Peluang Usaha Bawang Goreng

Usaha bawang goreng ini memiliki prospek yang bagus apalagi Peluang Usaha Bawang Goreng masih bisa dicoba hingga saat ini. Oleh karena itu bisnis bawang goreng menjadi salah satu jenis bisnis yang dapat menguntungkan dan terbuka bagi siapa pun untuk dijalankan.

Bawang goreng menjadi produk memasak yang banyak dicari baik oleh ibu rumah tangga, pengusaha warung makan danpengusaha lainya. Dengan adanya produk bawang goreng lebih memudahkan masyarakat karena tidak perlu lagi mengupas bawang tersebut, mengiris bawang, dan menggoreng bawang.

Sehingga tinggal menggunakannya saja sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila tertarik untuk memulai bisnis bawang goreng akan lebih baik bila Anda mengetahui beberapa persiapan untuk bisnis bawang goreng dibawah ini,simak lebih lanjut.

Info Bisnis Peluang Usaha Bawang Goreng

Bawang goreng salah satu produk yang dapat dijadikan bumbu memasak supaya menghasilkan rasa dan aroma yang sangat sedap. Masakan akan terasa kurang mantap jika belum diberi tambahan bawang goreng. Sehingga bawang goreng selalu dibutuhkan disetiap proses pemasakan

Bawang goreng selain sebagai penguat rasa masakan juga mampu mempercantik hidangan masakan anda. Supaya lebih praktis maka telah ada bawang goreng instan yang siap digunakan sehingga tidak perlu lagi membuatnya mendadak. Proses pembuatan yang memakan waktu lama membuat banyak kalangan lebih memilih membeli produk bawang goreng yang siap jadi.

Dengan melihat fungsi dan banyak yang membutuhkan bawang goreng maka bisa dimanfaatkan dengan baik seperti membuka bisnis bawang goreng sendiri. Prospek dari usaha bawang goreng sangat bagus jadi akan mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha tersebut.

Prospek Peluang Usaha Bawang Goreng

Prospek usaha bawang goreng ini sangat bagus sekali sehingga mampu menambah keuntungan yang lumayan. Namun ada kalanya harga bawang goreng tidak stabil sehingga biasa mengelami kenaikan mulai dari harga Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 85.000 untuk per kg. Sehingga keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besarr.

Baca Juga
Kursus Bakpia Klasik, Isinya Apa Saja?

Tetapi jika pasokan yang diberikan cukup melimpah biasanya harga bisa normal dan mampu memberikan keuntungan yang besar. Bisnis bawang goreng memang mampu memberikan keuntungan yang tidak terduga. Proses pengelolaan bisnis bawang goreng memang perlu sekali diperhatikan supaya dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

Bahan Baku Bawang Goreng

Dalam hal ini bahan baku untuk membuat bawang goreng yaitu bawang merah yang berkualitas. Supaya dapat menghasilkan bawang goreng yang bagus maka Anda perlu mencari bawang goreng dengan kualitas yang bagus. Untuk bisa mendapatkan bahan baku bawang bisa mencoba bekerjasama dengan petani bawang merah supaya mendapatkan keuntungan produk bawang merah yang berkualitas.

Selain mendapatkan bahan baku langsung dari petani harga yang akan lebih terjangkau karena mengambil bawang dengan jumlah yang sangat besar.

Peralatan Usaha Bawang Goreng

Saat membuka usaha bawang goreng maka perlu menyediakan peralatan untuk usaha berkualitas dan dapat melancarkan kerja dan proses pembuatan bawang goreng. Peralatan untuk membuat bawang goreng ini yaitu pisau, mesin perajang bawang, wajan, spatula, peniris minyak, hand sealer, dan beberapa peralatan pendukung lainya.

Proses Produksi Bawang Goreng

Pada saat membuat bawang goreng tidak membutuhkan keahlian khusus dalam pemembuatnya. Peralatan dan bahan yang digunakan cukup sederhana dan mudah untuk didapatkan. Jika ingin membuatnya dengan hasil dan rasa yang enak maka Anda perlu memperhatikan bahan dan cara membuatnya berikut dibawah ini :

Bahan :

  • Bawang merah
  • Garam
  • Minyak goreng

Bahan Tambahan Rasa :

  • Tepung maizena, tepung ikan, dan tepung udang atau cabai giling.

Cara Membuat Bawang Goreng :

  1. Kupas bawang sampai dengan bersih, lalu cuci dan iris tipis.
  2. Rendam dalam air garam dengan waktu yaitu satu jam.
  3. Tiriskan dan diamkan selama 1 sampai dengan 2 jam.
  4. Tambahi dengan taburan tepung maizena, tepung udang, tepung ikan atau cabai giling untuk menambah rasa pada bawang.
  5. Lalu goreng dengan api kecil sampai bawang berwarna kecoklatan.
  6. Tiriskan minyak dan masukan dalam wadah atau kemasan lalu Bawang goreng siap untuk dipasarkan.
Baca Juga
Cara Membuat Sup Jagung Telur

Konsumen Bawang Goreng

Bawang goreng banyak dimanfaatkan sebagai bahan memasak untuk meningkatkan rasa dan mempercantik penampilan kemasan. Bawang goreng ini banyak disukai karena baunya yang harum dan menambah kelezatan setiap hidangan masakan.

Oleh karena itu bawang goreng banyak dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga dan para pengusaha  untuk kuliner. Mereka merupakan konsumen dan target pasar untuk bisnis bawang goreng ini. Sehingga bawang goreng ini memiliki target pasar yang besar jadi sangat tepat bila memilih berbisnis bawang goreng untuk dijalani.

Pemasaran Bawang Goreng

Dalam proses pemasaran produk bawang goreng ini bisa dikerjakan dengan cara menjualnya atau menitipkanya pada beberapa toko klontong serta minimarket disekitar. Selain itu bisa juga dengan menjadi supplier tetap untuk para pengusaha kuliner, restaurant ataupun hotel.

Dengan menjadi supplier maka tidak perlu lagi mencari konsumen karena sudah ada pelanggang langganan tersendiri. Supaya usaha bawang goreng ini dapat diterima oleh masyarakat maka perlu membuat kemasasan bawang goreng yang berkualitas dan semenarik. Cantumkan juga kode kadaluarsa dan mendaftarkannya di BPOM,  Supaya bawang goreng yang dipasarkan ini dapat diterima dimasyarakat dengan sangat baik.