Perbedaan Promosi Landing Page Produk dan Jasa

Penting buat kalian untuk mengetahui perbedaan dari promosi landing page produk dan jasa, untuk memulai pemasaran bisnis kalian. Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat mengoptimalkan pesan pemasaran atau tujuan dari pemasaran.

Kalian dapat mengoptimalkan pemasaran sesuai dengan karakteristik bisnis yang dimiliki, meningkatkan konversi, dan membangun kepercayaan konsumen. Simak pengertian sebelum memahami perbedaan antara promosi landing page produk dan jasa.

 

Pengertian Landing Page Produk dan Jasa

Promosi landing page produk

 

Pada dasarnya, landing page adalah halaman yang dibuat khusus setelah audiens mengklik iklan digital di media sosial, Google Ads, email, atau website suatu brand yang Anda akses.

Halaman arahan itu sendiri mengarahkan Anda untuk mengambil tindakan. Secara obyektif dalam periklanan digital, landing page dibuat dengan fokus pada peningkatan konversi terhadap penjualan.

Landing page produk adalah halaman web khusus yang dirancang dengan tujuan utama untuk mempromosikan dan mengonversi pengunjung menjadi pembeli atau pelanggan produk tertentu.

Halaman ini biasanya dioptimalkan untuk fokus pada satu produk atau rangkaian produk tertentu. Tujuannya adalah memberikan informasi yang komprehensif tentang produk tersebut, termasuk fitur, spesifikasi, manfaat, dan alasan mengapa produk tersebut layak dibeli.

Sedangkan landing page jasa adalah halaman web khusus yang dibuat dengan tujuan utama untuk mempromosikan dan menjelaskan layanan tertentu yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau individu.

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi mengenai nilai tambah, keunggulan dan solusi yang dapat diberikan layanan tersebut kepada calon pelanggan. Halaman ini seringkali dirancang untuk menciptakan kesan positif terhadap layanan dan meyakinkan pengunjung.

 

Perbedaan Landing Page Produk dan Jasa

Promosi landing page produk dan layanan dapat memiliki struktur dan elemen yang serupa, namun disesuaikan dengan karakteristik spesifik produk atau layanan yang ditawarkan. Berikut ini adalah contoh umum bagaimana halaman arahan penjualan produk dan layanan dapat dirancang.

Landing Page Produk

1. Headline yang Menarik

Memikat perhatian pengunjung dengan headline yang singkat, jelas, dan menarik sangat penting untuk menarik perhatian dan mendorong mereka untuk membaca lebih lanjut. Headline yang efektif harus mampu merangkum keunggulan produk secara menarik.

2. Deskripsi Produk yang Singkat

Promosi landing page produk menjelaskan sebuah brand atau produknya dengan jelas dan disertakan dengan manfaat serta keunikan. Dangan hal ini tentu dapat membuat daya tarik yang lebih dari pengunjung atau calon pembeli.

3. Gambar Produk yang Menarik

Landing page ini menggunakan  gambar yang menarik. Pemilihan gambar menyesuaikan dengan fungsi dan keestetikan. Penggunaan gambar yang berkualitas tinggi memastikan pengalaman visual yang jelas, menciptakan daya tarik pada pengunjung.

4. Manfaat dan Fitur Gambar

Landing page produk merinci manfaat dan fitur produk, serta menyoroti bagaimana produk memberikan solusi nyata terhadap suatu masalah atau memenuhi kebutuhan pengguna.

Penjelasan mendetail dan memberikan gambaran lengkap, membantu calon pembeli mengambil keputusan yang tepat, dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Testimoni

Dengan testimoni langsung dari pelanggan yang puas, landing page ini memberikan pengalaman positif pengunjung. Testimoni ini tidak hanya membangun kepercayaan, tetapi juga menyoroti manfaat praktis produk, membuktikan nilai nyata yang dirasakan oleh pelanggan.

6. CTA (Call-To-Action)

Sertakan ajakan bertindak (CTA) yang kuat dan menarik, seperti tombol ajakan bertindak (CTA) “Beli Sekarang” atau “Tambahkan ke Keranjang”, untuk mengarahkan pengunjung agar melakukan pembelian.

7. Informasi Kontak dan Kebijakan Pengembalian

Sertakan informasi kontak yang jelas dan kebijakan pengembalian yang transparan untuk memberikan kepercayaan tambahan kepada pengunjung.

Landing Page Jasa

1. Judul yang Menarik

Menyampaikan headline yang singkat, jelas dan menarik yang menonjolkan manfaat dan keunggulan layanan yang ditawarkan.

2. Deskripsi Singkat Tentang Layanan

Uraikan layanan dengan jelas dan tekankan manfaat yang diberikan serta keahlian dan pengalaman dalam memberikan layanan.

3. Ilustrasi Hasil Kerja

Menampilkan contoh hasil karya atau portofolio yang menarik dan relevan untuk memberikan gambaran visual kepada pengunjung mengenai kualitas jasa yang ditawarkan.

4. Paket Layanan

Menyajikan pilihan paket layanan dengan penjelasan rinci tentang apa saja yang termasuk dalam setiap paket dan bagaimana memenuhi kebutuhan klien.

5. Testimoni Klien

Sertakan testimoni dari klien yang puas dengan kutipan dan gambar untuk membangun kepercayaan dan menunjukkan kualitas layanan.

6. Ajakan Bertindak yang Jelas

Sertakan ajakan bertindak yang kuat dan menarik, seperti tombol “Hubungi Kami” atau “Dapatkan Penawaran Gratis”, untuk mengarahkan pengunjung agar mengambil tindakan lebih lanjut.

7. Informasi kontak dan Kebijakan Layanan

Sertakan informasi kontak yang jelas dan kebijakan layanan yang transparan untuk memberikan kepercayaan kepada pengunjung.

Ingat, desain dan konten halaman arahan harus dirancang sedemikian rupa untuk menarik perhatian, memberikan informasi yang relevan, dan mendorong tindakan dari pengunjung. Pastikan juga untuk mempertimbangkan desain responsif yang memastikan landing page dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop dan smartphone.

Bagaimana, apakah kaliah bisa membedakan antara landing page produk dan jasa? kalian dapat mencari referensi cara membuat landing page produk dengan mudah untuk memandu kalian. Ataukah kalian bisa menggunakan jasa pembuatan landing page.