12 Ide dan Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ide dan Peluang Usaha – Jika Anda sedang mencari pemasukan tambahan selain dari gaji pokok, maka menjadi pengusaha merupakan salah satu caranya. Di kutip dari kemenkeu.go.id jumlah UMKM mencapai 64,2 juta Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Pada tahun 2022 ini, terdapat banyak Ide dan Peluang Usaha baru yang menjanjikan yang bisa dicoba.

Dan tentu saja akan menjadi sangat baik jika Anda segera dirintis dalam waktu dekat. Lantas, apa saja peluang usaha baru yang bisa Anda mulai rintis? Berikut ulasan lengkapnya:

Apa saja Ide dan Peluang Usaha yang Menjanjikan?

usaha modal kecil

1. Usaha Henna

Peluang usaha baru yang menjanjikan pertama adalah usaha henna. Jenis usaha yang satu ini hanya membutuhkan keterampilan tangan saja ketika melukis memakai henna. Lukisan tersebut nantinya akan diukir di anggota tubuh, maka dari itu sangat dibutuhkan keterampilan tangan yang baik. Usaha ini juga sangat menjanjikan di masa depan, karena kebanyakan pengantin zaman sekarang pasti menggunakan henna di tangan mereka.

2. Usaha Paper Flower

Ide dan Peluang usaha baru yang menjanjikan selanjutnya yang bisa mulai dilakukan adalah membuat paper flower. Biasanya usaha ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sangat tinggi pada bidang dekorasi. Usaha paper flower akan banyak dicari oleh orang-orang yang akan mengadakan acara besar seperti lamaran, syukuran, pesta ulang tahun dan acara formal lainnya. Apabila Anda memiliki teman dekat, maka cobalah teman Anda untuk terlibat dalam bisnis ini.

3. Usaha MUA (Make-Up)

Usaha rias-merias saat ini sudah menjadi ide dan peluang usaha baru yang menjanjikan. Mengapa? Karena modal yang dibutuhkan tidak besar, tetapi banyak yang membutuhkan. Hal utama yang dibutuhkan untuk memulai usaha ii adalah kemampuan dan bakat Anda dalam memoles wajah seseorang menjadi terlihat sangat sempurna. Biasanya, orang-orang yang membutuhkan jasa rias-merias adalah mereka yang akan melaukan pernikahan, lamaran, wisuda dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Usaha Barbershop

Sama seperti kedua usaha lainnya, usaha barbershop juga termasuk ide dan peluang usaha baru yang menjanjikan yang menjanjikan karena Anda hanya dituntut memiliki kemampuan dalam memotong rambut. Terlebih lagi di zaman sekarang ini, model rambut berganti-ganti sehingga setiap pemotong rambut harus menguasai bagaimana model-model rambut yang sedang hits pada saat itu. Umumnya, usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, karena tidak harus menyewa ruko, Anda bisa manfaatkan rumah sendiri untuk merintis lebih dulu. Itulah mengapa usaha barbershop menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan di tahun 2020.

Baca Juga
Cara Sederhana Memprakarsai Upaya Budidaya Tumbuhan Hias Omset Jutaan

5. Usaha Sewa Dekorasi Photobooth

Peluang usaha baru yang menjanjikan di tahun 2020 berikutnya adalah sewa dekorasi photobooth. Usaha ini sebenarnya sudah mulai naik sejak tahun 2019, tetapi mengalami banyak peningkatan di tahun 2020. Sebab, hampir seluruh acara seperti lamaran, pernikahan, seminar dan lain sebagainya pasti menyediakan stand photobooth untuk para tamu undangannya, sehingga Anda bisa memanfaatkan usaha ini sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan di masa depan.

Bonus! Tips optimasi akun Instagram untuk Promosi

peluang bisnis menjanjikan

Ada banyak cara menggunakan sosial media terutama instagram sebagai ladang bisnis baik menggunakan iklan berbayar ataupun memanfaatkan akun pribadi sebagai media promosi. Namun terlebih dahulu akun instagram tersebut harus di optimasi. Misalnya megatur feed instagram secara unik seperti yang dilakukan oleh selebgram-selebgram terhadap feed mereka.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah memiliki jumlah pengikut yang lumayan banyak. Sebab jumlah pengikut di Instagram terbukti menambah kepercayaan calon pembeli ketika sedang melihat product yang kita jual. Anda dapat menggunakan aplikasi optimasi berbayar yang sangat banyak tersedia saat ini.

Jika anda terkendala pada biaya ketika ingin menggunakan aplikasi berbayar, sebagai alternatif anda dapat menggunakan aplikasi Auto Followers Instagram. Situs ini sepenuhnya gratis dan aman ketika digunakan. Dengan menggunakan situs ini, anda dapat memperbanyak followers instagram gratis setiap harinya.

