Pentingnya Pengaman Tangga Untuk Perawatan Home Care

home care

Pada beberapa case lansia, orang akan mengalami kesulitan ketika harus menaiki tangga. Ini mungkin disebabkan oleh masalah mobilitas, seperti artritis, atau masalah penglihatan rendah akibat bertambahnya usia, seperti glaukoma atau degenerasi makula. Orang ini mungkin juga memiliki persepsi kedalaman yang buruk, kondisi yang berhubungan dengan demensia. Alih – alih melihat langkah – langkah individu, orang ini akan melihat langkah langkah kakinya menyatu, sehingga sulit untuk dapat mengetahui dimana harus meletakkan kakinya atau seberapa tinggi kakinya harus diangkat.

Beberapa tangga juga mungkin tidak terlalu aman. Seringkali ada tangga yang hanya memiliki satu pegangan atau bahkan ada tangga yang tidak memiliki pegangan sama sekali. Hal tersebut dapat berbahaya untuk keselamatan pengguna dan bahkan tidak mungkin dapat digunakan oleh orang yang memiliki sisi lemah karena stroke. Turunan dapat sangat berbahaya terutama jika tingkat penerangannya kurang. Cahaya yang kurang terang dan turunan yang tajam juga dapat menyebabkan pendaratan yang buruk, seperti tergelincir, tersandung, atau keseleo. Hal tersebut tentunya dapat sangat berbahaya bagi keselamatan para lansia yang menggunakan tangga. Ada cara yang dapat dilakukan untuk memberikan keamanan bagi para lansia ketika menggunakan tangga, yaitu dengan memberi pengaman di tangga dan sekitarnya. Pengaman ini masuk dalam produk home care yang wajib untuk anda sediakan untuk menjaga keamanan orang lanjut usia yang ada di rumah. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai macam – macam jenis pengaman tangga. Simaklah penjelasannya berikut ini :

  • Pegangan tangan

Menambah atau memperbaiki pegangan tangan merupakan salah satu perbaikan rumah yang penting untuk memberikan keamanan ketika menggunakan tangga. Pegangan tangan ini sebaiknya dipasang di kedua sisi semua tangga. Adanya pegangan ini juga memungkinkan pengguna untuk berpegangan dengan lengan yang lebih kuat apabila pengguna memiliki kelemahan satu sisi akibat stroke. Pegangan ini juga sangat berguna bagi mereka yang memiliki otot kaki atau lutut yang lemah dan sendi pinggul yang mengalami rematik. Pastikan juga pegangan tangan ini memiliki warna yang kontras dengan tembok sehingga pegangan tersebut dapat mudah terlihat. Sebelum digunakan oleh lansia yang ada di rumah, pastikan anda melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menaiki tangga sambil memegang pegangan tangan. Apabila pegangan goyah, hal itu merupakan pertanda bahwa pegangan tidak dipasang dengan benar dan kuat. Lakukan perbaikan pemasangan sampai dirasa pegangan sudah cukup kuat untuk digunakan.

Baca Juga
Cara Cuci Sofa Beludru Agar Bersih Maksimal

  • Selotip pengaman

Beberapa spesialis merekomendasikan penggunaan selotip pengaman di sepanjang tepi karpet karena dapat melekat dengan sempurna pada semua jenis karpet. Meskipun begitu, penggunaan selotip pengaman ini juga sedikit mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan pengguna tergelincir atau tersandung, terutama jika selotip mudah robek, licin, dan anti selip. Apabila anda menggunakan selotip pengaman, periksalah selotip secara teratur untuk memastikan selotip tersebut melekat dengan baik.

  • Pencahayaan dan visi

Pencahayaan tidak hanya penting untuk penglihatan, tetapi kondisi pencahayaan yang kurang atau redup dapat berkontribusi pada gaya berjalan dan keseimbangan yang buruk sehingga akan meningkatkan resiko jatuh pada orang lanjut usia. Menaiki tangga dapat menjadi hal yang sulit karena berbagai alasan, termasuk salah satunya akibat pencahayaan yang buruk. Pencahayaan yang baik dapat membantu orang tersebut dapat melihat tepi anak tangga dan bentuk tangga dengan lebih baik. Pastikan cahaya yang digunakan tidak silau atau dapat menyilaukan.