Peluang Usaha Tanaman Kelapa Bonsai, Simak!!!

Peluang Usaha Tanaman Kelapa Bonsai, Simak!!!

Peluang usaha tanaman kelapa bonsai, bonsai kelapa menjadi salah satu peluang usaha yang tidak terlalu rumit dalam pembuatanya. Hanya saja dibutuhkaan kesabaran yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan tanaman bonsai memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Jika berhasil, peluang usaha tanaman kelapa bonsai merupakan investasi yang menarik. Seperti disebutkan, dalam pembuatan bonsai kelapa tidak terlalu rumit. Awalnya, hanya dengan cara meletakkan kelapa yang sudah tua dan kering pada tempat yang lembab hingga tumbuh tunas dan akar yang menjalar keluar.

Biasanya diperlukan waktu antara 4 hingga 6 bulan untuk memunculkan tunas pohon kelapa ini. Setelah tunas tumbuh dan akar sudah muncul, anda dapat mempercantiknya dengan cara melepas sabut kelapa yang membungkusnya atau membiarkanya saja.

Supaya akar dan batang pohonnya lebih rapi atau terbentuk, maka anda perlu menatanya sejak awal agar seiring dengan pertumbuhannya akan sesuai dengan hasil yang di inginkan. Bonsai kelapa yang sudah jadi dan sudah siap untuk dijual, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Harga yang cukup fantastis untuk sebuah pohon kelapa mungil. Bonsai dari tanaman kelapa terdengar tidak asing lagi bagi pecinta bonsai. Mereka tidak segan-segan mengeluarkan sejumlah uang untuk mengoleksi bonsai kelapa yang unik dan menarik.

 

Jenis Kelapa Bonsai pada Peluang Usaha Tanaman Kelapa Bonsai

Memang tidak semua jenis kelapa cocok dijadikan bonsai kelapa yang digemari. Beberapa jenis kelapa yang biasa dijadikan bonsai adalah jenis kelapa gading susu, kelapa gading merah dan kelapa albino.

Kelapa gading susu ini memiliki ciri berwarna putih. Tipe kelapa hibrida ini banyak tumbuh di daerah subtropis, namun umumnya digunakan sebagai kelapa taman sebagai pengganti pohon palem. Kelapa gading merah juga, adalah kelapa hibrida yang warna yang merah kekuning-kuningan.

Baca Juga
Keajaiban Jus Buah Pinang: Manfaat Kesehatan, Kearifan Budaya, dan Peringatan Penting

Kelapa gading merah ini benar-benar unik serta cantik untuk di buat bonsai kelapa tetapi sistem pemrosesannya harus memakai banyak pupuk serta vitamin tanaman yang lain, lantaran kelapa gading merah sangat mudah kehilangan (Kambium) zat hijau daunnya.

Hingga bila kekurangan zat tanam, maka kelapa gading merah batangnya akan beralih warna menjadi hijau, serta zat merahnya bakal hilang, hingga yang harus dikerjakan ialah ganti media tanah, pupuk, serta vitamin yang lain.

Kelapa albino memiliki warna putih silver. Tipe kelapa ini sama dengan gading susu dan gading merah, namun banyak beberapa penghobi mengubah bonsai kelapa agar mempunyai batang yang berwarna putih silver supaya tampak unik atau albino.

 

Mencari Bibit Kelapa

Peluang usaha tanaman kelapa bonsai, carilah bibit kelapa yang sudah berumur tua. Akan lebih baik jika kelapa tersebut dipetik langsung dari pohonnya. Alasannya, bibit yang tua lebih cepat tumbuh tunas namun bila bibit yang telah terjatuh ke tanah akan menghasilkan bentuk yang kurang menarik serta kentosnya gampang rapuh karena terjatuh.

Jika kelapa yang akan dibuat bonsai mempunyai kentos (batok) yang benar-benar kecil serta mempunyai akar yang besar, hasilnya akan prima. Kentos yang kecil akan mempermudah pembuatan batang sesuai yang kita kehendaki.

Baca juga : Analisa Usaha Tanaman Kelapa Pandan Wangi

 

Menentukan Posisi Kelapa Bonsai

Kelapa yang belum memiliki tunas sebaiknya diletakkan di tanah yang lembab dan memiliki kandungan banyak air. Sekitar 1 sampai 2 minggu umumnya kelapa telah tumbuh tunas. Jika menginginkan bentuk kentos yang dikelilingi akar sebaiknya letakkan kelapa dengan posisi berdiri (vertikal).

Namun bila anda menginginkan bentuk bonsai kelapa seperti keong maka letakkan posisi tidur (horizontal). Bentuk posisi kelapa disesuaikan dengan imjinasi kita. Bagaimana Peluang usaha tanaman kelapa bonsai, cukup menarik bukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
Penemu Ayam Goreng