Manfaat Khasiat Minyak Kelapa untuk Perawatan Gigi

Khasiat minyak kelapa dan perawatan gigi. Minyak kelapa yang diekstrak dari daging kelapa mengandung trigliserida rantai menengah (MCT), yang dimetabolisme secara berbeda sehingga memberikan manfaat kesehatan.

50% minyak kelapa mengandung asam laurat, asam lemak rantai sedang yang dipecah menjadi senyawa bernama monolaurin, yang dapat membantu melindungi tubuh dari bakteri, jamur, dan virus berbahaya lainnya.

Manfaat Khasiat Minyak Kelapa dan Perawatan Gigi

Minyak kelapa telah lama sekali digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan dan kecantikan, termasuk perawatan gigi. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa sebagai perawatan gigi.

1. Mengurangi Gejala Plak dan Gusi Berdarah

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Berkumur dengan minyak kelapa selama 10-15 menit setiap hari (disebut oil pulling) dapat membantu mengurangi plak gigi dan gusi berdarah.

Minyak kelapa dapat membantu membersihkan plak gigi yang merupakan sumber masalah gigi seperti karang gigi, bau mulut, dan gigi berlubang. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab plak, seperti Streptococcus mutans dan Candida albicans.

2. Mengatasi Bau Pada Mulut

Sifat antibakteri yang ada pada minyak kelapa dapat membantu mengurangi bakteri penyebab bau mulut. Berkumur dengan minyak kelapa secara teratur dapat membantu menjaga napas tetap segar.

Minyak kelapa dapat melawan bau mulut dengan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap, seperti Helicobacter pylori. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang merupakan asam lemak yang paling efektif untuk membunuh bakteri.

3. Khasiat Minyak Kelapa dan Perawatan dalam Mengurangi Sensitivitas Gigi

Minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi sensitivitas gigi karena memiliki sifat anti inflamasi. Mengoleskan minyak kelapa  langsung pada gigi  sensitif dapat membantu meredakan nyeri.

Baca Juga
Pentingnya Penggunaan Tiang Lampu Jalan

4. Mengatasi Imfeksi ankterin

Sifat antimikroba yang ada dalam minyak kelapa dapat membantu Mengobati infeksi seperti sariawan dan Masalah pada gusi. Caranya cukup

5. Kandungan asam laurat

Minyak kelapa dapat mengandung asam laurat, yang mempunyai sifat antimikroba dan antijamur. Ini membantu melawan bakteri dan jamur yang berkembang di mulut.

6. Membantu Memutihkan Gigi

Minyak kelapa dapat membantu memutihkan gigi dengan menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan gigi. Meskipun minyak kelapa tidak dapat memutihkan gigi secara langsung, minyak kelapa dapat meningkatkan kebersihan mulut dan mencegah pembentukan plak yang membuat gigi tampak kuning.

7. Mencegah Gigi Berlubang

Minyak kelapa dapat mencegah gigi berlubang dengan mengurangi demineralisasi enamel gigi. Demineralisasi adalah proses hilangnya mineral dari lapisan enamel gigi akibat asam yang dihasilkan oleh bakteri. Minyak kelapa dapat menetralkan asam tersebut dan melindungi enamel gigi.

Di atas sudah di jelaskan manfaat khasiat minyak kelapa dan juga perawatan gigi. Di bawah akan di jelaskan cara menggunakan minyak kelapa untuk kesahatan gigi.

Cara Menggunakan Khasiat Minyak Kelapa dan Perawatan Gigi

Cara menggunakan minyak kelapa untuk perawatan gigi adalah dengan melakukan oil pulling, yaitu berkumur dengan minyak kelapa selama 10-20 menit setiap hari sebelum menyikat gigi. Oil pulling dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri dan racun.

Tidak Hanya oil pulling untuk cara menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan gigi, ada berbagai macam cara, seperti pasta gigi alami, gosok gigi pakai minyak kelapa, dan masih banyak lagi.

Namun, minyak kelapa tidak bisa menggantikan perawatan gigi yang lain, seperti menyikat gigi, flossing, dan berkunjung ke dokter gigi secara rutin. Berikut ini berbagai cara menggunakan khasiat minyak kelapa dan perawatan gigi.

Baca Juga
Inilah Produk Konveksi Tas Seminar yang Paling Laris

1. Oil Pulling

Ambil satu sendok makan minyak kelapa dan kumur-kumur selama 15-20 menit setiap pagi sebelum sikat gigi. Setelah itu, spit (buang) minyak kelapa ke dalam tempat sampah dan bilas mulut dengan air hangat sebelum menyikat gigi.

2. Pasta Gigi Alami

Anda juga dapat membuat pasta gigi alami dengan mencampurkan minyak kelapa dengan baking soda. Pasta gigi ini bersifat antiseptik dan membantu membersihkan gigi secara alami.

3. Gosok Gigi dengan Minyak Kelapa

Anda bisa mengganti pasta gigi biasa dengan minyak kelapa. Gosok gigi Anda dengan minyak kelapa secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Mencampurkan Minyak Kelapa dengan Minyak Esensial

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint atau tea tree oil ke minyak kelapa dan gunakan campuran ini untuk oil pulling atau sebagai pasta gigi alami.

5. Gargle dengan Minyak Kelapa

Gargle beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint atau tea tree oil ke minyak kelapa dan gunakan campuran ini untuk oil pulling atau sebagai pasta gigi alami.