Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Membahas tentang power plant Indonesia sangat mungkin akan bersinggungan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Perlu diketahui, PLTN adalah sebuah pembangkit listrik yang menggunakan sumber panasnya dari beberapa reaktor nuklir.

Diketahui PLTN telah berdiri sebanyak 66 unit di berbagai negara. Beberapa negara yang telah memasang PLTN ini seperti Tiongkok, India, Rusia, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Taiwan, dan Pakistan. Hingga saat ini negara seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan sekitarnya belum memiliki jenis pembangkit listrik satu ini.

Ada beberapa faktor yang mempertimbangkan mengapa PLTN belum didirikan oleh perusahaan power plant Indonesia hingga saat ini. Meski begitu, pembangunan PLTN ini rupanya memiliki kelebihan manfaat yang baik. Berikut penjelasannya!

Hasil Energi yang Padat

Energi nuklir memiliki intensitas tertinggi. Energi ini terbilang sangat besar untuk diproduksi dari jumlah bahan bakar yang sedikit. Oleh sebab itu, energi yang dihasilkan dari nuklir ini sangat padat.

Emisi Karbon yang Rendah

Selain energi yang dihasilkan sangat padat, kelebihan dari tenaga nuklir ini menggunakan emisi karbon yang cukup rendah. Hal ini dikarenakan PLTN tidak berkontribusi terhadap emisi karbon. PLTN juga tidak ada emisi co2 yang dikeluarkan sehingga tidak akan menyebabkan global warming.

Tidak Perlu Lahan Luas

Pembangunan pembangkit listrik umumnya perlu menggunakan lahan yang sangat luas. Namun berbeda dengan PLTN yang bisa menggunakan lahan lebih kecil untuk pemakaiannya. PLTN bisa ditempatkan di area pantai yang tepat untuk penggunaannya sehingga mencegah gangguan pemanfaatan air minum.

Tidak Mengeluarkan Partikel Polutan

PLTN tidak memproduksi partikel polutan seperti pembangkit thermal pada umumnya. Nilai inilah yang menjadi kelebihan dari PLTN karena tidak akan menimbulkan pencemaran udara yang beresiko terhadap terjadinya hujan asam.

Baca Juga
Menggunakan Data untuk Memprioritaskan Kegiatan SEO

Perusahaan power plant Indonesia saat ini banyak bergerak dalam pengelolaan pembangkit listrik seperti tenaga uap, tenaga gas, tenaga air, dan lain-lain. Termasuk PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) yang telah berpengalaman dalam mengelola unit pembangkit listrik di Indonesia. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silahkan mengunjungi situs resmi PT PJB melalui https://www.ptpjb.com/.