Tanda-tanda Penyakit Jantung

Tanda-tanda penyakit jantung penting untuk kita ketahui agar kita lebih hati-hati dengan masalah kesehatan yang satu ini. Hal ini sangat penting karena fungsi jantung yang memompa darah ke seluruh organ membuatnya harus lebih mendapatkan perhatian serius.

Oleh karena pentingnya ini membuat kita harus memperhatikan kesehatan dari jantung kita, berikut ini beberapa tanda-tanda penyakit jantung yang harus diwaspadai :

  1. Timbulnya rasa nyeri pada dada sebelah kiri.
  2. Sering mengeluh sesak napas.
  3. Lelah yang berlebihan.
  4. Jantung berdebar-debar.

Berikut urain lebih lanjut mengenai gejala awal penyakit jantung ini seperti yang telah disebutkan diatas.

Tanda-tanda Penyakit Jantung

1.Timbulnya Rasa Nyeri Pada Dada Sebelah Kiri

Para penderita penyakit jantung pada awalnya akan mengalami gejala timbulnya rasa nyeri pada dada sebelah kiri atau timbulnya rasa diremas-remas pada dada. hal ini disebabkan karena otot jantung tidak mendapatkan asupan darah yang cukup, sehingga kadar oksigen yang kurang mengakibatkan aktivitas metabolisme yang berlebihan. Inilah yang di dalam istilah kedokteran disebut iskemi.

tanda tanda penyakit jantung

Sayangnya, rasa nyeri pada dada sebelah kiri  ini sering diabaikan karena dianggap hanya masuk angin biasa dan akan hilang dengan sendirinya jika meminum obat masuk angin yang mengandung pereda nyeri. Inilah salah satu penyebab mengapa penyakit jantung baru benar-benar disadari ketika sudah dalam kondisi parah atau sudah mengalami serangan jantung.

2.Sesak Napas

Sesak napas juga sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Tetapi, orang yang terlalu  lelah pun kadang kala juga merasakan sesak napas, sehingga sama seperti rasa nyeri di atas. Sesak napas ini pun sering diabaikan dan dianggap sepele. Padahal, sesak napas yang sering terjadi ini bisa merupakan indikasi atau gejala awal adanya gagal jantung yang dapat berakibat fatal.

Biasanya, sesak napas ini diakibatkan karena masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru. Pada keadaan awal terjadinya gagal jantung, penderita panyakit jantung hanya merasakan sesak napas ini ketika terlalu lelah  akibat menjalankan aktivitas fisik yang berlebihan. Namun karena dibiarkan tanpa penanganan lebih lanjut, sesak napas menjadi sering terjadi, bahkan ketika penderita beristrirahat atau tidak melakukan aktivitas apapun. baca juga foredi makassar

3.Lelah Yang Berlebihan

Rasa lelah yang berlebihan juga sering dialami oleh penderita penyakit jantung pada awal2x terserang penyakit ini. Jantung yang tidak berfungsi dengan baik akan kesulitan dalam melakukan pemompaan darah, sehingga aliran darah ke otot-otot tubuh menjadi kurang. Inilah yang menyebabkan timbulnya kelelahan tersebut.

Gejala kelelahan ini memang gejala yang ringan dan secara logika jika kita beraktivitas terlalu padat dan berat maka memang akan mengalami kelelahan fisik. Hal inilah akhirnya yang menyebabkan gejala awal penyakit jantung yang satu ini tidak dianggap sebagai salah satu gejala awal adanya penyakit jantung. Banyak orang menganggap bahwa kelelahan itu alami dan bukan pertanda penyakit apapun. Anggapan ini yang akhirnya membawa penyakit jantung pada suatu kondisi dimana ketika ditemukan, penderita penyakit jantung sudah dalam keadaan yang cukup parah dan perlu penanganan secara khusus.

4.Jantung Berdebar-Debar

Kebanyakan orang biasanya tidak pernah benar-benar memerhatikan atau merasakan detak jantungnya. Jelas bagi kita bahwa jantung bekerja dengan caranya sendiri tanpa mampu kita sadari. Tetapi, ketika kita sedang berolahraga atau beraktivitas berat atau bisa juga dalam keadaan yang membuat kita terkejut, kita bisa merasakan dada kita berdebar-debar dari intensitas debaran yang ringan hingga debaran yang bersifat kuat dan cepat serta tidak teratur. artikel terkait lainnya minyak kutus kutus makassar

Jantung yang berdebar-debar atau palpitasi ini, jika disertai dengan gejala nyeri, sesak napas, kelelahan yang berlebihan, bahkan saring pusing dan pingsan maka harus segera diwaspadai karena kemungkinan besar kita sudah terserang penyakit jantung yang serius dan perlu penanganan yang lebih lanjut.

5.Pusing Dan Pingsan

Rasa pusing dan kejadian sering pingsan juga sering dialami oleh para penderita jantung di awal-awal mereka terserang penyakit jantung. Rasa pusing dan pingsan tersebut terjadi akibat dari penurunan intensitas aliran darah karena kemampuan memompa jantung yang buruk.

Namun, biasanya pusing dan pingsan ini dianggap sebagai suatu kondisi dimana tekanan darah turun. Sehingga kebanyakan dari kita tidak pernah terpikir bahwa pusing dan pingsan akibat kerja jantung yang tidak normal. Akibatnya, gejala awal penyakit jantung yang satu ini pun tidak pernah mendapat perhatian serius.

Demikian informasi seputar tanda-tanda penyakit jantung yang harus diwaspadai, semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kita semua, pada artikel selanjutnya kami akan membahas seputar tindakan pertama apakah yang harus dilakukan jika hal ini terjadi, tunggu diartikel berikutnya ya..