Jenis dan Kriteria Backlink yang Perlu Diketahui

jenis dan kriteria backlink – Backlink merupakan link yang dipasangkan pada sebuah website yang mengarah ke website Anda. Contohnya, website A adalah website Anda dan website B adalah website orang lain yang kemudian website B tersebut memberikan tautan pada salah satu halamannya pada website A.

Terdapat pemberi dan penerima backlink pada proses backlink. Anda adalah pemberi backlink ketika meletakkan link pada website orang lain di website Anda. Sedangkan penerima backlink yaitu website yag mendapatkan link dari pemberi backlink.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tetang jenis dan kriteria backlink. Jadi simak terus artikel ini agar mengetahuinya.

Jenis dan Kriteria Backlink

Yang pertama kita akan membahas tentang jenis – jenis backlink. Terdapat beberapa jenis tautan eksternal yang umumnya digunakan untuk membuat konten agar lebih kredibel di mata audiens. Berikut ini beberapa jenis backlink :

1. Do-follow Links

Jenis tautan do-follow links tidak mengandung atribut apapun. Tautan do-follow berdampak pada peringkat situs web serta membantu Anda untuk memperoleh posisi yang lebih tinggi pada mesin pencarian Google.

Jika dibandingkan dengan tautan yang lainnya, do-follow adalah link yang sangat berharga serta mempunyai pengaruh besar pada SEO.

2. No-follow Links

Sedangkan no-follow links adalah konten yang mempunyai tautan eksternal no-follow tidak akan terindex oleh Google pada search engine. Walaupun tidak begitu berharga bagi Google, namun Anda tetap membutuhkannya di website sebagai penyeimbang do-follow links.

Sebab konten yang mengandung do-follow link terlalu banyak dapat dianggap sebagai spam oleh Google serta mungkin website tidak dapat bersaing pada search engine.

3. Sponsored or Paid Links

Selain itu juga ada tautan eksternal pada konten yang disebut sebagai sponsored or paid link. Sama seperti namanya, tautan ini adalah link layanan berbayar atau sponsor produk. Dengan ini, Google dapat mengidentifikasi tautan promosi untuk bisa ditampilkan pada halaman hasil pencarian.

Baca Juga
Konseling Pra-Nikah - Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

4. UGC Links

UGC links adalah jenis tautan konten buatan pengguna. Dengan menambahkan UGC links, situs web Anda akan memberitahukan pada Google tentang tautan mana yang dibuat oleh pelanggan atau pengguna.

Untuk Anda yang sedang mencari jasa backlink maka direkomendasikan menggunakan jasa link pbn yang sudah mempunyai backlink berkualitas, lolos plagiat, dan tentunya aman.

Yang selanjutnya adalah kriteria backlink. Berikut ini beberapa kriteria backlink berkualitas :

1. Terindeks Google

Terindeks Google merupakan kriteria yang paling penting. Anda harus membuat backlink di website yang telah terindeks Gooogle. Sebab jika tidak, maka backlink yang Anda buat akan menjadi suatu hal yang sia – sia.

2. Trafik Website

Anda juga harus mempertimbangkan jumlah trafik yang diperoleh oleh sebuah website sebelum melakukan backlink. Terdapat beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui trafik sebuah website, contohnya adalah alexa.

3. Mempunyai Otoritas yang Baik

Pastikan bahwa website yang ingin Anda gunakan untuk backlink mempunyai otoritas yang baik. Sebab website yang mempunyai otoritas yang baik biasanya mempunyai kredibilitas yang baik pula atau bisa dipercaya banyak orang. Anda dapat menggunakan Small SEO Tools untuk mengetahui otoritas sebuah website.

4. Kualitas Outbond Link

Outbond link merupakan link yang diberikan dari website Anda mengarah ke website lainnya yang dianggap terpercaya dan mempunyai otoritas yang baik. Outbond link juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan backlink.

5. Relevansi

Untuk mendapatkan dampak yang positif dari backlink maka Anda harus medapatkan backlink yang relevan. Untuk mengetahui sebuah website relevan atau tidak dengan website Anda, Anda dapat melihat berdasarkan konten, jasa, atau produk yang ditawarkan.

Baca Juga
Ide Jualan Minuman Kekinian Modal Kecil

Demikianlah artikel tentang jenis dan kriteria backlink. Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan Anda semua.

Terimakasih.