Menilik Proses Pembuatan Buku Yasin di Percetakan Buku

Pembuatan Buku Yasin di Percetakan Buku

Di Indonesia, jasa cetak buku yasin sama pentingnya dengan mencetak buku pada umumnya. Hal ini disebabkan kegiatan tahlilan adalah kegiatan yang juga penting bagi sebagian besar umat muslim. Untuk itulah banyak tempat pembuatan buku yasin yang membuka layanan untuk produksi buku semacam ini.

Ketika akan membuat buku yasin, maka ada proses yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum akhirnya naik cetak. Setiap pemesan buku harus paham, agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman dan kekeliruan ketika semua sudah selesai dicetak.

Langkah Pembuatan di Percetakan Buku Yasin

1.     Persiapan Blangko Buku Yasin

Di semua percetakan biasanya sudah ada template blanko atau blangko kosongan yang memang diperuntukkan sebagai contoh. Anda dapat memilih dari beberapa model yang disediakan. Selain untuk pemesanan dan pencetakan di tempat, biasanya pihak percetakan juga ada yang memasarkan blangko semacam ini dan menjualnya di toko buku.

Hal ini dilakukan agar mempermudah siapapun yang akan membuat buku yasin sendiri.  Selain desain blanko, Anda juga dapat memilih tebal dan tipisnya blanko. Ukuran dan juga ketebalan akan mempengaruhi harga dan juga tampilan buku yang akan dibuat.

2.     Pembuatan Desain Untuk Sampul

Selanjutnya adalah pembahasan tentang desain sampul depan dan belakang. Anda dapat memilih menggunakan desain bawaan dari percetakan atau menggunakan desain sendiri. Tentunya jika Anda menggunakan desain sendiri, maka harus memastikan desain tersebut sesuai dengan blanko yang sudah dipilih sebelumnya.

3.     Pembuatan Halaman Pembuka

Sebenarnya hampir semua isi buku yasin sama, yang membedakan adalah keterangan yang ada di dalamnya. Untuk itulah Anda harus memberikan informasi yang tepat kepada pihak percetakan, agar tidak terjadi salah tulis maupun kekeliruan lainnya.

Nantinya, pihak percetakan hanya perlu mengganti beberapa bagian agar sesuai dengan keterangan yang Anda berikan. Informasi yang perlu disediakan biasanya adalah nama almarhum/almarhumah, keluarga yang ditinggalkan, foto, dan lain sebagainya.

4.     Proses Pencetakan

Langkah selanjutnya di percetakan buku yasin adalah mencetak desain yang sudah disetujui, mulai dari sampul hingga isi dari buku. Untuk sampul, biasanya kertas yang digunakan adalah jasmine.

Walau demikian, Anda dapat meminta jenis yang sesuai dengan kebutuhan, seperti art paper maupun kertas piagam. Sedangkan untuk halaman isi, kertas yang digunakan adalah kertas HVS biasa.

5.     Penjilidan

Untuk proses penjilidan, akan melalui proses sebagai berikut:

  • Penyusunan lembar halaman mulai dari halaman pembuka hingga akhir
  • Penyatuan halaman dengan cara distaples
  • Merapikan hasil staples
  • Pengolesan lem pada bagian isi
  • Pengolesan lem pada bagian sampul
  • Merapikan buku yasin

Setelah semuanya selesai, maka buku yasin yang Anda butuhkan sudah siap untuk digunakan. Proses pembuatan buku seperti ini akan sangat mudah dan cepat jika Anda menggunakan jasa percetakan yang sudah terpercaya. Bagi Anda yang akan mencetak buku, kalender, dan produk lainnya, bisa menghubungi Only Print dan kami akan membantu semua kebutuhan Anda.