Persyaratan Melamar Kerja di Bidang Pertambangan

Persyaratan Melamar Kerja di Bidang Pertambangan – Pertambangan merupakan bidang pekerjaan yang memiliki tingkat pendapatan cukup tinggi. Apalagi dengan banyaknya wilayah persebaran tambang yang banyak di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan bila banyak masyarakat yang tertarik untuk bekerja pada bidang ini

Persyaratan Melamar Kerja di Bidang Pertambangan

Bekerja di pertambangan bukanlah hal baru. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk bekerja di bidang ini. berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebagai persyaratan melamar kerja di bidang pertambangan.

  1. CV dan Resume

Persyaratan melamar kerja di bidang pertambangan yang pertama adalah mempersiapkan CV dan resume. Kedua berkas ini akan menjadi pertimbangan apakah kandidat layak untuk mengikuti tahap selanjutnya. Oleh karena itu, persiapkanlah CV dan resume dengan baik.

Buatlah CV dan resume dengan menekankan aspek kemampuan yang dimiliki. Skill yang dicantumkan dalam kedua berkas ini haruslah skill yang relevan dengan dunia pertambangan. Sehingga perusahaan dapat mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh kandidat.

  1. Pelatihan

Perusahaan pertambangan tentu memiliki sistem kerja dan operasionalnya masing-masing. Dan ternyata, pelatihan-pelatihan kerja mengenai dunia petambangan sudah banyak diselenggarakan untuk umum. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan surat kelayakan bekerja di pertambangan.

Untuk menyempurnakan CV dan resume yang dimiliki, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa pelatihan yang relevan dengan dunia pertambangan. Apalagi jika dalam pelatihan diberikan surat atau sertifikat kelayakan bekerja di pertambangan. Tentu hal ini dapat menunjang kemampuan yang ada.

  1. SIM A dan SIM C

Sebenarnya adanya SIM A dan SIM C ini tidak diharuskan di semua posisi. Namun dalam hal melamar pekerjaan, kedua kemampuan mengemudi inti akan menjadi nilai lebih bagi pelamar. Bisa jadi kemampuan ini dapat meningkatkan peluang ke berbagai posisi di pertambangan.

Baca Juga
Cara Membersihkan Keramik Setelah Pembangunan: Panduan Lengkap

Itulah beberapa persyaratan melamar kerja di bidang pertambangan yang dapat dicatat dan dipersiapkan. Cobalah untuk sering mencari informasi mengenai pertambangan dan memantau lowongan pekerjaan pada situs resmi perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia. Semoga beruntung.