Jenis Makanan Domba Yang Menyehatkan

Jenis makanan Domba-Memiliki hasil yang lebih maksimal dari beternak domba? Tentu yang diperlukan adalah kualitas dan jenis pakan domba yang diberikan. Ternak domba mampu menjadi usaha ternak yang sangat menggiurkan. Terutama dengan perawatan dan  pemberian  pakan domba supaya cepat gemuk.

Kambing merupakan salah satu jenis ternak yang cukup digemari dan sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat, tetapi skala usahanya masih terbatas dengan sistem pemeliharaan dan  perkembangbiakan yang masih tradisional. Meskipun secara tradisional sudah memberikan hasil yang tidak mengecewakan, Jika pemeliharaannya ditingkatkan.

Pemeliharaan ternak kambing sangat praktis sebab tidak membutuhkan keterampilan yang spesifik, sehingga peternak barupun bisa secara cepat belajar manajemen pemeliharaan. Usaha ternak kambing pada pedesaan, tidak memerlukan modal yang besar, sebab dapat dilakukan menggunakan sistem gaduhan (bagi akibat anak), ataupun dengan pembelian induk yang tak terlalu mahal Jika dibandingkan ternak besar serta siklus perputaraan modal cukup singkat.

Jenis Pakan Domba   

Meskipun domba ialah hewan herbivora, namun ia tidak selamanya hanya makan rumput saja. Menjadi peternak, Anda wajib memberikan variasi makanan yang lain agar ternak menerima gizi, nutrisi dan zat pertumbuhan lainnya.

Alaminya, kambing ini artinya binatang herbivora, artinya domba merupakan binatang yang mengkonsumsi makanan berupa hijauan atau tumbuh-tanaman. Makanan utama domba sebenarnya ialah hijauan seperti rerumputan. Binatang domba juga memakan jenis makanan domba selain rumput seperti konsentrat. Merupakan makanan domba yang diracik buat menambah mineral yang diperlukan oleh domba. Selain jenis makanan domba selain rumput ada banyak seperti buah-buahan, umbi-umbian serta lain sebagainya.

Biasanya jenis makanan domba adalah berupa tanaman atau hijauan. Banyak diketahui orang yang memahami bahwa makanan domba merupakan rerumputan. Buat mempermudah untuk memotong rumput mampu pakai mesin chopper rumput perajang rumput, sebab mudah serta simpel. Memang ada perbedaan beberapa jenis rumput yang termasuk rerumputan serta bukan rerumputan. Makanan hijauan ini sebenarnya bukanlah makanan utama yang paling domba sukai.

Baca Juga
Kenali 7 Jenis Kopi di Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Jenis-jenis pakan domba selain rumput yang mampu peternak sediakan jika jumlah rumput menipis pada daerah peternak. Terdapat beberapa makanan kambing terdapat yang dari dari jenis rerumputan, semak, dedaunan serta butir-buahan.

Jenis makanan Domba Selain Rumput

Daun Singkong

Daun singkong memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tidak hanya untuk insan tetapi pula buat ternak. Nilainya mencapai 16% serta ini sangat baik buat menambah bobot asal anak kambing. Sekali waktu berikanlah daun singkong buat ternak Anda supaya kebutuhan nutrisinya terjaga.

Daun Nangka

Daun nangka juga artinya salah  satu sumber pakan alternatif buat diberikan kepada ternak kambing selain rumput.

Daun Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang tanah dan kedelai ialah tumbuhan yg relatif mudah ditanam di Indonesia. Daunnya mampu dimanfaatkan menjadi pakan ternak sebab mengandung serat kasar serta energi. Umumnya, peternak kambing pada Indonesia akan sekali waktu menyelingi pakan ternaknya dengan daun kacang-kacangan.

Pelepah Pisang

Pisang artinya keliru satu tumbuhan yang semua bagian pohonnya bisa dimanfaatkan. Butir, daun, bunga bahkan batangnya pun memberikan manfaat bagi insan.

Pelepah pisang yang umumnya dibiarkan membusuk dan  mengering mampu dimanfaatkan buat makanan kambing. Pelepah pisang mengandung protein serta asal mineral yang baik buat pertumbuhan kambing.

Kulit Pisang

Jika keluarga Anda pecinta pisang, jangan buang kulit pisangnya. Kulit pisang dapat digunakan menjadi asal alternatif jenis makanan kambing selain rumput. Dalam kulit pisang. Terdapat banyak kandungan seperti lemak, karbohidrat, protein serta lain sebagainya.

Nasi               

Kadang-kadang manusia seringkali menyisakan nasi asal dapurnya. Daripada nasinya dibuang, bisa banget diberikan di domba.

Jerami     

Jerami merupakan galat satu asal kuliner yang baik untuk kambing sebab mengandung serat yang membantu proses metabolisme. Makanan ini baik buat pengganti rumput waktu musim kering tiba serta rumput-rumput mengering.

Baca Juga
Cara Membuat Minuman Kopi Bubuk yang Lezat dan Simpel

Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan hasil residu atau limbah hasil dari pengolahan kedelain menjadi tahu ataupun susu kedelai. Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Maka berasal itu, ampas tahu pula baik untuk mendukung pertumbuhan domba di penggemukkan.

Ampas Kelapa

Jangan buang ampas kelapa dari dapur Anda. Sisa  parutan kelapa yang sudah diambil sarinya ini masih memiliki kandungan 20-25% protein pada dalamnya. Ini sangat cocok untuk dijadikan kuliner kambing pengganti rumput.

Artikel diatas menyebutkan jenis makanan domba selain menggunakan rumput. Namun jika menggunakan rumput kami menyediakan mesin pencacah rumput yang bisa membantu anda. Dengan menggunakan alat tersebut akan mempermudah dan mempercepat proses pemberian pakan ke hewan ternak.