Sambal Tempe Penyet Kencur, Kombinasi Pedas yang Menyegarkan

Tempe penyet merupakan salah satu jenis olahan tempe yang mudah dibuat dan membutuhkan modal yang sangat murah meriah. Begitu pula dengan jenis masakan sambal tempe penyet kencur yang tak akan mengecewakan lidah.

Perpaduan rasa dari sambal tempe yang pedas gurih dan kencur yang memberikan sentuhan rasa menyegarkan tentu tidak akan bisa Anda tolak pesonanya. Dengan dibuatnya artikel ini, kami harapkan Anda dapat mengetahui bagaimana cara membuat sambal tempe penyet kencur yang nikmatnya tiada tara.

Namun, sebelum mengetahui resepnya, mari kita ulas secara tuntas manfaat kencur bagi kesehatan tubuh. Sehingga diharapkan resep ini tidak hanya dapat memuaskan lidah Anda, namun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Kencur Bagi kesehatan Tubuh Manusia

sambal tempe penyet kencur

Kencur tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan herbal konsumsi namun kencur juga dapat menjadi bahan esensial yang menjadi bahan campuran sabun, sampo, aromaterapi, bahkan kosmetik.

Kencur juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jamu yang dapat diminum secara langsung.

Bagaimanapun cara konsumsi atau penggunaannya, kencur tetap memiliki bermacam manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Berikut ini rinciannya.

1. Menurunkan tekanan darah

Sejak lama kencur telah dipercaya dan digunakan untuk mengobati gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya berbagai jurnal studi kesehatan yang menyatakan bahwa kencur mengandung senyawa berupa kalium, antioksidan, dan senyawa-senyawa lain yang memiliki sifat diuretik.

Kandungan senyawa yang ditemukan pada kencur ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap dalam tekanan yang stabil. Kencur juga dapat dikonsumsi untuk membantu memperlancar sirkulas darah dalam tubuh.

2. Mencegah Penyakit Akibat Infeksi bakteri

Kandungan minyak esensial yang berasal dari ekstrak kencur memiliki sifat antibakteri. Sifat ini dapat membasmi kuman yang berada di permukaan kulit, rongga mulut, bahkan saluran pernapasan.

Baca Juga
Basmi Tungau di Tempat Tidur dengan Lotion Anti Nyamuk

Kencur dipercaya bermanfaat untuk membunuh kuman mycobacterium tuberculosis yang dapat menyebabkan penyakit tuberculosis atau TBC. Namun, efektivitas kencur sebagai onat TBC masih dalam proses pengujian laboratorium.

3. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Dengan adanya zat ini, Anda dapat menggunakan kencur untuk mengurangi rasa nyeri saat terjadi peradangan. Manfaat kencur yang satu ini telah dipercaya sejak zaman dahulu sehingga telah menjadi obat turun temurun yang umum digunakan sebagai pereda sakit kepala, sakit gigi, hingga radang sendi.

4. Mengurangi Gejala Stress

Kencur juga dikenal sebagai penenang pikiran dan meredakan kecemasan penyebab stress. Efek penenang ini dapat diperoleh dengan menghirup aromaterapi dengan bahan kencur.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam senyawa flavonoid dapat ditemukan dalam kencur. Kandungan ini dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas seperti asap rokok dan polusi yang terpapar ke dalam .

Tubuh.

6. Mencegah kanker

Kanker adalah suatu bentuk penyakit yang disebabkan oleh sel yang tumbuh tak terkendali secara abnormal dikarenakan adanya mutasi gen. Jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat, kanker dapat menyebar ke jaringan tubuh lainnya dan semakin sulit untuk ditangani.

Kencur mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga mengonsumsi kencur dapat mencegah kanker.

7. Memperkuat Sistem Daya Tahan Tubuh

Kencur mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak sehinnga dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Baca juga : Mesin Perajang Keripik Tempe

Resep Sambal Tempe Penyet Kencur

Setelah mengetahui manfaat kencur, kita akan membahas cara membuat sambal tempe penyet kencur yang nikmat. Berikut resepnya!

Bahan – bahan :

  • 1 papan tempe yang telah dipotong-potong
  • 1 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
Baca Juga
Tips Mencari Distributor Pipa HDPE yang Terpercaya dan Bagus

Bahan sambal penyet :

  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 ruas kencur yang telah dikupas bersih
  • Garam secukupnya
  • Minyak panas

Cara membuat :

  1. Haluskan bumbu marinasi tempe berupa bawang putih dan garam
  2. Rendam tempe ke dalam bumbu kemudian diamkan selama beberapa menit.
  3. Goreng hingga matang kecokelatan.
  4. Angkat kemudian sisihkan.
  5. Haluskan bahan untuk membuat bumbu sambal penyet kencur hingga hancur.
  6. Panaskan sedikit minyak sisa gorengan tempe kemudian siramkan ke sambal kencur.
  7. Masukkan tempe kemudian penyet tempe pada sambal kencur hingga hancur.

Penutup

Tempe merupakan jenis olahan yang dapat kita kreasikan menjadi berbagai macam olahan. Salah satunya adalah sambal tempe penyet kencur yang nikmat. Demikian artikel ini kami sampaikan. Selamat mencoba!