Solusi Air Jernih! Yuk Simak, Cara Membuat Saringan Air Dari Paralon

Apakah kalian pernah Membuat Saringan Air Dari Paralon ? Masalah air bersih adalah hal terpenting dalam hidup kita. Dimana setiap hari semua manusia membutuhkan air bersih untuk minum, memasak, mandi, dan lain sebagainya.

Sayangnya, di daerah tertentu kualitas airnya kurang baik. Entah airnya keruh, kotor, atau bau, tentunya hal ini berisiko buruk bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, Anda diharuskan menggunakan filter air.

Dengan adanya air yang bersih tentunya membuat kita terhindar dari segala macam penyakit yang datang dari air. Jika kita tahu, saat ini masalah air bersih menjadi masalah yang harus segera diatasi, karena lebih dari 750 juta orang tidak memiliki akses air bersih.

Artinya, lebih dari 750 juta orang mengidap penyakit yang bersumber dari air. Sehingga dibutuhkan Saringan Air Dari Paralon untuk mengatasi masalah air bersih yang kini menjadi masalah yang menakutkan.
Tenang saja, Anda bisa membuat Saringan Air sederhana dari sebuah paralon.

Cara membuatnya tidak terlalu sulit, jadi kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Filter Air Sederhana Di Rumah Tanpa Ribet

Manfaat Saringan Air

Sesuai dengan namanya, filter air berfungsi untuk menyaring air yang kualitasnya bermasalah. Misalnya air yang kotor, keruh, kuning, berkapur, atau berbau.

Nah, dengan Membuat Saringan Air Dari Paralon bisa membantu Anda menjernihkan air. Pasalnya, jika terus menggunakan air kotor untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, Anda bisa berisiko tertular kuman atau virus.

Air yang kotor atau tercemar biasanya mengandung virus yang berbahaya. Salah satunya adalah E. coli, bakteri yang jika tertelan bisa menyebabkan diare. Bahkan pada kasus yang lebih parah, diare bisa disertai dengan pendarahan.

Baca Juga
Modal Membuka Usaha Cafe Kekinian Sedikit

Bakteri lain yang juga sering ditemukan di air yang tercemar adalah Salmonella. Jika Anda mengonsumsi air yang mengandung Salmonella, Anda dapat terserang berbagai penyakit seperti demam dan dehidrasi.

Alat untuk Membuat Saringan Air Dari Paralon

Tentu Anda tidak ingin menghadapi risiko tersebut, bukan? Oleh karena itu gunakanlah saringan air dari paralon. Untuk Membuat Saringan Air Dari Paralon, berikut ini alat-alat yang Anda butuhkan :

  • 1 buah lem pipa PVC
  • Selang air 1 meter
  •  5 buah L-1/2 redup
  • 2 buah dop paralon ½ redup
  • 4 buah dop paralon 3 dim
  • Pipa 80 cm ½ dim paralon
  • Pipa paralon 75 cm 3 dim
  • Pipa paralon 5 dim

Selain alat-alat diatas, ada juga beberapa bahan yang anda butuhkan untuk membuat filter air dari paralon yaitu:

  • 1 ember arang
  • 1 ember kerikil
  • 1 ember pasir
  • 2 buah kapas filter akuarium

Cara Membuat Saringan Air Dari Paralon

Cara Membuat Saringan Air Dari Paralon

Sudahkah Anda mempersiapkan semua alat dan bahan di atas? Kini saatnya Anda mulai membuat saringan air dari paralon. Berikut langkah-langkah yang bisa menjadi panduan Anda:

