Resep Dan Cara Membuat Lapis Legit Pandan

Sedang mencari resep camilan manis lembut? apalagi kalo bukan lapis legit, camilan ini dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang memang sangat disukai oleh orang-orang . pada artikel kali ini saya akan membagikan resep dan cara membuat lapis legit. Yuk langsung saja simak resepnya.

 

Sejarah Lapis Legit

resep dan caara membuat kue lapis legit

 

Dibalik kisah kelam penjajahan Belanda pada Indonesia, ternyata ada sekelumit kisah menarik tentang kue lapis legit yang hingga kini masih menjadi kue terkenal dan banyak digemari orang Indonesia. Kue yang sebenarnya dibuat oleh seorang warga Belanda ini secara cerdik diubah oleh masyarakat Indonesia sebagai kue tersebut digemari banyak orang.

Dengan digunakannya bahan-bahan lokal dan disesuaikan dengan lidah dan selera Indonesia, akhirnya lapis legit menjadi favorit di Indonesia. Seiring waktu berlalu, lapis legit secara sah menjadi milik Indonesia setelah adanya pendeklarasian terhadap kue tersebut. Kue yang akhirnya menjadi makanan khas Indonesia ini sudah tak bisa lagi diklaim oleh negara lain.

Dalam sejarah, dikatakan nama asli kue lapis adalah “Spekkoek” atau kue seribu lapis. Kata Spek memiliki arti lapisan lemak b*bi. Namun jangan khawatir, karena kata Spek tersebut merujuk pada bentuk kue yang berlapis-lapis dan menyerupai lemak b*bi yang juga berlapis-lapis. Bahan dan proses pembuatan lapis legit sendiri juga cukup unik.

Banyaknya bahan seperti telur, tepung terigu dan mentega serta perlunya keterampilan dan kesabaran tinggi dalam setiap lapisan yang dipanggang menjadi rahasia kelezatan lapis legit.

 

Waktu Menikmati Kue Lapis Legit

Kue milik Indonesia yang memiliki rasa manis dan lezat ini bisa dinikmati dalam berbagai jenis acara. Saat hari-hari lebaran maupun natal, kue lapis legit banyak dijadikan sebagai jamuan atau hadiah untuk saudara dan kerabat dekat.

Baca Juga
Resep Choco Mousse Cake yang Wajib Dicoba Dirumah!

Permintaan kue lapis legit juga meningkat saat Imlek, karena kue ini merupakan lambang menuju kesuksesan di tahun baru. Orang China memiliki kepercayaan jika lapisan pada kue semakin banyak, maka semakin berlapis-lapis pula rejeki yang akan datang.

 

Cara Membuat Kue Lapis Legit

 

resep dan cara membuat lapis legit

 

Kue lapis legit pandan tidak kalah nikmat dengan kue lapis yang lainnya. Aroma pandan yang harum dan rasa pandan yang menggoda membuat kue lapis kali ini lebih spesial. Teksturnya yang lembut membuat kue ini semakin menggoda.

Pada umumnya, resep dan cara membuat lapis legit pandan ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat kue lapis yang lainnya. Proses membuat kue lapis legit yang membutuhkan kesabaran akan terbayar lunas dengan kelezatan dari rasanya.

Bahan Utama :

  • 200 gram margarin
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • 50 gram susu bubuk
  • 8 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok makan emulsifier

Bahan Untuk Taburan

  • 1/2 sendok makan bubuk spekuk
  • 1/2 sendok makan coklat bubuk

Cara Membuat Adonan Lapis Legit Pandan :

  1. Yang pertama langkah yang harus anda lakukan yaitu mengkocok mentega tawar dan margarin hingga lembut.  Setelah lembut, silahkan masukan susu kental manis ke dalamnya. Kocok kembali adonan sampai merata. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya Pada wadah yang berbeda, campurkan bahan bahan seperti misalkan gula pasir, telur, dan emulsifier. Lalu kocok campuran bahan-bahan tersebut sampai mengembang.
  3. Berikutnya masukan susu bubuk, tepung terigu dan baking powder sambil diayak sedikit demi sedikit dan diaduk sampai merata. Kemudian tambahkan pasta pandan dan anda bisa kembali mengaduknya sampai merata.
  4. Kemudian tuangkan adonan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan mentega sambil anda aduk dengan perlahan-lahan.
Baca Juga
Information about Online Dating

Cara Membuat Lapis Legit Pandan :

  1. Siapkan loyang dengan ukuran 20x20x7 cm. Lalu alasi loyang dengan kertas roti tanpa diolesi margarin.
  2. Selanjutnya, ambil adonan dan tuangkan ke dalam loyang sebanyak 75 gram. Ratakan adonan  tersebut  di atas loyang. Setelah itu, ayak tipis bahan taburan yang sudah anda siapkan dan sebelumnya sudah diaduk rata.
  3. Kemudian kukus adonan dalam loyang di atas api sedang selama kurang lebih 5 menit.
  4. Setelah itu, keluarkan loyang  dan tuangkan kembali adonan sebanyak 75 gram, lalu ratakan. Lalu ayak bahan taburan secara tipis. Kemudian kukus kembali selama 5 menit atau sampai matang.
  5. Berikutnya lakukan langkah yang sama hingga adonan habis.
  6. Sementara itu apabila adonan terakhir sudah dituangkan, silahkan kukus selama 10 menit atau sampai benar-benar matang.
  7. Setelah matang anda bisa langsung mengangkat dan menunggunya beberapa saat hingga dingin.
  8. Jika sudah dingin, silahkan potong-potong kue sebelum menyajikannya pada tempat atau piring saji.
  9. Kue lapis legit pandan sudah siap dinikmati. Agar lebih nikmat, anda bisa menyantap kue ini dengan ditemani secangkir teh hangat.

 

Manfaat Lapis Legit

Mengkonsumsi “Lapis legit” dengan cara teratur sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) atau sesuai kebutuhan gizi dari Kemenkes RI, bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut ini :

  1. Merawat dan meningkatkan pertumbuhan tulang Manfaat dari kandungan protein dan fosfor yang cukup tinggi.
  2. Menambah dan menjaga kesehatan tulang Manfaat dari cukup tingginya kandungan protein dan fosfor.
  3. Menormalkan terjadinya osteoporosis Manfaat dari cukup tingginya kandungan protein dan fosfor.

 

 

Baca juga : cara membuat kue lapis legit dengan oven listrik