Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan yang berbahagia ini aku akan membagikan iformasi seputar manfaat tape singkong untuk kesehatan. 

Siapa sih disini yang tidak tahu tape singkong. Iya makanan fermentasi ini ternyata tanpa kit asadari mengandung segudang nutrisi dan juga manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita loh. Mau tahu apa aja? Makanya simak terus yaaa. Tapi sebelum ke inti pembahasan kita, yuk simak terlebih dahulu proses pembuatan tape singkong. 

Proses Pembuatan Tape Singkong 

manfaat tape singkong untuk kesehatan

Tape merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi singkong. Singkong yang diolah menjadi tape adalah jenos singkong yang memiliki rasa manis, yang biasaya memiliki warna putih ataupun kuning. 

Sebelum melalui proses fermentasi, singkong terlebih dahulu dicuci bersih dan juga dikukus sampai matang. Baru kemudian singkong ditaburi dngan ragi. 

Proses fermentasi ini bisa dilakukan dengan cara membungkus singkong dengan daun pisang atau juga bisa ditempatkan dalam wadah khusus yang kedap udara selama kurang lebih 2-3 hari. Semakin lama proses fermentasinya, maka tekstur singkong pun akan semakin empuk. 

Proses fermentasi yang tepat akan mengahasilkan tape singkong yang rasanya manis sedikit asam serta beraroma seperti alkohol. Rasa manis pada tape ini berasal dari ragi yang memecah kandungan karbohidrat dalam singkong menjadi gula sederhana. Hal inilah yang membuat tape bisa terasa manis meskipun tidak diberi tambahan gula. Namun biasanya ada juga yang menambahkan lagi dengan sedikit gula supaya  terasa lebih manis lagi. 

Selain bisa dimakan langsung, tape singkong juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat, mulai dari bolu, borwnies, kolak, puding sampai campuran dalam es buah. 

Baca Juga
Harga Sewa Bed Rumah Sakit

Kandungan Nutrisi Tape Singkong 

Kudapan yang sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat ini faktanya tak kalah bergizi dengan makanan fermentasi lain seperti yogurt, keju, kefir, tahu, dan juga tempe. 

Dilansir dari Daftar Komposisi Bahan Makanan Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Giji Indonesia atau DPP PERSAGI, di dalam 100 gram tape singkong terkandung sejumlah nutrisi sperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan juga air. 

Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan 

manfaat tape singkong untuk kesehatan

Penting untuk diketahui bahwasanya literatur yang membahas mengenai manfat tape singkong itu sendiri masih sangat terbatas. Masih dibutuhkan banyak sekali penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar memastikan keabsahannya. 

Namun meskipun dengan demikian, proses fermentasi yang terjadi selama proses pembuatan tape singkong disinyalir berpotensi mampu membawa manfaat bagi tubuh. Makanan fermentasi bisa membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik atau yang biasa kita kenal sebagai probiotik di dalam usus. Meningkatnya pertumbuhan bakteri baik dalam usus ini akan memengaruhi kesehatan usus anda secara menyeluruh. 

Selain mampu untuk melancarkan pencernaan, bakteri baik juga bisa membantu dalam proses penyerapan nutrisi dan juga meredakan gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan juga sembelit. 

Probiotik juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita serta mengurangi risiko sejumlah infeksi yang mungkin akan mengenai tubuh kita, seperti flu. 

Tips Aman Mengonsumsi Makanan Fermentasi 

manfaat tape singkong untuk kesehatan

Makanan fermentasi memanglah mengandung banyak sekali bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun meskipun dengan demikian, terlalu banyak makan makanan fermentasi juga bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Hala ini dikarenakan dengan adanya penumpukan bakteri baik yang berlebih pada tubuh akan menyebabkan perut menjadi mudah bergas dan juga kembung. 

Baca Juga
Biaya Hipnoterapi Jakarta Buat Kursus Sangat Beragam, Baca Selengkapnya!

Bukan hanya itu saja, kudapan ini juga menghasilkan produk sampingan berupa alkohol. Kadar alkohol tang terkandung pada tape memanglah tergolong sedikit, namun meskipun dengan demikian apabila tape dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tentunya akan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. 

Jadi marilah kita mengonsumsi makanan fermentasi dalam jumlah yang wajar, tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. 

Selain bisa diolah menjadi tape dan juga berbagai macam hidangan lainnya, singkong juga bisa diolah menjadi aneka cemilan loh teman-teman misalnya adalah keripik singkong. Jika anda hendak membuka bisnis keripik singkong anda bisa menggunakan mesin keripik singkong yang bisa anda dapatkan produknya di Rumah Mesin yang kualitas dan juga mutunya sudah terjamin.

Nah itu tadi pembahasan kita pada artikel kali ini yaitu manfaat tape singkong untuk kesehatan tubuh kita yang mungkin belum anda ketahui dan semoga bisa menambah wawasan anda semuanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini.