Memahami Manfaat Backlink untuk SEO Website

Ada banyak cara untuk membuat website berada di posisi teratas halaman pencarian Google. Salah satunya adalah dengan melakukan link building pada website, dengan backlink menjadi salah satu aspek terpenting. Manfaat backlink untuk SEO sangat signifikan karena dapat meningkatkan otoritas dan reputasi situs kalian di mata mesin pencari.

Jika kamu berhasil membangun backlink berkualitas, mesin pencarian akan menilai website-mu sebagai situs yang kredibel. Dengan demikian, setiap konten yang kamu buat nantinya akan lebih mudah menduduki posisi teratas halaman pencarian.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan backlink yang disukai oleh Google? Sebelum menuju pembahasan tersebut, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu backlink, manfaat backlink untuk SEO, dan cara mendapatkanya melalui artikel kali ini.

 

Apa itu Backlink?

Backlink adalah link atau tautan dari satu website ke website lain. Backlink disebut juga dengan inbound link, link masuk atau one way link yang artinya link masuk dan link satu arah.

Website dengan backlink yang bagus akan mendapat penilaian positif dari Google dan mesin pencari lainnya. Pasalnya, backlink bisa menjadi penanda bahwa sebuah website bisa dipercaya dan memiliki konten yang berkualitas.

 

Manfaat Backlink untuk SEO

Selain membuat website kalian populer di mesin pencari, manfaat backlink untuk SEO sangat beragam, yaitu:

1. Mempercepat Pengindeksan

Mesin pencari bekerja dengan cara meng-crawl website secara berkala, kemudian mengindeks hasil crawlnya. Tugas ini dilakukan oleh crawler bot dengan menelusuri setiap link pada setiap website yang dikunjunginya.

Dengan jumlah backlink yang baik, website kalian akan lebih cepat terindeks oleh mesin pencari sehingga lebih mudah muncul di hasil pencarian.

2. Meningkatkan Lalu Lintas Rujukan

Selain mendapatkan trafik dari halaman pencarian, website yang memiliki backlink juga akan mendapatkan trafik tambahan dari website yang menyediakan backlink tersebut.

Dengan begitu, trafik pada website kalian tentu akan meningkat. Apalagi jika website yang menyediakan backlink merupakan website yang cukup populer dengan tingkat trafik yang tinggi.

3. Meningkatkan Otoritas Domain (DA)

Backlink merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan Domain Authority (DA) suatu website. DA sendiri digunakan sebagai matriks untuk mengukur kekuatan sebuah website secara keseluruhan.

Sesuai dengan matriks SEO saat ini, semakin tinggi nilai DA suatu website, maka website tersebut akan semakin mudah berada di posisi teratas mesin pencari.

4. Meningkatkan Otoritas Halaman (PA)

Backlink atau tautan balik merupakan salah satu dasar penilaian matriks SEO yang cukup populer. Dimana, website dengan backlink yang bagus nantinya akan meningkatkan nilai Page Authority (PA).

Berbeda dengan Otoritas Domain (DA), PA digunakan untuk mengukur kekuatan URL di tingkat halaman. Skor PA berkisar antara 1 hingga 100. Semakin tinggi PA suatu halaman website, maka semakin besar peluangnya untuk menduduki peringkat teratas hasil mesin pencari atau SERP.

5. Bangun Reputasi Situs Web

Website yang memiliki banyak backlink akan dianggap sebagai website yang cukup populer oleh mesin pencari. Sedangkan ketika kalian mengetikkan kata kunci di address bar, Google cenderung memberikan hasil pencarian dari website populer yang memiliki backlink bagus di dalamnya.

Untuk itu, sangat penting bagi website kalian untuk mulai membangun backlink agar lebih mudah menduduki peringkat teratas hasil pencarian.

 

Cara Mendapatkan BackLink

manfaat backlink untuk SEO

Setelah mengetahui manfaat yang bisa didapat dari backlink, mungkin kalian akan mulai tertarik untuk membangun backlink di website kalian. Berikut cara mendapatkan backlink.

1. Buat Konten Berkualitas

Dengan membuat konten yang berkualitas, orang akan dengan mudah menggunakan website kalian sebagai referensi dan memberikan backlink ke website kalian.

2. Manfaatkan Platform Lain

Selain mendapatkan backlink dari orang-orang yang menggunakan website kalian sebagai referensi, kalian juga bisa memanfaatkan platform media sosial untuk mendapatkan backlink.

Sertakan link website di berbagai media sosial yang kalian miliki. Selain itu, kalian juga bisa memasang link website di berbagai forum diskusi online, kolom komentar blog, dan lain sebagainya.

3. Gunakan Beberapa Metode Membangun Backlink

Beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membangun backlink adalah:

  1. Melakukan Guest Blogging yaitu menulis website di blog lain sambil mencantumkan link ke website kalian
  2. Membangun tautan rusak, dengan menemukan tautan rusak yang relevan di sebuah situs web, lalu menawarkan situs web kalian sebagai gantinya
  3. Teknik Pencakar Langit berarti menemukan konten yang memiliki banyak tautan, kemudian membuat konten yang lebih relevan dan memintanya untuk ditautkan ke situs web kalian

 

Kalian juga bisa mendapatkan artikel yang berkualitas dengan menggunakan sedikit biaya. Jasa seo website menjadi solusi utama untuk penulisan artikel. Jasa SEO website ini sangat berdampak pada perkembangan trafik website kalian.