Sablon Kaos dengan Teknik All Over – Apa itu dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Sablon Kaos dengan Teknik All Over – Sablon kaos adalah salah satu cara untuk membuat desain unik dan menarik pada kain. Ada berbagai macam teknik sablon kaos yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah teknik all over. Teknik ini memungkinkan Anda untuk mencetak desain pada seluruh permukaan kaos, tanpa batasan ukuran atau bentuk. Teknik ini juga bisa memberikan efek visual yang menarik dan berbeda dari sablon biasa.

Apa itu Teknik All Over?Sablon Kaos dengan Teknik All Over

Teknik all over adalah teknik sablon kaos yang menggunakan mesin khusus yang bisa mencetak desain pada seluruh permukaan kaos, baik depan, belakang, samping, lengan, atau bagian lainnya. Mesin ini biasanya menggunakan tinta sublimasi yang bisa menyerap ke dalam serat kain dan menghasilkan warna yang tajam dan awet. Desain yang dicetak dengan teknik ini juga tidak akan pecah, luntur, atau mengelupas.

 

Bagaimana Cara Melakukan Sablon Kaos dengan Teknik All Over?Sablon Kaos dengan Teknik All Over

  • Kaos yang akan disablon. Pastikan kaos Anda berbahan poliester atau campuran poliester dan katun, karena bahan ini cocok untuk tinta sublimasi. Pilih juga kaos yang berwarna putih atau terang, agar desain Anda bisa terlihat jelas.
  • Desain yang akan dicetak. Buat desain Anda dengan ukuran yang sesuai dengan kaos Anda, dan pastikan resolusinya tinggi agar hasilnya bagus. Anda bisa menggunakan software desain grafis seperti Photoshop, CorelDraw, atau lainnya. Simpan desain Anda dalam format JPEG atau PNG.
  • Mesin sablon all over. Mesin ini biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu printer sublimasi dan heat press. Printer sublimasi adalah alat yang digunakan untuk mencetak desain Anda pada kertas transfer khusus. Heat press adalah alat yang digunakan untuk memindahkan desain dari kertas transfer ke kaos dengan menggunakan panas dan tekanan.
  • Kertas transfer sublimasi. Kertas ini adalah media yang digunakan untuk mentransfer desain dari printer ke kaos. Kertas ini harus sesuai dengan ukuran printer dan kaos Anda, dan memiliki sifat yang bisa melepas tinta saat dipanaskan.
  • Alas sablon. Alas sablon adalah benda yang digunakan untuk menempatkan kaos saat disablon. Alas sablon harus berbentuk datar dan rata, serta memiliki ukuran yang lebih besar dari kaos Anda. Anda bisa menggunakan kayu, kardus, atau bahan lainnya.
Baca Juga
Jersey Full Print dengan Kualitas Tinggi untuk Kamu

Setelah semua bahan siap, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan sablon kaos dengan teknik all over:

1. Nyalakan mesin printer sublimasi dan heat press, dan atur suhu dan waktu sesuai dengan petunjuk manual.

2. Buka file desain Anda di komputer, dan cetak pada kertas transfer sublimasi dengan menggunakan printer sublimasi. Pastikan desain Anda tercetak dengan benar dan tidak ada bagian yang terpotong atau terbalik.

3. Letakkan alas sablon di atas meja kerja, dan ratakan kaos Anda di atasnya. Pastikan tidak ada lipatan atau kerutan pada kaos.

4. Potong kertas transfer sublimasi sesuai dengan ukuran kaos Anda, dan letakkan di atas kaos dengan posisi desain menghadap ke bawah. Pastikan tidak ada bagian kertas yang melampaui kaos.

5. Bawa alas sablon bersama kaos dan kertas transfer ke mesin heat press, dan letakkan di antara dua plat besi yang panas. Tutup plat besi tersebut dengan hati-hati agar tidak terjadi gesekan atau pergeseran.

6. Tekan tombol start pada mesin heat press, dan tunggu hingga waktu yang ditentukan selesai. Biasanya, waktu yang dibutuhkan berkisar antara 30 detik hingga beberapa menit, tergantung pada jenis kain dan desain Anda.

7. Buka plat besi dengan hati-hati, dan angkat alas sablon bersama kaos dan kertas transfer dari mesin heat press. Hati-hati, karena benda-benda ini akan sangat panas.

8. Lepaskan kertas transfer dari kaos dengan cepat, dan lihat hasil sablon Anda. Anda bisa mengulangi langkah ini untuk mencetak desain pada bagian lain kaos, seperti lengan atau samping.

9. Setrika kaos Anda dengan suhu rendah untuk menghilangkan bekas lipatan atau kerutan, dan biarkan kaos Anda dingin sebelum digunakan atau disimpan.

Baca Juga
Cara Mengembangkan Jaringan Suplai pada Pusat Grosir Celana Jeans

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Kaos dengan Teknik All Over

Kelebihan

  • Anda bisa mencetak desain pada seluruh permukaan kaos, tanpa batasan ukuran atau bentuk.
  • Anda bisa menciptakan efek visual yang menarik dan berbeda dari sablon biasa, seperti gradasi warna, motif abstrak, atau gambar realistis.
  • Anda bisa mendapatkan hasil sablon yang tajam, awet, dan tidak mudah rusak.

Kekurangan

  • Anda membutuhkan mesin sablon all over yang cukup mahal dan memerlukan ruang kerja yang luas.
  • Anda harus menggunakan kaos berbahan poliester atau campuran poliester dan katun, serta berwarna putih atau terang, agar hasil sablon optimal.
  • Anda harus berhati-hati dalam menempatkan kaos dan kertas transfer pada mesin heat press, agar tidak terjadi kesalahan atau cacat pada hasil sablon.

 

Jasa Sablon Kaos Terpercaya dan Aman

Jika Anda mencari jasa sablon kaos yang berkualitas, aman, dan terpercaya, maka Anda tidak perlu ragu untuk memilih Tim Jasa Sablon Kaos dan Sablon Kaos Jogja. Tim Jasa Sablon Kaos dan Sablon Kaos Jogja adalah penyedia jasa sablon kaos yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Tim Jasa Sablon Kaos dan Sablon Kaos Jogja menggunakan bahan kaos dan tinta sablon yang berkualitas dan ramah kulit.

Tim Jasa Sablon Kaos dan Sablon Kaos Jogja juga menawarkan berbagai pilihan desain, metode, dan harga sablon kaos yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Tim Jasa Sablon Kaos dan Sablon Kaos Jogja siap melayani Anda dengan cepat, tepat, dan ramah. Hubungi Tim Jasa Sablon Kaos dan Sablon Kaos Jogja sekarang juga dan dapatkan sablon kaos impian Anda!

Kesimpulan

Sablon kaos dengan teknik all over adalah salah satu cara untuk membuat desain unik dan menarik pada kain. Teknik ini memungkinkan Anda untuk mencetak desain pada seluruh permukaan kaos, tanpa batasan ukuran atau bentuk. Teknik ini juga bisa memberikan efek visual yang menarik dan berbeda dari sablon biasa.

Baca Juga
Cara Mencuci Baju yang Bau

Untuk melakukan sablon kaos dengan teknik all over, Anda perlu mempersiapkan kaos yang berbahan poliester atau campuran poliester dan katun, serta berwarna putih atau terang; desain yang sesuai dengan ukuran dan resolusi kaos; mesin sablon all over yang terdiri dari printer sublimasi dan heat press; kertas transfer sublimasi; dan alas sablon. Anda juga perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dengan hati-hati. Dan itulah kesimpulan mengenai Sablon Kaos dengan Teknik All Over.