Resep Ayam Kari Tanpa Santan Paling Enak di Indonesia

resep ayam kari tanpa santan

Resep Ayam Kari Tanpa Santan paling enak

Resep ayam kari tanpa santan adalah hidangan ayam kari yang tidak menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Terkadang, Sebagian orang tidak menginginkan satan dikarenakan berberapa alasan terutama untuk menjaga kesehatan mereka.

Biasanya, santan digunakan dalam pembuatan kari untuk memberikan tekstur kental dan rasa kaya. Namun, beberapa orang mungkin memilih untuk membuat versi ayam kari tanpa santan karena alasan diet, intoleransi laktosa, atau preferensi pribadi.

Resep Ayam Kari Tanpa Santan

Ayam kari resep tanpa santan terbilang mudah, caranya yang sederhana membuat masakan ini bisa menjadi opsi yang terbaik sebagai lauk saat makan bersama keluarga.

Bahan-bahan:

  • ·       500 gram daging ayam, potong menjadi potongan kecil
  • ·       2 sendok makan minyak kelapa atau minyak sayur
  • ·       1 buah bawang bombay, cincang halus
  • ·       3 siung bawang putih, cincang halus
  • ·       1 ruas jari jahe, parut halus
  • ·       2 batang serai, memarkan
  • ·       2 lembar daun jeruk
  • ·       2 sendok makan bubuk kari
  • ·       1 sendok teh bubuk kunyit
  • ·       1 sendok teh bubuk ketumbar
  • ·       1/2 sendok teh bubuk cabai (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • ·       1 sendok teh garam
  • ·       1/2 sendok teh gula
  • ·       400 ml air
  • ·       Daun ketumbar segar, untuk hiasan (opsional)
Baca Juga
Peluang Pemasaran Di Sosial Media Menyongsong Kesuksesan

Langkah-langkah:

1. Panaskan minyak dalam wajan atau panci besar di atas api sedang. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk sampai harum dan bawang bombay mulai layu.

2.   Tambahkan potongan ayam ke dalam wajan dan tumis hingga ayam berubah warna menjadi kecokelatan.

3. Masukkan bubuk kari, bubuk kunyit, bubuk ketumbar, dan bubuk cabai. Aduk rata hingga ayam terbalut bumbu dengan merata.

4. Tuangkan air ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan garam dan gula, lalu aduk lagi.

5. Tutup wajan dan biarkan kari ayam mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan kari ayam mendidih perlahan selama sekitar 20-30 menit atau hingga ayam empuk dan bumbu meresap.

6. Setelah matang, cicipi dan tambahkan garam atau gula jika diperlukan sesuai dengan selera Anda.

7. Angkat dari api dan hidangkan ayam kari tanpa santan dengan nasi putih hangat. Anda juga dapat menghiasnya dengan daun ketumbar segar untuk tampilan yang lebih menarik.

Tips Agar Daging Empuk

Untuk membuat daging ayam menjadi empuk dalam resep ayam kari tanpa santan, Anda dapat menggunakan beberapa teknik berikut:

1. Marinasi

Rendam potongan ayam dalam campuran bumbu dan sedikit air selama minimal 30 menit atau lebih lama di dalam lemari es sebelum dimasak. Proses marinasi membantu daging menyerap bumbu dan membuatnya lebih empuk.

2. Perendaman dalam air garam

Sebelum dimasak, rendam potongan ayam dalam air garam selama sekitar 15-30 menit. Air garam membantu melonggarkan serat daging dan membuatnya lebih empuk.

3. Penggunaan bahan pengempuk alami

Tambahkan bahan alami seperti papain (yang terdapat dalam papaya muda) atau nanas segar yang mengandung enzim bromelain ke dalam campuran marinasi. Enzim-enzim ini membantu melunakkan daging secara alami.

Baca Juga
Tips Mencari Harga Terbaik dari Dealer Motor Honda

4. Teknik pemasakan yang tepat

Dalam resep ayam kari tanpa santan, penting untuk memasak ayam dengan metode yang tepat. Setelah ditumis, biarkan ayam merebus dalam air atau saus dengan api kecil dan tutup wajan atau panci untuk memastikan daging ayam matang secara merata dan tetap lembut.

5. Potongan daging yang tepat

Gunakan potongan daging yang sesuai untuk memasak ayam kari. Potongan daging yang lebih kecil atau menggunakan daging ayam tanpa tulang bisa mempercepat waktu pemasakan dan membantu daging tetap empuk.

6. Penggunaan teknik perebusan lambat

Jika waktu memungkinkan, gunakan teknik perebusan lambat dengan suhu yang rendah untuk memasak daging ayam. Metode ini memungkinkan daging ayam untuk matang secara perlahan, sehingga memberikan hasil yang lebih empuk dan lezat.

Itulah cara membuat kari ayam paling mudah yang bisa Anda coba di rumah, selamat mencoba!