Mengenal Jenis-Jenis Landing Page yang Cocok untuk Bisnis

Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk pemasaran atau kampanye tertentu. Tujuannya adalah mengarahkan pengunjung ke tindakan tertentu, seperti mengisi formulir, melakukan pembelian, atau mendaftar buletin. Ada jenis-jenis landing page yang biasa digunakan dalam bisnis, masing-masing memiliki tujuan berbeda.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis landing page serta kegunaannya. Mari simak penjelasan mengenai landing page yang perlu Anda ketahui.

 

Penjelasan Landing Page

landing page

Tentu saja. Jika Anda sering menjelajah internet, baik disadari maupun tidak, Anda mungkin pernah mendarat di landing page. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya landing page itu

Landing page merupakan halaman khusus yang dibuat dengan tujuan tertentu, yaitu mengarahkan pelanggan pada suatu tindakan seperti melakukan pembelian, melakukan pemesanan, atau mengisi formulir. Biasanya pelanggan mengklik iklan atau promosi Anda dalam bentuk apapun, kemudian diarahkan ke website. Jadi landing page disebut halaman arahan.

Landing page berisi informasi tertentu, seperti detail produk/layanan, fitur, manfaat, media digital (ebook, video, audio), tombol tindakan, dan lain-lain. Landing page ini akan sangat berguna dalam kampanye pemasaran perusahaan Anda, karena peranannya yang penting dalam mengubah pelanggan yang masuk menjadi transaksi.

Karakteristik Landing Page:

  • Landing page merupakan halaman yang mempunyai fungsi khusus pada sebuah website;
  • Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan cepat melakukan transaksi di website.
  • Mengundang pengguna untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya membeli suatu produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Sekarang, Anda memahami landing page serta karateristik dari landing page. Agar pemahaman Anda lebih dalam, pada bagian selanjutnya kita akan membahas tentang apa yang membuat landing page Anda menjadi sempurna untuk strategi marketing.

 

Apa yang Membuat Landing Page Anda Tampak Hebat?

Secara umum landing page yang baik terdiri dari:

  • Judul berisi kata kunci bisnis utama.
  • Subjudul yang mendukung pernyataan judul agar terlihat lebih meyakinkan.
  • Gambar, video, ilustrasi, atau bahkan tombol CTA (Call to Action) yang mendukung kebutuhan pemasaran.
  • Anda juga bisa menyertakan bukti pendukung seperti review, testimoni, atau nama perusahaan yang pernah menggunakan produk Anda.

Namun, desain yang tepat akan bergantung pada tujuan, bisnis, dan website itu sendiri. Jadi, Anda bisa menampilkan website terbaik melalui domain yang sesuai juga. Jangan khawatir karena Anda bisa mendapatkan landing page dengan cara menggunakan layanan jasa pembuatan landing page.

 

Jenis-Jenis Landing Page

Apa saja jenis-jenis landing page berdasarkan tujuan dan kegunaannya? Jika diperhatikan tujuan dan kegunaannya secara spesifik, landing page dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

Lead Generation Landing Page

Anda dapat menggunakan jenis landing page ini untuk mengumpulkan data prospek (lead) dan dihubungi kapan saja untuk menawarkan produk/jasa perusahaan Anda.

Semakin banyak data pelanggan yang Anda kumpulkan, semakin tinggi tingkat konversinya. Pasalnya, orang yang mengisi formulir di landing page seringkali tertarik.

Ciri-ciri landing page jenis ini biasanya pendek, menarik, dan langsung pada intinya. Formulir akan memegang peranan penting pada landing page ini karena digunakan untuk memperoleh data pelanggan.

Click Through Page

Kemudian untuk landing page click-through sering digunakan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan menggunakan model pemasaran B2C.

Jenis landing page ini bertujuan untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian di website dengan memberikan berbagai wawasan kepada mereka.

Yang membuat landing page ini unik adalah adanya tombol sederhana yang meminta pelanggan melakukan tindakan seperti “Beli Sekarang”, “Mendaftar Kursus”, dan banyak lagi.

 

Tips Memilih Jenis Landing Page

Apa saja Tips yang dapat dilakukan untuk Memilih Jenis Landing page? Dalam memilih jenis-jenis landing page, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

Tujuan bisnis Anda

Jenis landing page yang Anda pilih harus sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengumpulkan data pengunjung situs web, Anda dapat menggunakan landing page pembuatan prospek.

Audiens target Anda

Anda perlu memahami audiens target Anda untuk membuat landing page yang efektif. Misalnya, jika target audiens Anda adalah orang-orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda, Anda dapat menggunakan landing page detail produk.

Biaya yang Anda Miliki

Biaya pembuatan landing page bervariasi tergantung pada jenis dan kompleksitas landing page. Anda perlu mempertimbangkan anggaran Anda sebelum mengambil keputusan.

 

Itulah tadi jenis landing page serta tips yang dapat Anda terapkan untuk Mencari landing page yang tepat untuk bisnis, Anda dapat memaksimalkan kinerja dan desain pada landing page dengan jasa pembuatan landing page. Hal ini tentu akan membantu Anda dalam desain sesuai dengan kriteria landing page bisnis Anda