Resep Sate Ayam Maranggi Ala Rumahan Yang Lezat

Resep Sate Ayam Maranggi Ala Rumahan Yang Enak Dan Mudah

Pada artikel ini kita akan membahas tentang resep sate ayam maranggi yang enak dan mudah. Sate maranggi memang identik menggunakan bahan dasar daging sapi. Namun demikian, kamu juga bisa mencoba membuatnya dengan menggunakan daging ayam. Selain lebih murah, daging ayam khususnya pada bagian paha lebih mudah untuk dibakar yang akan menghasilkan tekstur yang kenyal dan tidak alot.

Salah satu ciri khas dari sate ini adalah pada setiap tusuk satenya biasanya disajikan dengan sambal ulek kasar dari cabai rawit dan irisan tomat. Selain itu, pada bumbu perendamnya juga cukup kuat dengan sentilan rasa dari ketumbar yang meresap hingga ke bagian dalam olahan daging. Sate khas jawa barat ini memang sangat menggoda dan banyak penggemarnya.

Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan olahan makanan yang asli dari Sunda di Indonesia yang biasanya banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, khususnya daerah Purwakarta. Sate maranggi merupakan salah satu olahan makanan khas Sunda. Istilah maranggi sendiri jika diartikan dalam bahasa Sunda merupakan istilah petukangan, yakni “seorang yang ahli dalam pembuatan sarung keris”.

Yang menjadi pembeda Sate Maranggi dengan sate lainnya ada pada proses perendaman daging ke dalam bumbu (marinasi), sebelum diolah dengan sedemikian rupa menjadi sate dan dimasak. Karena pada saat proses pembumbuan inilah, maka biasanya Sate Maranggi disajikan dengan tanpa saus pendamping. Adapun bahan dalam pembuatan bumbu rendamnya sendiri terbuat meliputi perpaduan antara kecap manis dan beberapa jenis rempah lainnya, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dengan sedikit cuka untuk memberikan tambahan sedikit rasa masam pada olahan, bisa dengan menggunakan cuka lahang (cuka yang terbuat dari aren), maupun cuka jenis lainnya yang bisa ditemukan dipasaran.

Baca Juga : bumbu kecap daging kambing

Baca Juga
Resep Keripik Tempe Tanpa Tepung, Alternatif Camilan Sehat Bagi Tubuh

Selain biasa disajikan Bersama dengan nasi putih, Sate maranggi ini bisa juga dihidangkan dengan komponen pendamping seperti lontong, ketan bakar plus sambal oncom, atau bisa juga bersama nasi timbel. Sudah penasaran dengan resep dan cara memasak sate maranggi? Berikut kita tampilkan resep dan cara membuatnya sate maranggi daging ayam yang mudah untuk dicoba dirumah.

Resep Sate Ayam Maranggi Dan Sambal Oncom

Bahan-bahan:

  • Paha ayam fillet 400 gram, potong-potong
  • Air 50 ml
  • Minyak goreng 1 sendok teh
  • Tusuk sate 12 buah

Bumbu Halus:

  • Ketumbar bubuk 1 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula merah 75 gram, sisir halus

Bahan Sambal Oncom:

  • Oncom 100 gram, bakar, haluskan
  • Air 500 ml

Bumbu Halus:

  • Bawang merah 2 butir
  • Cabai rawit merah 2 buah
  • Cabai merah keriting 1 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 3/4 sendok teh
  • Kencur 2 cm
  • Jahe 1 cm

Cara Membuat Sate Ayam Maranggi Dan Sambal Oncom:

  1. Langkah pertama, campur daging ayam dengan bumbu halus, dan juga minyak goreng. Remas-remas sampai bumbu merata ke bagian daging. Tuang air secukupnya. Kemudian aduk sampai semua bumbu tercampur rata. Dan diamkan saja daging didalam bumbu rendaman kurang lebih selama satu jam dan dimasukkan dalam lemari es.
  2. Setelah dimarinasi selama satu jam, selanjutnya tusukkan daging ayam di tusuk sate yang sudah disiapkan.
  3. Kemudian bakar daging sate sambil diolesi sisa bumbu sampai semua bagian sate matang. Lalu angkat dan sajikan.
  4. Untuk proses pembuatan sambal oncom, rebus air secukupnya beserta dengan bumbu halus sampai mendidih. Tambahkan oncom sesuai selera. Masak sampai matang.
  5. Sajikan sate ayam maranggi Bersama dengan komponen pelengkapnya sambal oncom.

Mungkin itu saja yang bis akita usal dalam artikel resep sate ayam maranggi ini. mudah bukan resep yang kita bahas diatas. Bagaimana,kalian tertarik untuk mencobanya? Sekarang kalian tidak perlu repot-repot pergi jaug untuk mencari olahan khas jawa barat ini. karena kalian juga bisa mencobanya sendiri dirumah.

Baca Juga
Layanan Posting Iklan Profesional Google Ads