Menjelajahi Wisata Kuliner Malam Bandung

Wisata Kuliner Malam Bandung – Bandung merupakan ibukota Jawa Barat yang sudah sangat dikenal di seluruh pelosok Indonesia sebagai Kota yang memiliki berbagai tempat wisata. Tempat wisata di Bandung pun beragam, mulai dari wisata alam, wisata edukasi bahkan sampai wisata kuliner.

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Bandung namun tidak menikmati kuliner kuliner yang tersedia di Bandung terutama wisata kuliner malam nya yang akan memanjakan lidah anda.

Wisata kuliner malam Bandung sangat cocok untuk anda yang suka bersantai dengan keluarga ataupun teman sambil menikmati suasana dan keindahan malam hari di Bandung. Ini pasti akan membuat liburan anda lebih berkesan.  

Biasanya bagi anda yang berlibur menggunakan paket wisata Bandung dari jasa agen perjalanan, anda akan ditawarkan tempat tempat kuliner yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Dimana saja tempat wisata kuliner malam Bandung itu ? 

wisata kuliner malam

McDuren

Bagi anda yang hobi dengan makanan manis, tak perlu diragukan lagi anda harus coba berkunjung ke salah satu tempat favorit untuk nongkrong dan bersantai di kota Bandung yaitu McDuren. 

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan berbagai menu dengan olahan duren (durian) seperti Pancake Duren, Ketan Duren ala Thailand, Sus Duren ala Malaysia, Jarcake duren hinggal Sop Duren.

Untuk pencuci mulut anda bisa coba ice Cappucino Duren atau Milkshake Duren yang rasanya membuat anda ingin lagi dan lagi.

Lokasi McDuren terletak di kawasan Asia Afrika tepatnya di Jl Cikapundung Barat No.1, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Zona Merah Sukajadi (Bukan Zona Terlarang Bagi Yang Kelaparan)

Terletak di trotoar pinggir jalan tepat di depan sebuah toko percetakan, wisata kuliner khas sunda ini mulai buka dan ramai disaat warung warung dan tempat makan lain sudah tutup. Setelah masuk ke dalam, tempatnya terlihat sederhana dan tidak begitu istimewa, namun apa yang tersaji di depan mata adalah surga bagi pecinta kuliner.

Makanan yang tersaji disini selalu dalam dalam jumlah besar seperti aneka ikan, ayam, cumi, jeroan, sate, pepes, sayur, gorengan, tumisan dan masih banyak lagi.  Pengunjung hanya tinggal memilih menu yang akan di makan.

Anda tidak perlu khawatir karena warung ini buka hingga pukul 04:00 dini hari tiap harinya. 

Nasi Kalong

Wisata kuliner malam selanjutnya adalah Nasi Kalong yang beralamat di Jalan RE Martadinata (Riau) No 102 Bandung, Jawa Barat.

Sesuai namanya, rumah makan ini buka dari jam 19.00 sampai jam 03.00 dini hari. Nasi kalong adalah nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah dan dimasak dengan campuran kluwek.

Nasi kemudian ditambahkan bumbu rempah yang memperkaya cita rasa. Nasinya yang gurih dan enak ini bahkan tetap nikmat meski disantap tanpa lauk.

Nasi Kalong ini bisa dinikmati dengan lauk seperti Ayam Bakar Madu hingga aneka sambal menggoyang lidah. Rumah makan ini juga menyediakan banyak menu makanan khas Sunda yang disajikan secara prasmanan. Ada sekitar 20 jenis sajian disajikan yang dapat dipilih sesuai selera.

wisata kuliner malam bandung

Perkedel Bondon

Dikenal sebagai salah satu makanan legendaris di Bandung, konon resep Perkedel Bondon ini merupakan resep turun-temurun yang sangat dirahasiakan. Menurut bahasa Sunda, bondon berarti wanita malam.

Perkedel ini hanya hadir pada malam hari ini diibaratkan seperti kupu-kupu malam yang hanya keluar saat matahari telah tenggelam. Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel kentang masih digoreng menggunakan tungku tradisional yang memberinya cita rasa khas.

Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Kebon Jati No.42, Kebon Jeruk, Bandung. Satu perkedel sekarang dihargai seribu rupiah. Perkedel Bondon sangat nikmat disajikan hangat-hangat dengan cocolan sambal terasi yang menggugah selera.

Sate Hadori

Sate Hadori Bandung berada di Jalan Stasiun Timur Bandung tak jauh dari Perkedel Bondon. Lokasinya dekat dengan pintu Stasiun Lama Bandung. Kuliner dengan bahan utama daging paha belakang kambing betina muda ini disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih nan lezat. Ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sineureut.

Sate Hadori ini ternyata begitu melegenda dan kerap disambangi para petinggi negara termasuk presiden. Sate Hadori telah dirintis sejak tahun 1940. Di sini pengunjung juga bisa melihat pengolahan sate mulai dari pemotongan daging, pembumbuan, hingga pembakaran.

Itulah beberapa tempat kuliner malam Bandung yang sangat direkomendasikan. Jika anda berlibur ke Bandung dan membutuhkan guide untuk berkeliling Bandung dan sekitarnya, anda dapat menghubungi Javawisata.com.

Java Wisata merupakan agen travel yang sudah berpengalaman dan sudah mengadakan perjalanan bagi rombongan keluarga, perusahaan baik di dalam dan ke luar negeri.