Modal Usaha Santan Kelapa, Bagaimana Prospeknya?

Modal Usaha Santan Kelapa, Bagaimana Prospeknya?

Berbicara mengenai modal usaha santan kelapa atau santan murni adalah bahan campuran masakan yang terbuat dari perasan daging kelapa. Kelapa yang diparut dan diperas akan menghasilkan santan kelapa murni.

Pada dasarnya, santan murni atau santan kelapa ini terbebas dari kandungan pengawet atau pengemulsi. Namun tidak adanya kandungan pengawet ini membuat santan murni memiliki kelemahan, yaitu tidak dapat bertahan lama.

Waktu penyimpanannya singkat, beda dengan santan bubuk atau santan instan lainnya. Bahan pangan ini juga biasa dijadikan bahan masakan khas Indonesia. Untuk anda yang tinggal di desa, mungkin tidak sulit untuk menemukan kelapa dan membuat santan sendiri.

Namun bagi masyarakat perkotaan, membuat santan adalah hal yang sulit dan memakan banyak waktu. Mereka lebih suka untuk membeli santan instan, seperti santan bubuk kemasan, santan cair kemasan, dan parutan kelapa kering kemasan.

 

Modal Usaha Santan Kelapa

Hal penting pertama yang perlu anda perhatikan dalam memulai usaha adalah modal. Modal adalah poin utama untuk memulai suatu bisnis, yang dapat berupa uang atau benda. Hal ini wajib diperhatikan karena sangat berpengaruh pada bisnis anda kedepannya.

Namun tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak sumber yang bisa menolong kita para pebisnis pemula untuk mendapatkan modal. Modal bisa kita dapatkan dari beberapa sumber, seperti dari keluarga, tabungan pribadi, atau mencari partner bisnis.

Tidak cuma itu, ada juga crowdfunding, ventur capital, pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan pinjaman dari bank. Ada satu sumber modal yang sangat disarankan bagi para pengusaha pemula, yaitu Pre-Sale. Anda dapat memperoleh modal dengan cara menjual produk sebelum produk itu diluncurkan.

Cara ini dianggap efektif dan sering dipilih para pengusaha pemula. Karena dengan cara ini anda bisa mengumpulkan uang dan membiayai bisnis anda sendiri. Dalam usaha santan kelapa, anda perlu membeli peralatan yang dibutuhkan seperti mesin. Mesin sangat berpengaruh dalam proses produksi  untuk skala besar.

Baca Juga
Resepsi Pernikahan Meriah dan Mewah

 

Mesin Parutan Kelapa Sebagai Modal Usaha Santan Kelapa

Modal usaha santan kelapa, daging buah kelapa merupakan salah satu bagian dari kelapa yang banyak manfaatnya. Untuk memanfaatkan daging kelapa biasanya daging buah kelapa diparut dulu dengan bantuan alat parutan

Mesin parutan kelapa biasanya berbentuk kotak dan disertai paku paku kecil yang banyak di roda dalam kotaknya. Paku paku kecil ini berfungsi untuk memarut daging buah kelapa. Sebelum masuk ke alat parutannya, kelapa harus dipastikan bersihkan dari kulitnya.

Selanjutnya kelapa dicuci dan dimasukkan ke mesin parutan tersebut. Lalu gosok gosokkan kelapa ke mesin paruta. Alat ini akan menghasilkan parutan daging buah kelapa yang berbentuk serat halus.

Baca juga : Melihat Peluang Usaha Peras Santan Kelapa

Jenis Kelapa untuk Modal Usaha

Untuk memulai usaha santan kelapa, kita perlu membeli kelapa sebagai bahan utamanya. Dengan modal yang sudah di bahas pada poin pertama, memilih jenis kelapa juga tidak kalah penting. Indonesia adalah negara penghasil kelapa yang besar.

Sebagai pengusaha pemula anda harus mengetahui jenis kelapa yang anda butuhkan dan cocok untuk usaha kita. Mengingat di Indonesia sangat banyak jenis kelapanya, anda tidak boleh sampai salah pilih. Karena hal itu sangat berpengaruh pada produk yang akan anda hasilkan.

Kelapa yang segar dan baik untuk diolah memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Seratnya berwarna coklat
  • Isi air nya banyak
  • Usia kelapa yang tidak terlalu muda dan tidak juga terlalu tua
  • Mempunyai lingkaran yang menyatu pada tangkainya
  • Cangkang kelapa masih utuh/tidak pecah
  • Suaranya terasa membal dan bergetar saat ditepuk
  • Tidak berjamur
  • Luarnya kering, tidak lembab