Resep Laksa Original dengan Rasa yang Enak dan Lezat

resep laksa original

Laksa adalah hidangan mie berkuah yang berasal dari Asia Tenggara, terutama populer di Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Resep laksa original terdiri dari mie (biasanya mie kering atau mie beras) yang direbus dan disajikan dengan kuah kental yang berbumbu kaya.

Kuah laksa biasanya terbuat dari campuran bumbu-bumbu seperti rempah-rempah, cabai, santan kelapa, kaldu, dan bahan-bahan lain yang memberikan cita rasa khas.

Laksa original merujuk pada laksa dengan resep tradisional yang berasal dari daerah asalnya. Setiap daerah memiliki variasi laksa yang unik, misalnya laksa asam dari Malaysia, laksa lemak dari Singapura, dan laksa Betawi dari Indonesia.

Laksa original cenderung memiliki cita rasa autentik yang mewakili karakteristik khas dari daerah tersebut. Misalnya, laksa original dari Malaysia, seperti laksa Penang atau laksa Sarawak, memiliki kuah berbasis santan yang kaya dan rempah-rempah yang khas.

Laksa original dari Singapura, seperti laksa Katong, biasanya memiliki kuah asam pedas yang lebih ringan. Sedangkan laksa Betawi original dari Indonesia biasanya menggunakan kuah santan dengan campuran rempah seperti lengkuas, kunyit, dan kencur.

Namun, setiap versi laksa dapat memiliki variasi dalam bahan dan bumbu yang digunakan tergantung pada preferensi dan resep masing-masing. Penting untuk dicatat bahwa laksa original bisa memiliki beragam varian tergantung pada daerahnya.

Resep Laksa Original yang Enak

Rasa laksa original tidak kalah enak dengan resep laksa sunda tradisional. Berikut adalah contoh resep untuk Laksa Original yang umumnya ditemukan di Malaysia:

Bahan-bahan:

·       250 gram mie laksa (mie kering atau mie beras)

 

·       200 gram daging ayam, potong dadu kecil atau irisan tipis

Baca Juga
V60 Coffee Brewing Menguasai Seni Pour-Over Yang Sempurna

 

·       200 gram udang, kupas kulitnya

 

·       200 ml santan kelapa

 

·       1 liter kaldu ayam

 

·       2 sendok makan minyak sayur

 

·       2 sendok makan pasta laksa (bumbu laksa)

 

·       2 sendok makan pasta udang (bumbu udang)

 

·       2 sendok makan kecap ikan

·       2 sendok teh gula merah, serut atau parut

·       Garam secukupnya

·       Daun seledri, iris halus (untuk hiasan)

·       Tauge, untuk hiasan

·       Daun bawang, iris halus (untuk hiasan)

·       Telur rebus, iris menjadi dua bagian (opsional)

Bumbu halus:

·       4 buah bawang merah

·       3 siung bawang putih

·       3 cm jahe

·       2 cm lengkuas

·       2 cm kunyit, bakar sebentar

·       5 butir kemiri, sangrai

·       2 batang serai, ambil bagian putihnya saja

Langkah-langkah:

1.       Rebus mie laksa sesuai petunjuk pada kemasan. Tiriskan dan sisihkan.

2.       Panaskan minyak dalam panci besar. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.

Baca Juga
Tips Menarik Follower Sosial Media Strategi Ampuh

3.       Tambahkan pasta laksa dan pasta udang, aduk rata dengan bumbu tumis. Masak sebentar hingga tercampur merata.

4.       Tambahkan kaldu ayam ke dalam panci dan masak dengan api sedang hingga mendidih. Kemudian, tambahkan daging ayam dan masak hingga ayam matang.

5.       Masukkan santan kelapa, kecap ikan, gula merah, dan garam ke dalam panci. Aduk rata dan masak dengan api kecil selama sekitar 10-15 menit.

6.       Tambahkan udang ke dalam kuah, masak hingga udang matang. Pastikan jangan terlalu lama agar udang tidak overcooked.

7.       Siapkan mangkuk saji, letakkan mie laksa yang sudah direbus di dasar mangkuk. Tuang kuah laksa beserta daging ayam dan udang di atas mie.

8.       Hias laksa dengan irisan daun seledri, tauge, irisan daun bawang, dan telur rebus jika diinginkan.

9.       Laksa original siap disajikan. Aduk sebelum menyantapnya dan nikmati panas-panas.

Pastikan untuk mencocokkan rasa kuah sesuai dengan preferensi pribadi. Anda juga dapat menyesuaikan jenis dan jumlah bahan tambahan sesuai selera, seperti irisan cabai merah, jeruk limo, atau daun ketumbar. Selamat mencoba dan menikmati Laksa Original!

Keunikan Laksa Original

Laksa original memiliki beberapa keunikan yang membuatnya menjadi hidangan yang khas dan spesial. Berikut adalah beberapa keunikan dari Laksa Original:

1. Kuah kaya rempah

Laksa original memiliki kuah yang kaya rempah dan bumbu-bumbu, memberikan cita rasa yang kompleks dan unik. Rempah-rempah yang umum digunakan dalam kuah laksa antara lain jahe, kunyit, lengkuas, serai, dan bawang putih. Bumbu-bumbu ini memberikan aroma harum dan rasa yang khas pada kuah laksa.

Baca Juga
Panduan Lengkap Bagi Pemula Bisnis Pusat Gadai Laptop

2. Penggunaan santan kelapa

Sebagian besar resep laksa original menggunakan santan kelapa untuk membuat kuahnya. Santan memberikan kelembutan dan kekayaan rasa pada kuah, serta memberikan tekstur yang kental dan lezat.

3. Variasi bumbu dan rempah di setiap daerah

Setiap daerah yang memiliki laksa original memiliki variasi bumbu dan rempah yang unik. Misalnya, laksa Penang di Malaysia memiliki kuah yang kental dengan tambahan belacan (udang kering yang diasap) yang memberikan rasa yang khas. Sementara itu, laksa Katong di Singapura memiliki kuah asam pedas yang segar.

4. Pilihan mie yang berbeda

Laksa original dapat menggunakan berbagai jenis mie, tergantung pada daerah asalnya. Beberapa varian laksa menggunakan mie kering, seperti mie kuning atau mie beras, sementara yang lain menggunakan mie basah atau mihoen.

4. Hidangan pelengkap

Laksa original biasanya disajikan dengan berbagai pelengkap yang menambahkan tekstur dan rasa pada hidangan. Beberapa pelengkap umum termasuk irisan tauge, daun bawang, daun seledri, telur rebus, dan kerupuk.

5. Kombinasi daging dan seafood

Laksa original sering menggabungkan daging seperti ayam atau daging sapi dengan seafood seperti udang, ikan, atau kerang. Kombinasi ini memberikan variasi rasa dan tekstur dalam hidangan.

Penutup

Laksa original mempunyai rasa yang asli tanpa campuran dengan bahan-bahan modern, sehingga mempunyai rasa yang khas dan unik dibandingkan versi terbaru. Selamat mencoba menikmati laksa original untuk merasakan kelezatannya yang khas!