6. Usaha Jual Beli Barang Antik

Bagi para pecinta barang antik, maka sudah saatnya melihat usaha ini sebagai ide dan peluang usaha baru yang menjanjikan saat ini. Sebab, ada banyak orang yang saat ini sangat tertarik untuk memiliki barang-barang antik seperti motor, mobil, mainan dan lain sebagainya. Jadi, jika Anda memiliki banyak barang antik di rumah, maka bisa mulai mendagangkannya kepada orang-orang yang suka mengkoleksi barang-barang antik. Pastinya dengan cara tersebut, Anda bisa meraih banyak keuntungan besar.

Baca Juga
5 Investasi Terbaik Paling Menguntungkan Untuk Keluarga

7. Usaha Sewa Kasur

Peluang usaha baru yang menjanjikan dan bisa dicoba saat sekarang adalah sewa kasur. Bisnis ini sebelumnya sudah dilirik oleh banyak orang karena omset yang dihasilkan sangat-sangat besar. Jika Anda tertarik, anda bisa memulainya dengan membuat website dan mengeluarkan modal sedikit lebih besar tentunya untuk membeli kasur dan alat transportasi yang akan digunakan untuk mengantarkan kasur kepada konsumen yang menyewa.

8. Usaha Food Truck

Peluang usaha baru yang menjanjikan adalah usaha yang dianut dari luar negeri yang banyak digunakan untuk berjualan es krim, yakni food truck. Jika di luar negeri digunakan untuk menjual es krim, maka di Indonesia disulap menjadi truck untuk menjual kuliner dari makanan berat sampai dengan minuman. Foor truck mulai dilirik untuk menghindari penyewaan toko yang harga sewanya sangat-sangat besar. Jadi, daripada menyewa toko, lebih baik diinvestasikan untuk membeli kendaraan yang bisa disulap menjadi food truck. Menggunakan food truck, Anda bisa berjualan di mana saja dan berpindah-pindah kapanpun Anda mau.

9. Usaha Budidaya Ikan

 Usaha budidaya ikan menjadi ide dan peluang usaha baru yang menjanjikan lainnya yang bisa dicoba. Memang sudah banyak yang melakukan usaha ini, namun baru-baru ini saja usaha ini booming dan mulai banyak yang menggeluti lantaran omset yang dihasilkan sangat fantastis. Terlebih lagi, jika Anda hidup di lingkungan yang sangat minim pemasok ikan, maka dengan menggeluti usaha budidaya ikan akan memberikan prospek yang sangat cerah. Anda bisa membudidayakan ikan hias dan ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

10. Usaha Cuci Sepatu

Ide dan Peluang usaha baru yang menjanjikan selanjutnya adalah usaha cuci sepatu. Mengapa? Karena saat ini, kebanyakan masyarakat Indonesia malas mencuci sepatu sendiri, maka inilah waktu yang tepat untuk melirik usaha tersebut. Anda hanya perlu membeli peralatan cuci, sabun khusus cuci sepatu serta membayar biaya air untuk memulai bisnis ini. Tidak perlu menyewa bangunan, Anda bisa membukanya langsung di rumah Anda.

Baca Juga
Jasa Bikin Web Sales Mobil Bergaransi

11. Usaha Membuat Ternak Kroto

Kroto merupakan semut rangrang yang memiliki harga mahal untuk setiap kilogramnya. Usaha kroto menjadi ide dan peluang usaha baru yang menjanjikan karena keberadaannya saat ini sudah sangat jarang ditemui di alam lepas. Apabila Anda memiliki hobi beternak, maka tidak ada salahnya untuk beterneak kroto, karena telur-telurnya nantiny bisa dijual sebagai pakan ikan dan burung. Biasanya harga telu kroto untuk pakan burung dan ikan, harganya sekitar Rp150 ribu untuk setiap kilgogramnya. Usaha ini juga sangat mudah dilakukannya. Namun jika ingin memulai usaha ini, Anda harus menyediakan rak dan toples lebih dulu untuk tempat kroto bertelur. Umumnya, dalam suatu toples, Anda bisa memanen sekitar 1 sampai 2 ons telur korto. Biasanya, periode untuk memanen ternak kroyo yaitu 15-20 hari dan semua akan tergantung bagaimana cara Anda merawatnya.

12. Usaha Jasa Terjemahan

Jasa terjemahan juga termasuk ide dan peluang usaha baru yang menjanjikan karena baru banyak dilakukan dalam beberapa waktu terakhir. Padahal usaha ini bisa mendatangkan banyak keuntungan dalam jumlah yang tidak sedikit. Terlebih lagi untuk memulai usaha ini tidak akan sulit ketika Anda sudah memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Anda bisa melakukannya di rumah dan mengiklankannya di akun media sosial pribadi milik Anda. Jika tidak ingin langsung membuka usaha, Anda bisa mulai merintisnya dengan freelance di akun-akun penyedia pekerjaan penerjemah.

Demikianlah 12 ide dan peluang usaha baru yang menjanjikan yang bisa mulai Anda tekuni di tahun 2020 ini. Memulai usaha memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa untuk dicoba.