Resep Bolu Kopi Panggang, Aroma Kopi Menggoda Selera

Bolu kopi adalah sejenis kue bolu yang memiliki aroma dan rasa kopi yang kuat. Kue ini terbuat dari adonan dasar seperti tepung, telur, gula, mentega, serta ditambahkan dengan bubuk kopi atau ekstrak kopi untuk memberikan cita rasa kopinya. Cobain resep bolu kopi panggang kamu sendiri melalui artikel ini!

Bolu kopi

Proses pembuatannya mirip dengan membuat bolu pada umumnya. Pertama-tama, bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, telur, mentega, dan bubuk kopi (atau ekstrak kopi) dicampur menjadi adonan yang homogen. Adonan kemudian dipanggang dalam oven hingga matang dan mengembang.

Hasil akhirnya adalah sebuah bolu dengan aroma harum dan cita rasa kopinya yang dominan. Bolu kopi seringkali memiliki tekstur yang lembut dan sedikit kenyal di bagian tengahnya.

Kue ini sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh atau secangkir kopi lainnya sebagai teman ngobrol santai atau saat bersantai di sore hari. Bagi para pecinta kopi, bolu ini bisa menjadi pilihan camilan yang sempurna untuk menikmati kelezatan rasa kopinya tanpa harus minum langsung segelas espresso atau cappuccino.

Baca juga: pelatihan roasting kopi

Resep Bolu Kopi Panggang yang Lezat dan Aromatik

resep bolu kopi panggang

Halo! Kali ini saya akan berbagi resep bolu kopi panggang yang lezat dan aromatik. Bolu kopi panggang adalah pilihan sempurna untuk para pecinta kopi yang ingin menikmati rasa kopi dalam bentuk makanan ringan yang lembut dan enak. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan:

  • 200 gram mentega tawar, suhu ruang
  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan bubuk kopi instan (dapat disesuaikan sesuai selera)
  • 1 sendok teh baking powder
  • Sejumput garam

Cara membuat:

  1. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Siapkan loyang bulat dengan diameter sekitar 22 cm atau bisa menggunakan loyang persegi jika tidak memiliki loyang bulat.
  3. Oleskan mentega atau alasi dengan baking paper agar adonan tidak lengket saat dipanggang.
  4. Dalam mangkuk besar, campur mentega tawar dan gula pasir hingga lembut dan mengembang.
  5. Tambahkan telur satu per satu sambil terus mengocok adonan hingga rata setelah setiap penambahan telur.
  6. Dalam wadah terpisah, ayak tepung terigu, bubuk kopi instan, baking powder, dan sejumput garam lalu aduk rata.
  7. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan mentega secara bertahap sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur rata.
  8. Tuang adonan bolu kopi ke dalam loyang yang sudah disiapkan sebelumnya, ratakan permukaannya dengan spatula.
  9. Panggang dalam oven selama sekitar 35-40 menit atau hingga bagian atasnya berwarna cokelat keemasan dan ketika tusuk gigi dimasukkan ke tengahnya, keluar bersih tanpa adonan yang lengket.
  10. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin selama beberapa saat sebelum memotongnya menjadi potongan-potongan bolu.
  11. Bolu kopi panggangmu siap dinikmati!
Baca Juga
Yuk, Kenali Tentang Jasa Pembuatan Pouch dan Tas Pouch!

Bolu kopi panggang ini memiliki aroma harum dari bubuk kopi instan yang memberikan sentuhan unik pada cita rasanya. Rasanya lembut, ringan, dan sedikit manis sehingga cocok disajikan sebagai hidangan penutup di acara spesial atau sekadar untuk menemani secangkir teh atau kopi.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan variasi tambahan seperti taburan almond cincang di atas permukaannya sebelum dipanggang untuk memberikan tekstur renyah yang lebih menarik. Atau jika ingin varian lebih kuat, kamu bisa menambahkan ekstrak vanila atau cokelat bubuk sesuai dengan selera kamu.

Nah, itu dia resep bolu kopi panggang yang lezat dan aromatik! Jadi tunggu apa lagi? Segera cobain resep ini di dapurmu sendiri dan nikmati sensasi rasa kopi yang lezat dalam bentuk bolu yang lembut. Selamat mencoba!