Ide Usaha Kreatif Inovatif Dan Unik Berbahan Pelepah Jagung

Dewasa ini banyak masyarakat berlomba-lomba menciptakan hasta karya terbaik berbahan bekas dari alam agar memiliki daya tarik seni yang tinggi untuk semua orang. Dimana, selain bahannya tahan lama, memiliki keunikan tersendiri. Contoh ide usaha kreatif inovatif berbahan pelepah kulit jagung kering. Banyak sekali yang dapat dibuat menggunakan kulit jagung ini.

Pelepah jagung yang digunakan adalah pelepah dengan tekstur mulus dan bagus serta tidak mengandung air. Dengan memilih pelepah yang tidak gosong, maka dapat dijahit menggunakan mesin membentuk pola-pola untuk kebutuhan sehari-hari. Ide usaha kreatif inovatif berbahan pelepah jagung memiliki harga jual mahal. Karena ciri khas dari kulit pelepah jagung artistik.

1. Tempat Tisu

Barang pertama yang dapat diolah dari pelepah kulit jagung kering untuk membuat tempat tisu. Biasanya warna coklat gelap dan terang pada pelepah ini saling dikombinasikan saat pembuatannya sehingga memunculkan gradasi dua warna yang indah. Pelepah kulit jagung bisa menjadi hiasan penutup kotak tisu, agar lebih indah kilatkan menggunakan pernis atau pun cat.

2. Tas Anyam

Bukan bambu atau batang genjer yang bisa dianyam menjadi tas, ternyata, pelepah kulit jagung jika dibuat dengan teliti dan sabar, bisa menciptakan karya yang indah berbentuk tas. Ini cocok bagi para wanita yang suka terhadap fashion antik bertemakan alami. Tas berbahan anyaman pelepah ini jika dikenakan akan membuat pemakainya terlihat antik.

3. Gantungan Kunci

Pelepah kulit jagung juga dapat diolah menjadi hiasan gantungan kunci. Dimana, pengrajin membuat kerajinan gantungan kunci berbahan pelepah ini untuk souvenir. Baik saat acara resmi maupun pernikahan. Gantungan kunci ini sangat tradisional sekali untuk dilihat, tapi tetap lucu. Yang terpenting adalah campurkan kombinasi warna yang berbeda menjadi tiga warna menarik.

Baca Juga
Produk Olahan dari Tanaman Cengkeh dalam Dunia Industri

Itulah ide usaha kreatif inovatif dengan memanfaatkan pelepah kulit jagung menjadi sebuah bisnis menjanjikan. Selain terlihat cantik, usaha kerajinan ini memiliki modal sedikit namun keuntungan besar. Yang penting cara mengolah pelepah tersebut disulap menjadi bermanfaat dan layak pakai serta memiliki nilai keindahan yang nyaman untuk dipandang mata.