. Jika anda ingin tertatik untuk membuat briket dari serbuk kayu berikut ialah cara pembuatnya.

Peralatan :

  • Ayakan ukuran bebas 50 dan 70 mesh
  • Cetakan briket
  • Oven

Bahan :

  • Kayu yang selesai diolah menjadi serbuk kayu menggunakan mesin pengancur kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

Tahapan Pembuatan Briket Serbuk Kayu:

1.    Pengarangan

Kayu yang masih sempurna kemudian di hancurkan menggunakan mesin penghancur kayu untuk diambil serbuknya dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual atau dibakar.

2.    Pengayakan

Pengayakan ialah untuk menghasilkan arang serbuk kayu dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran 50 dan tempurung kelapa 70 mesh.

3. Pencampuran media

Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 dan arang tempurung kelapa 10 %. Saat dikonbinasikan masukan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji.

Baca Juga
Cara Merawat Kambing Agar Cepat Besar

4. Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan bahan tersebut tercampur merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan mesin briket dan ditempa.

Jika anda ahli mengolahnya, pasti akan anda mendapatkan keuntungan tersendiri, karena meningkatkan omzet penjualan. Anda dapat mengembangkan bisnis briket serbuk kayu tersebut sampai menjadi bentuk industri yang besar lagi.

Manfaaat Termasuk Dalam Harga Briket Serbuk Kayu

Serbuk gergaji ialah limbah yang di peroleh dari hasil gergajian yang di lakukan di tukang kayu biasanya di hasilka penghalus dari kayu dan proses penggergajian kayu yang menggunakan alat penghalus. Serbuk kayu yang berbentuk limbah dari penghausan kayu mempunyai berbagai manfaat. Yaitu sebagai berikut

1.    Sebagai Bahan Campuran Pembuatan Meubel

Beberapa pabrik meubel yang besar tidak menggunakan bahan kayu yang sempurna untuk membuatnya, karena untuk menekan harga produksi. Maka dari itu produk produk meubel, seperti meja belajar dan lemari kecil dijual dengan harga yang related murah.

2.    Bahan Pembuatan Batako

Teknologi kini membutuhkan serbuk gergaji kayu sebagi bahan yang dicampurkan ke dalam adonan pembuatan batako maka dapat menekan harga produksi. Dan kualitasnya tidak akan kalan dari jenis yang tidak menggunakan serbuk kayu gergaji.

3.    Media Tanam

Meia tanam yang terbuat menggunakan serbuk kayu biasanya dapat menyerap unsur hara dan ari dengan optimal, maka kesuburan tumbuhan yang di tanam terjaga dan baik. Media tanam dari serbuk kayu dapat di masukkan pot kecil atau polybag.

4.    Mengolah Dan Pembuatan Kertas

Dalam kehiudpa sehari hari sering menggunkan kertas. Bahan dasarnya ialah kulit kayu, kemudian hubungannya dengan serbuk kayu ialah dapat di manfaatkan untuk pembuatan ketas. Limbah serbuk kayu dii manfaatkan untuk diolah sebagai kertas daur ulang, biasanya kertas tersebut berwarna coklat dan juga terkturnta kasar.pada umumnya kertas yang daur ulang tersebut sering dimanfaatkan pada kegiatan yang sifatnya estetika dan berhubungan langsung dengan kesenian dan kerajinan tangan.

Baca Juga
Keripik Singkong Rasa Jagung Bakar

Kelemahan produk meubel yang bahannya dicampur dengan serbuk gergaji kayu ialah sebagai berikut :

  • Mudah keropos dan lapuk,
  • Tidak akan bertahan lama, dan
  • Sering menimbulkan kotoran di lantai karena rapuh dan sudah keropos.

jadi itulah kelemahan dari produk meubel