Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan – Bagi masyarakat Indonesia, masakan kurang lengkap rasanya jika tidak ada bawang putih atau ambang putih. Namun selain sebagai penyedap masakan, bawang putih juga efektif untuk menjaga kesehatan, apalagi jika dimakan mentah. Apa saja kandungan nutrisi bawang putih?

Setiap cengkeh sendiri beratnya sekitar 6-8 gram. Jadi, per 100 gram iga putih mengandung kira-kira: 4 kalori 1 gram karbohidrat 0,2 gram protein 0,1 gram serat 0,1 miligram mangan (setara dengan 3% dari kebutuhan harian tubuh) 0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh) 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh) 0,4 mikrogram selenium (setara dengan 1 persen% dari kebutuhan harian tubuh)

Sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino. Lumpur putih juga diperkaya dengan senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, diallyl disulfide, dan diallyl trisulfide. Ketika bawang putih mentah dikunyah di dalam mulut, zat belerang akan bereaksi membentuk allicin.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

 Sebuah penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) per hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan. Temuan ini juga diperkuat dengan berbagai penelitian yang lebih baru.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat bawang putih yang bermanfaat telah dikenal selama berabad-abad. Melansir dari National Center for Biotechnology Information, bukti penelitian sejauh ini menunjukkan hubungan antara konsumsi bawang putih secara teratur dan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

3. Menjaga kesehatan otak

FruArg dilaporkan mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglial di otak selama perang melawan peradangan dan stres oksidatif. Di satu sisi, peran sel mikroglia sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Baca Juga
Konsep Lamaran yang Menggambarkan Cerita Cinta yang Penuh Makna

4. Mengatasi jerawat

Jangan menyerah jika Anda telah mencoba seribu satu cara untuk menghilangkan jerawat tetapi tidak ada yang berhasil. Stok bawang putih di dapur mungkin bisa jadi solusinya.

Berbagai sifat ini membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan warna kulit. Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan seng yang berguna untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

5. Menguatkan tulang

Tahukah Anda bahwa selain kalsium dan vitamin D, flavonoid termasuk dalam komponen nutrisi yang paling potensial untuk meningkatkan kesehatan tulang?

Nah dari keluarga bawang merah, bawang putih dan daun bawang ternyata paling ampuh dalam menghambat proses kerapuhan tulang. Sebuah studi pada tikus laboratorium juga menemukan bawang putih berguna dalam mencegah keropos tulang setelah operasi pengangkatan ovarium (ooforektomi).

6. Melawan peradangan

pilek, dan batuk Bawang putih merupakan salah satu obat alami untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Senyawa aktif allicin yang terdapat dalam bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, dan sakit tenggorokan. 

7. Mengatasi rambut rontok

Siapa sangka manfaat makan bawang putih mentah bisa mengatasi masalah kerontokan rambut? Pada alopecia atau kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun, bawang putih mentah dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Cara menyimpan bawang putih agar awet lebih lama

1. Simpan di lemari es

Menyimpan bawang putih di tempat terbuka akan membuatnya tetap lembab dan akhirnya tunas baru akan muncul. Masukkan ke dalam lemari es atau freezer. Jika bawang putih sudah bertunas, ada baiknya menanam bawang merah di pot kecil berisi tanah, dan biarkan tumbuh.

Baca Juga
Tema Pernikahan Vintage yang Bisa Dibuat Sendiri

2. Haluskan terlebih dahulu

Sebelum disimpan di lemari es Anda dapat menggiling beberapa siung bawang putih dalam blender atau food processor dan menyimpannya dalam wadah kedap udara. Kemudian, simpan di lemari es. Bawang putih cincang dapat menghemat waktu memasak Anda nantinya. Selain lebih praktis, bawang putih yang dihaluskan juga lebih tahan lama dibandingkan bawang merah utuh yang disimpan di suhu ruangan.

3. Rendam dalam minyak zaitun

Cara selanjutnya adalah dengan merendam bawang putih dalam minyak zaitun. Pertama, kupas bawang putih dan cuci bersih, lalu simpan dalam wadah. Kemudian tuangkan minyak zaitun sampai semua bawang terendam di dalamnya. Tutup rapat dan masukkan wadah ke dalam lemari es. Minyak zaitun yang terserap dalam bawang bombay nantinya akan memperkaya cita rasa masakan Anda.

Selain itu, minyak marinade yang kini meninggalkan rasa bawang merah dapat digunakan sebagai dressing atau salad dressing. Ingat, simpan bawang putih dan minyak zaitun di lemari es, bukan di suhu ruangan. Bawang putih yang disimpan dengan cara ini biasanya bisa bertahan sekitar 3 minggu.

Demikian adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan dan cara menyimpanya agar tahan lama, untuk mempercepat proses pengupasan nya kita bisa menggunakan mesin pengupas bawang. Selamat mencoba!

/// baca selengkapnya \\\