Mengenal Jenis-Jenis Alat Pemadam Kebakaran yang Wajib Ada di Gedung

Alat Pemadam Kebakaran yang Wajib ada

Kebakaran di gedung atau Rumah Tinggal merupakan salah satu ancaman yang harus diwaspadai oleh setiap orang, khususnya mereka yang berada di dalam gedung tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tindakan pencegahan dan persiapan yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko kebakaran serta tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran di gedung.

Alat Pemadam yang harus ada di dalam gedung

Beberapa alat yang wajib ada di gedung untuk mencegah kebakaran di antaranya:

1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat ini berfungsi untuk memadamkan api pada tahap awal kebakaran sebelum api semakin membesar.

2. Alarm Kebakaran

Alat ini berfungsi untuk memberi peringatan dini kepada penghuni gedung atau orang-orang di sekitarnya ketika terjadi kebakaran.

3. Pintu dan Jendela Evakuasi

Pintu dan jendela evakuasi harus mudah diakses dan diberi tanda untuk memudahkan penghuni gedung keluar saat terjadi kebakaran.

4. Tangga Darurat

Tangga darurat harus mudah diakses dan selalu terjaga kebersihannya agar penghuni gedung dapat keluar dengan aman saat terjadi kebakaran.

5. Sistem Proteksi Kebakaran

Gedung harus dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran, seperti sprinkler, hydrant, dan pompa air, agar petugas pemadam kebakaran dapat memadamkan kebakaran dengan lebih cepat dan efektif.

6. Rambu dan Tanda Bahaya

Rambu dan tanda bahaya harus dipasang di tempat yang mudah dilihat dan diakses untuk memberi peringatan tentang bahaya kebakaran dan rute evakuasi.

Penting untuk menginspeksi dan memelihara alat-alat ini secara teratur untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik jika terjadi kebakaran. Selain itu, penting juga untuk mengedukasi penghuni gedung tentang prosedur evakuasi darurat dan cara menggunakan alat pemadam kebakaran agar mereka dapat merespons dengan cepat dan tepat saat terjadi kebakaran.

Baca Juga
Sedot WC Medan Pemecahan Tangani WC Mampet

Apa yang harus di lakikan jika terjebak kebakaran?

Jika Anda terjebak dalam kebakaran, maka hal yang harus dilakukan adalah:

1. Tetap Tenang

Hindari panik dan berusaha untuk tetap tenang, karena panik hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

2. Cari Jalan Keluar

Cobalah mencari jalan keluar yang terdekat dan aman. Jika Anda tidak tahu jalan keluar yang tepat, ikuti tanda-tanda evakuasi dan arahan dari petugas pemadam kebakaran.

3. Hindari Asap

Jika terjadi kebakaran, asap bisa membuat sulit untuk bernapas dan dapat menyebabkan keracunan gas beracun. Cobalah untuk tetap di bawah asap, tetapi hindari bernapas dengan asap tersebut.

4. Tutup Mulut dan Hidung

Tutup mulut dan hidung Anda dengan kain basah atau masker untuk mengurangi jumlah asap yang Anda hirup.

5. Jangan Menggunakan Elevator

Jangan menggunakan elevator, karena bisa menjadi tempat yang berbahaya jika terjadi kebakaran.

6. Hubungi Pihak Berwenang

Jika Anda tidak dapat menemukan jalan keluar, segera hubungi petugas pemadam kebakaran dan berikan informasi yang tepat tentang lokasi Anda.

7. Tunggu Pertolongan

Setelah meminta pertolongan, segera cari tempat yang aman dan tunggu petugas pemadam kebakaran untuk datang menyelamatkan Anda.

Ingatlah bahwa keselamatan Anda adalah yang utama. Selalu berusaha untuk mencari jalan keluar dan menghindari area yang berbahaya.Dengan mengetahui resiko yang terjadi membuat kita menjadi semakin waspada dan peduli tentang safety , bisa meminimalisir kecelakaan kerja yang sewaktu-waktu terjadi.