  1.  Potong paralon 3 dim menjadi dua bagian, panjang 37 cm pertama dan panjang 44 cm kedua.
  2. Pada tiap paralon 5 dim, buat lubang seukuran pipa ½ dim dengan tinggi 12 cm dari alas alas paralon 5 dim.
  3. Potong pipa ½ dim menjadi empat bagian, masing-masing sepanjang 10 cm. Satu pipa akan digunakan untuk saluran masuk, satu lagi untuk saluran keluar, dan dua lainnya untuk bagian dalam pipa 5 redup.
  4. Rekatkan outlet dengan pipa L dan pipa 10 cm yang sudah dilubangi kecil-kecil, lalu pasang dop ½ dim pada ujung pipa ½.
  5. Pastikan ikatannya kuat, kemudian pasang sirkuit pada pipa 5 dim yang lebih pendek. Beri lem agar menempel dengan kuat.
  6. Pasang 5 dop redup di bagian bawah setiap pipa 5 redup. Jangan lupa dioleskan lem di atasnya agar bisa menempel dengan kuat.
  7. Beri lubang seukuran pipa ½ dim pada kedua dop 5 dim yang belum terpasang, kemudian pasang pipa ½ dim sepanjang 10 cm.
  8. Pasang pipa penghubung antara pipa pendek 5 dim dan pipa panjang 5 dim.
  9. Untuk memudahkan pengisian filtrat, Anda tidak perlu merekatkan dop atas.
Baca Juga
Cara Membuat Kolam Bioflok Ikan Nila Langkah-Langkah Praktis

Manfaat Air Bersih

 

1. Memenuhi cairan di tubuh

Selain makan, minum juga penting untuk kehidupan. Perlu diketahui bahwa jumlah kadar air dalam tubuh kita sekitar antara 50-80% , baik dewasa maupun anak-anak.

Dengan begitu, manusia juga perlu mencukupi cairan di dalam tubuhnya agar tetap terhidrasi dengan baik. Air bersih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari Anda dan keluarganya di rumah.

Tidak hanya mencukupi cairan dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi, air bersih yang kita minum juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit seperti sakit perut atau diare.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

2. Membantu aktivitas harian

Mengapa air bersih begitu penting dalam kehidupan? Karena memiliki air bersih akan memudahkan aktivitas kita sehari-hari ya.

Seperti mencuci pakaian atau peralatan rumah tangga, membersihkan tubuh, dan membersihkan bahan makanan yang sangat penting bagi kesehatan keluarga.

Dengan air bersih tentunya ini akan membantu anda dan keluarga terhindar dari bakteri dan kotoran. Itulah mengapa penting untuk memberkati air bersih untuk membantu segala aktivitas sehari-hari.

3. Hindari berbagai jenis penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air bersih juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran Anda dan keluarganya.

Fungsinya menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit seperti diare, kolera, disentri, tifus, cacingan, penyakit kulit dan keracunan.

Oleh karena itu penting bagi Anda dan seluruh anggota keluarga untuk menggunakan air bersih setiap hari, serta menjaga kualitas air agar tetap bersih di lingkungan sekitar.

4. Sebagai irigasi pertanian

Air bersih juga bermanfaat untuk keberhasilan panen yang akan membantu kesejahteraan negara. Namun sayangnya, saat ini banyak sungai atau danau yang tercemar limbah industri dan membuat air menjadi kotor.

Baca Juga
Cara Membersihkan Sofa Oscar

Air yang tercemar itu akan mengganggu kesuburan tanaman, Ma. Untuk itu, banyak petani membuat biopori untuk menjaga kesuburan tanah. Karena fungsi biopori sendiri tidak hanya untuk mencegah banjir, tapi juga baik untuk menjaga kesuburan tanah.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Kamir R. Brata, penemu teknologi biopori mengatakan, “Biopori merupakan solusi praktis untuk meningkatkan pembuangan tanah, mengolah sampah organik menjadi kompos dan mencegah genangan air dan banjir.”

5. Menjaga ekosistem lingkungan

Dengan air bersih tentunya akan sangat membantu menjaga biota air sungai dan membudidayakan perikanan. Dengan menjaga kebersihan air laut atau sungai tentunya juga dapat bermanfaat sebagai sarana rekreasi pembelajaran bagi anak dan keluarga.

Itulah cara membuat saringan air dariparalon  manfaat air bersih yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk keluarga di rumah maupun lingkungan sekitarnya. Jangan lupa untuk praktekkan dirumah ya, semoga berhasil. See you and keep healthy..