Kegunaan Dari Batok Kelapa Dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Kita

Manfaatan Batok Kelapa dan Kegunaannya

Kegunaan dari batok kelapa. Manfaat dari batok kelapa dalam kehidupan. Tempurung kelapa ini merupakan bagian kulit luar dari buah kelapa. Kulit luarnya ini teksturnya keras dan dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan dalam melangsungkan kehidupan manusia. Selain bagian batoknya, tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat bahwa kelapa memiliki manfaat yang dihasilkan dari seluruh bagiannya. Mulai dari batangnya, daunnya, buahnya, air buahnya, kulit dalamnya, hingga kulit luarnya sangat bermanfaat untuk kebutuhan manusia.

Batok kelapa bagian merupakan yang sering dianggap tidak berguna. Bagian luar dari kulit kepala ini merupakan bagian yang keras dan lebih banyak dibuang oleh masyarakat. Padahal tempurung kelapa juga memiliki banyak manfaat. Terutama ketika tempurung kelapa telah diolah menjadi bentuk arang batok. Berbagai macam manfaat untuk kesehatan anda dapat dihasilkan oleh tempurung kelapa ini. Ini tentu akan membuat anda penasaran apa saja manfaat dan kegunaan dari batok kelapa untuk kehidupan sehari hari.Berikut manfaat dan kegunaan batok kelapa

Kegunaan Dan Manfaat Batok Kelapa

Kegunaan Dari Batok kelapa

1. Sebagai Pengawet Alami

Batok kelapa bisa di gunakan sebagai bahan pengawet alami, batok kelapa diolah menjadi cairan tempurung. Pengolahan dilakukan dengan mengasapi tempurung kelapa lalu menampung asap cair yang kental hitam menyerupai kecap dari pengasapan ini.

Setelah keluar cairan seperti kecap ini sudah bisa digunakan untuk pengawet kayu dari gigitan rayap rayap, namun belum dapat digunakan untuk pengawet makanan. Jika kalian ingin menggunakannya sebagai pengawet makanan, maka kecap dari tempurung kelapa ini harus dilakukan proses lanjutan. Jika telah selesai, maka tempurung kelapa telah siap untuk menjadi pengawet makanan seperti bakso, ikan, ataupun mie.

2. Dijadikan Sebagai Obat Diabetes

Salah satu manfaat Batok kelapa yaitu sebagai obat diabetes, caranya kalian rebus batok kelapa dalam sebuah panci tapi harus panci yang terbuat dari tanah liat. Banyak air rebus dipastikan hingga tempurung seluruhnya terendam. Lakukanlah perebusan ini hingga air berkurang lebih dari sepertiga banyak air sebelumnya. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali dalam satu hari. Rebus ulang tempurung kelapa setiap dua hari.

Baca Juga
Resep Kuah Bakso Ayam yang Enak, Gurih Untuk Jualan

3.Mengobti Keracunan

Jika ada sesorang yang mengalami keacunan ini adalah hal yang berbahaya bahkan resikonya hingga kematian. maka kalian bisa melakukan tahap pertama dengan mengonsumsi arang yang dihasilkan dari pembakaran tempurung kelapa ini. Sudah banyak hasil pengolahan tempurung kelapa menjadi arang ataupun karbon aktif. Pilihlah produk tersebut untuk lebih aman dikonsumsi. Namun, jika dalam waktu yang mendesak, maka anda dapat memroduksi sendiri arang tempurung kelapa yang bermanfaat ini.

4. Dapat Untuk Menurunkan Kolesterol

Batok kelapa juga dapat menurunkan kolesterol mengingat bahwa batok kelapa ini memiliki kandungan karbon aktif yang dapet menjaga kolesterol.

5.Sebagai Anti Bisa Beracun Hewan

Bisa pada hewan sangat berbahaya bagi tubuh kita bisa mengakibatkan hal yang sangat fatal hingga kematian. Nah batok kelapa ini sebagai anti bisa dari hewan seperti laba laba, lebah, dan juga ular .

Batok Kelapa ini juga bisa dibuat menjadi kerajinan tangan seperti Mangkok, gelas, asbak, gantungan kunci, lampu hias, dan mainan tradisonal yang lainnya. Banyak sekali kegunaan dan juga manfaat dari pohon kelapa ini hampir semua bagian pohonnya bahkan hingga batok kelapanya.

Kalian juga bisa memanfaatkan kerajinan dari batok kelapa menjadi suatu peluang usaha karna bisa menghasilkan keuntungan. Itulah penjelasan kegunaan dan manfaat batok kelapa bagi kehidupan sehari hari.